Bisa Bayar Online, Ini 5 Lembaga Amil Zakat di Indonesia Selain BAZNAZ
Lembaga Amil zakat selain BAZNAZ | Foto: @lmizakat/Instagram

Menurut Peraturan Menteri Agama No. 52 tahun 2014, zakat adalah harta yang wajib seorang muslim atau badan usaha milik orang Islam keluarkan untuk tersalurkan kepada penerima yang berhak sesuai dengan syariat Islam. Adapun jenis zakat, salah satunya zakat fitrah yang harus setiap muslim bayar saat bulan Ramadan.

Prosesi pembayaran zakat membutuhkan pengurus atau amil zakat. Sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam yang banyak, Indonesia memiliki lembaga pengurus zakat milik pemerintah yang bernama BAZNAZ (Badan Amil Zakat Nasional).

Namun, kini mulai banyak lembaga zakat lain yang muncul untuk mengakomodir umat muslim dalam menyalurkan zakat baik secara langsung maupun online.

Selain mengurusi zakat, lembaga-lembaga ini biasanya juga memiliki agenda lain seperti infak, webinar keagamaan, hingga bantuan dana usaha. Yuk, kita lihat ada lembaga apa saja!

1. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses

Bantuan dari LAZ Zakat Sukses | Foto: @zakatsukses/Instagram

Tak hanya soal zakat, LAZ Zakat Sukses juga fokus di enam bidang program kerja, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, sosial kemanusiaan, dakwah, dan kurban.

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang zakat, LAZ Zakat Sukses memberi kesempatan kepada siapapun untuk turut mengampanyekan media-media edukatif soal zakat melalui program Sahabat Zakat.

Goodmates juga bisa melakukan konsultasi zakat untuk menentukan besarnya nishab (batasan minimal harta yang wajib Goodmates bayar sebagai zakat). Lembaga yang berdiri sejak 2011 ini juga sudah mengantongi izin operasional dari pemerintah.

Baca juga: Deretan Teknologi yang Seharusnya Tidak Pernah Tercipta

2. Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)

Penyaluran paket Ramadan dari IZI | Foto: @inisiatifzakat/Instagram

Selanjutnya ada IZI yang memiliki sebuah website bernama Zakatpedia. IZI merupakan situs bayar zakat dan penggalangan dana online lainnya dengan mudah dan praktis. Pada bulan Ramadan ini, IZI menggarap program bernama Booking Berkah Ramadhan.

Melalui program ini, IZI membuka donasi yang nantinya akan tersalurkan dalam bentuk sembako, Al-Qur’an, hingga makanan untuk berbuka puasa.

Adapun target penerimanya adalah masyarakat muslim di Kamboja, Timor Leste, dan beberapa wilayah Indonesia, seperti Tojo Una Una (Sulawesi Tengah) dan Desa Mekarsari (Sumatra Selatan).

3. Lembaga Manajemen Infak (LMI)

Kegiatan LMI | Foto: @lmizakat/Instagram

Selain zakat, LMI juga menjadi penyalur dana infak dan wakaf. Lembaga ini banyak melakukan donasi sosial bagi warga yang kesusahan, seperti membelikan rombong baru bagi pedagang keliling. Goodmates juga bisa melakukan sedekah harian melalui website Infakin.

Lebih lanjut, LMI turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan penanaman pohon bersama komunitas atau instansi lain.

Misalnya, penanaman pohon di Lawu Green Forest bersama komunitas pendakian hingga penanaman 20 ribu pohon di Sampang bersama pemerintah kabupaten dan BPBD.

Baca juga: Tips Khatamkan Al-Qur'an Saat Bulan Ramadan

4, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nurul Hayat

Salah satu relawan Nurul Hayat bersama penerima donasi | Foto: @nurulhayatku/Instagram

Selanjutnya ada LAZ Nurul Hayat, memberikan fasilitas bagi Goodmates yang ingin membayar zakat secara online. Mereka juga mengirim donasi yang nantinya akan tersalur dalam bentuk paket sembako hingga bantuan sosial lainna. 

Lembaga ini juga memiliki program untuk memperbaiki hunian tak layak huni bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan korban bencana, seperti korban erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Jurusan Sastra Asing yang Tak Banyak Tersedia di Perguruan Tinggi Indonesia

5. Global Zakat

Program Global Zakat untuk penyintas Semeru | Foto: @globalzakat/Instagram

Terakhir ada Global Zakat, “anak” dari lembaga Act for Humanity yang terkenal karena sering membuka donasi bantuan bagi korban perang di Palestina dan Suriah. Goodmates yang ingin menyalurkan zakat online lewat Global Zakat bisa langsung mengunjungi websitenya.

Ada berbagai metode pembayaran yang bisa Goodmates gunakan. Pada bulan Ramadan ini, Global Zakat juga membuka donasi untuk menyalurkan bantuan pangan bagi masyarakat rawan pangan di Indonesia seperti anak yatim terlantar hingga guru honorer prasejahtera.

Itulah 5 lembaga zakat di Indonesia selain lembaga resmi milik pemerintah (BAZNAZ). Semoga dengan adanya lembaga tersebut, dapat memudahkan Goodmates dalam membayar zakat dan donasi lain secara online.