Mengenal Lerak, Bahan Alami Pengganti Deterjen
Lerak pengganti deterjen | Foto: Zerowaste

Pernahkah kamu mendengar lerak? Di Indonesia, banyak masyarakat yang belum mengenal buah satu ini beserta kegunaannya. Lerak adalah salah satu bahan alami yang cocok sebagai pengganti deterjen untuk keperluan mencuci.

Buah satu ini bermanfaat sebagai bahan pencuci tradisional. Orang-orang biasanya menggunakan lerak sebagai bahan untuk mencuci batik. Hal Ini karena lerak bagus untuk tetap menjaga kualitas dari batik itu sendiri.

Sayangnya, orang-orang tidak tahu bahwa lerak juga bisa mereka manfaatkan untuk keperluan lain. Selain untuk mencuci batik, lerak juga bisa untuk mencuci pakaian, sabun pel, hingga shampoo.

Lalu, apa itu lerak? Bagaimana manfaat dan cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Mengenal Buah Lerak

Gambar buah Lerak | Foto: Tempo

Lerak memiliki nama lain soapberries atau soapnuts. Buah yang memiliki bentuk menyerupai kacang walnut dengan tinggi mencapai 10 meter ini tumbuh subur di Indonesia karena tanah dan iklim yang mendukung.

Baca juga: Anti Goreng! Ini Dia Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan

Biji dari buah lerak mengandung saponin, kandungan yang akan menghasilkan busa dan bagus untuk kebutuhan mencuci. Selain mencuci, lerak juga bisa untuk pembersih lantai, ruangan, pembersih rambut, wajah, hingga membersihkan binatang peliharaan.

Biasanya, orang-orang menjual lerak yang sudah mereka ramu dan berwujud cair dalam kemasan botol. Akan tetapi, lerak yang masih berbentuk buah juga bisa untuk manfaat serupa.

Manfaat Lerak

Gambar buah Lerak | Foto: Zerowaste

Buah lerak bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mencari sabun alami. Pasalnya, sabun lerak kaya akan manfaat dan bagus bagi kesehatan. Tak hanya itu, dengan menggunakan lerak, kamu sudah meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan.

Bukan tanpa sebab, buah lerak mudah terurai sehingga tidak akan menganggu ekosistem lingkungan. Tentu berbeda dengan deterjen yang memerlukan waktu lebih lama agar busanya teruari. Hal terpenting, lerak tidak mengandung pewangi tambahan atau zat kimia lain.

Berbeda dengan sabun atau deterjen lain, lerak memiliki wangi alami sehingga aman buat kamu yang sensitif dan alergi pada zat sabun tertentu. Selain itu, buah lerak tidak mengandung senyawa kimia dari pestisida.

Baca juga: Hati-Hati! Ada Bahaya di Balik Penggunaan Sedotan Besi

Hal ini karena kandungan saponin dalam buah lerak akan mengusir serangga atau hama secara alami. Jadi, tidak memerlukan bahan pestisida untuk mengusir hama tumbuhan.

Alasan Harus Beralih ke Lerak

Gambar buah Lerak | Foto: Grid

Seperti penjelasan sebelumnya, sabun konvensional banyak mengandung senyawa kimia dan pewangi tambahan atau parfume artificial. Senyawa tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh jika terlalu sering menggunakannya.

Terutama jika zat tersebut kamu hirup atau masuk ke dalam tubuh melalui kulit, hal itu dapat menyebabkan terjadinya iritasi hingga hormon disruption. Kandungan senyawa pada sabun konvensional juga tidak baik bagi lingkungan.

Dengan begitu, tanah, hewan, dan tumbuhan tidak bisa memproses senyawa tersebut dengan baik. Beberapa deterjen juga mengandung plastik atau microbeads. Intinya, segala hal yang tidak alami berpotensi merusak lingkungan.

Lerak menjadi salah satu jawaban dari beragam permasalahan lingkungan. Buah ini hadir sebagai bahan alami yang bisa menggantikan sabun hingga deterjen. Selain ramah bagi kesehatan tubuh, sabun lerak juga bisa menjaga keselamatan lingkungan.

Baca juga: Peran Penting Cacing Tanah Bagi Keberlangsungan Ekosistem

Cara Menggunakan Lerak

Gambar buah Lerak | Foto: The Asian Parent

Jika kamu ingin menggunakan lerak untuk mencuci pakaian, kamu harus menyiapkan wadahnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sebuah tas kecil berbahan katun atau bisa juga menggunakan kaos kaki.

Kemudian, masukkan lerak pada wadah tersebut dan rendam terlebih dahulu dengan air panas. Air panas akan membantu melepaskan zat saponin yang nantinya akan menjadi busa.

Jika sudah, kamu bisa memasukkan buah lerak ke dalam pakaian kotormu, baik untuk mencuci dengan tangan ataupun dengan mesin cuci. Apabila kamu menggunakan lerak untuk sabun, kamu perlu merebus buah lerak selama 10 menit.

Proses merebus ini bertujuan agar buah menjadi lunak dan lepas dari bijinya. Gunakan satu lusin buah lerak untuk sekitar setengah liter (500 ml) air. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon atau lainnya setelah air mendingin.

Cairan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mencuci piring dan mencuci tangan. Sabun lerak juga tahan lama sehingga tidak akan menjadi masalah jika kamu ingin membuatnya dalam kapasitas yang banyak.

Menggunakan buah lerak sebagai bahan alami pengganti sabun atau deterjen adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Seperti penjelasan sebelumnya, buah lerak jauh lebih ramah lingkungan daripada bahan konvensional non alami lainnya.

Referensi: Zerowaste | Laundry Drop