Lakukan 7 Jenis Istirahat Berikut Agar Hidup Lebih Sehat
Ilustrasi│Sid Leigh/Unsplash

Setiap minggunya, kita selalu disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menguras tenaga. Mulai dari sekolah, kuliah, atau bekerja. Berbagai kegiatan itu tentu menguras tenaga dan pikiran kita, dan kita tentu juga perlu istirahat untuk memulihkan tenaga kita.

Umumnya, sebagian orang menganggap tidur saja sudah cukup. Namun, tidur dan istirahat tidaklah sama, tidur hanyalah salah satu jenis istirahat yang diperlukan setiap orang, dan masih ada beberapa jenis istirahat lain yang penting juga untuk seseorang.

Tahukah Goodmates terdapat tujuh jenis istirahat yang dibutuhkan seseorang? Semuanya bisa kamu simak di bawah ini.

Istirahat fisik

Istirahat fisik adalah yang paling umum diketahui. Mengistirahatkan tubuh agar energi kita dapat kembali. Istirahat fisik juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu istirahat fisik pasif dan aktif.

Istirahat fisik pasif contohnya tidur dengan cukup, sedangkan istirahat fisik aktif adalah kegiatan seperti yoga dan rebahan atau bersantai.

Istirahat mental

Setiap orang pasti memiliki beban pikiran masing-masing. Maka dari itu istirahat mental juga penting bagi setiap orang. Pergi ke alam bebas menikmati pemandangan, piknik saat weekend, hingga mendengarkan musik yang menenangkan adalah contoh istirahat mental yang bisa kamu lakukan.

Istirahat sensorik

Bekerja dengan layar gawai setiap hari tidak baik untuk kelima pancaindra kita. Kita harus memberikan sedikit waktu untuk pancaindra kita beristirahat. Istirahat sensorik cukup mudah. Kamu bisa mulai dengan mengurangi aktivitas menggunakan gawai. 

Istirahat kreatif

Ilustrasi│Jan Padilla/Unsplash

Bagi kamu yang bekerja dituntut untuk terus kreatif dan menghasilkan hal baru setiap harinya, kamu pasti sering mengalami kebuntuan dan tidak tahu harus apa. Jika kamu mengalami hal ini, kamu memerlukan istirahat kreatif. Kamu bisa dengan menjelajah alam dan lingkungan sekitarmu untuk mencari ide atau inspirasi baru.

Istirahat emosional

Jujur dengan perasaan diri sendiri, meskipun terlihat kecil tapi bagus untuk kondisi emosional seseorang. Selain itu, curhat kepada seseorang yang dipercaya juga adalah istirahat emosional yang patut untuk dicoba.

Istirahat sosial

Bergaul dengan teman yang toxic atau bahkan bersosialisasi dengan banyak orang bisa sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, kamu perlu sesekali istirahat sosial seperti menjauhi keramaian sejenak atau menghabiskan waktu dengan seseorang yang membawa energi positif.

Istirahat spiritual

Ada berbagai macam istirahat spiritual, beberapa di antaranya berdoa, membaca kitab suci, bermeditasi, hingga mensyukuri apa yang kini kamu miliki. Selain itu, kegiatan relawan dan berdonasi juga salah satu bentuk istirahat spiritual.

Itu dia tujuh jenis istirahat yang diperlukan setiap orang. Dengan menjalani ketujuh jenis istirahat tersebut, bukan tidak mungkin kehidupanmu akan terasa menjadi lebih ringan.

Referensi: IDEAS.TED.COMVoiIDN Times