Langkah Mudah Menjaga Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat
Ilustrasi gigi dan mulut sehat | Foto: Shiny Diamond/Pexels

Kesehatan gigi dan mulut merupakan awal dari kesehatan seluruh tubuh. Di dalam mulut, terdapat bakteri-bakteri yang bisa memengaruhi organ tubuh lain di dalam tubuh sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Perawatan gigi dan mulut yang benar dapat membantu mengurangi potensi bahaya dari bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Selain itu, kamu bisa tampil percaya diri dengan gigi putih yang sehat dan nafas segar yang bebas dari bau mulut.

Untuk tetap menjaga gigi dan mulut tetap sehat, kamu perlu melakukan beberapa hal. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Sikat dan Pasta Gigi yang Tepat

Sikat gigi dan pasta gigi yang tepat | Foto: Pexels/Karolina

Langkah awal yang harus kamu lakukan ialah dengan memilih sikat gigi yang tepat. Pilihlah sikat yang gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman saat kamu gunakan. Pastikan pula bulu pada sikat gigi memiliki ujung yang kecil membulat. Setelah 3 sampai 4 bulan pemakaian, sikat gigi wajib kamu ganti.

Selain itu, pemilihan pasta gigi yang tepat juga tak kalah penting. Pilihlah pasta gigi yang mengandung Fluoride. Bahan kimia ini mampu melindungi gigi dari kerusakan dan membasmi bakteri.

Baca juga: Masih Memiliki Gigi Susu Saat Dewasa? Ini Penyebab dan Dampaknya

2. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sikat gigi sebelum tidur | Foto: Rodnae

American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari, sebelum tidur malam dan setelah bangun pagi. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar dua menit untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Sikat gigi dengan lembut dan gerakan melingkar secara bolak balik untuk menghilangkan plak.

Plak yang tidak kamu bersihkan dapat mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan penyakit gusi dini. Tak lupa, sikat juga bagian luar, dalam, dan permukaan gigi yang sering kamu gunakan untuk mengunyah.

Selain itu, hindari menyikat gigi terlalu keras karena hal ini akan menyebabkan gusi menjadi robek dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Aibatnya, gigi akan menjadi lebih sensitif. 

3. Bersihkan Bagian Lidah

Bersihkan lidah | Foto: Koleg

Lidah merupakan salah satu bagian mulut yang sering terabaikan saat merawat kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, plak juga bisa menumpuk di lidah dan dapat menyebabkan bau tidak sedap serta masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu juga membersihkan bagian lidah secara perlahan setiap kali menyikat gigi.

Baca juga: Crab Mentality, Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Gunakan Benang Gigi

Menggunakan benang gigi | Foto: Sora/Pexels

Selain sikat gigi, kamu juga perlu membersihkan gigi menggunakan benang gigi (flossing). Cara ini bisa kamu lakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi minimal satu hari sekali.

Cara menggunakan benang gigi ialah dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan, lalu satu ujung benang lagi di jari telunjuk tangan kiri. Kepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Selanjutnya, biarkan benang tetap tegang dan bersihkan gigi satu per satu secara perlahan.

5. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur untuk bersihkan mulut | Foto: Owfiya/Pexels

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memerlukan tindakan yang ekstra. Kamu juga perlu menggunakan obat kumur atau mouthwash. Obat kumur membantu menjadikan gigi dan mulut lebih bersih, serta mengurangi bau mulut.

Pilihlah obat kumur antiseptic yang lengkap dengan kandungan, seperti thymol, methyl salicylate menthol, dan eucalyptol. Keempat bahan aktif ini dapat mengurangi kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok | Foto: Pexels/Cotton

Merokok memang banyak menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh, termasuk pada mulut dan gigi. Kandungan nikotin dan tar yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Baca juga: Cara Menyimpan Parfum Agar Tetap Awet

Selain itu, kebiasaan merokok juga menimbulkan gangguan seperti bau mulut dan penumpukan plak dan karang gigi. Dengan merokok, risiko terjadinya radang gusi dan kanker mulut akan lebih mudah terjadi.

7. Rutin Periksa Gigi

Periksakan kesehatan gigi | Foto: Karolina/Pexels

Melakukan enam cara di atas saja tidak cukup. Goodmates juga perlu untuk periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Tujuannya ialah untuk mendeteksi lebih awal jika terdapat masalah pada gigi dan mulut kamu.

Jika Goodmates mengalami keluhan, seperti gusi berdarah, sakit saat mengunyah, dan lainnya, segera konsultasikan kepada dokter agar segera ada pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Referensi: Alodokter | Listerine | Hellosehat | Halodoc | Sehatq