Lulusan Apa yang Dibutuhkan untuk Kerja di Google?
Google © Unsplash/Pawel Czerwinski

Siapa yang tidak tahu Google? Perusahaan ini adalah perusahaan yang menemani keseharian manusia yang berselancar di internet. Segala pengetahuan dapat ditemukan di sini.

Bagi kamu yang aktif menggunakan teknologi, yang tidak bisa terlepas dari penggunaan smartphone, laptop, ataupun komputer. Maka, kamu pasti tahu seluk-beluk Google. Perusahaan yang masuk sebagai salah satu perusahaan terkuat di dunia ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pencari kerja.

Lowongan pekerjaan di tempat ini terbilang cukup diminati oleh seluruh orang di dunia. Hal itu berdasarkan sebuah temuan dari situs data karir. Situs tersebut telah mensurvei 23.000 karyawan antara usia 18 hingga 35 tahun yang berada di tempat kerja atau lowongan kerja di perusahaan impian mereka.

Daftar perusahaan yang banyak dicari, seperti perusahaan teknologi tinggi Google, Amazon, Microsoft, Uber, dan Facebook. Dilansir dari The Job Network, Google membuka kesempatan untuk pencari kerja dengan jumlah kurang lebih dua juta lowongan pekerjaan setiap tahunnya.

Meskipun Google merupakan salah satu perusahaan yang enggan memberikan nominal pasti terhadap gaji karyawannya pada pihak eksternal, diketahui seluruh karyawan Google digaji dengan layak dan lebih dari cukup. Gaji yang tinggi seakan tidak cukup, karena diterima di perusahaan ini pun cukup mudah.

Hal lain yang menjadi daya tarik Google adalah mereka menyadari bahwa kenyamanan karyawan adalah prioritas. Mereka memberikan banyak kompensasi hari libur bagi karyawan di situasi tertentu, layanan kesehatan, investasi, dan masih banyak lagi.

Makanan berat dan ringan gratis melimpah di kantor milik Google. Begitu juga dengan kesempatanmu untuk belajar dan mengasah kemampuanmu melalui kelas-kelas gratis dari perusahaan.

Dengan fasilitas tersebut, tidak heran apabila banyak orang yang mengincar untuk bekerja di sini. Namun, apakah kamu tahu lulusan jurusan apa saja yang dapat diterima untuk bekerja di Google? Catat daftarnya sekarang untuk kamu yang bingung memilih jurusan di kampus.

Ilmu Komputer

Dengan jurusan ini, kamu akan mempelajari teknologi Teradata, Netezza, Vertica, Oracle SQL-Server, dan “Big Data”. Kamu bisa memperbanyak pengalaman dalam penjualan teknis atau konsultasi profesional di bidang komputasi untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Customer Solutions Consultant di Google.

Pengembangan data warehousing, data lake, batch, atau real-time event processing dan solusi alur kerja ETL (Informatica, Talend, Alooma, SAP, Data Services) juga dapat menjadi kualifikasi yang sesuai untuk kamu diterima di sini.

Kamu juga dapat melamar menjadi Infrastructure Architect dengan pengalaman dalam merancang dan memelihara aplikasi kelas produksi yang menghadapi internet dalam lingkungan virtual atau lingkungan yang terdistribusi.

Peluangmu untuk diterima semakin besar apabila kamu memiliki pengalaman dengan teknologi yang bisa diskalakan, misalnya Load Balancers dan Firewall. Dengan jurusan ilmu komputer, banyak posisi lainnya yang dapat kamu ikuti.

Sastra Inggris

Orang-orang dengan gelar sarjana Bahasa atau Sastra Inggris dapat melamar di posisi People Consultant Associate, lo. Bekerja untuk manajemen, konsultasi bisnis, atau sebagai HR Business Partner, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Ilmu Komunikasi

Ilustrasi Bekerja di Google © Unsplash/Benjamin Dada
Ilustrasi Bekerja di Google © Unsplash/Benjamin Dada

Jurusan ilmu komunikasi biasanya terdiri dari berbagai macam peminatan, seperti marketing, manajemen komunikasi, hubungan masyarakat, dan masih banyak lagi. Dengan jurusan tersebut, kamu dapat melamar di posisi Account Strategist sampai Country Head, Google Customer Solutions Sales. Untuk Country Head, memiliki pengalaman dalam teknologi, periklanan, manajemen, dan konsultasi adalah orang yang memenuhi kualifikasi posisi ini.

Kamu juga harus terus mengasah public speaking milikmu, karena kamu bisa mendapatkan tugas sebagai juru bicara utama Google di Asia Tenggara dan untuk mengkomunikasikan strategi komersial yang disesuaikan dengan pasar sambil menerapkan visi perusahaan Google.

Dengan posisi ini kamu harus berpengalaman dan memahami bidang penjualan, media, periklanan, e-commerce atau industri digital, pemasaran dengan pemahaman tentang penjualan, media, periklanan, e-commerce, atau pencarian.

Bisnis dan Manajemen

Dengan jurusan bisnis dan manajemen, kamu dapat melihat posisi Partner Development Manager di Google. Kamu juga harus memiliki pengalaman manajemen mitra, penjualan teknologi, pengalaman industri dalam bisnis SaaS, telekomunikasi, sampai infrastruktur TI. Dengan posisi ini, kamu akan berurusan dengan mitra strategis, menganalisis, dan menyusun negosiasi yang kompleks.

Perusahaan ini membuka lowongan bagi lulusan minimal sarjana (S1) dari berbagai jurusan. Selain itu, Google juga mencari orang-orang untuk penempatan di Indonesia khususnya di Jakarta. Kamu dapat mengunjungi situs resminya lalu memasukkan posisi jabatan serta posisi penempatan yang kamu inginkan.

Bagaimana, semakin tertarik untuk bekerja di Google? Lulusan di atas adalah sebagian besar. Namun, sebagian besar lulusan apapun dapat bekerja di Google. Tergantung bagaimana kamu memenuhi kriteria yang Google butuhkan.

Referensi: Kompas | CNBC | The Job Network