Macam Teknologi Canggih pada Permainan Sepak Bola
Ilustrasi│Daniel Norin/Unsplash

Sepak bola adalah olahraga paling digemari di seluruh dunia. Kepopuleran sepakbola membuat kita tidak asing dengan nama seperti Messi dan Ronaldo yang merupakan salah dua pemain sepakbola yang sangat fenomenal.

Salah satu alasan kenapa sepakbola banyak digemari, adalah peraturan pada sepakbola yang cukup sederhana. Meski sederhana, pada permainan sepakbola wasit juga sering mengeluarkan keputusan yang salah, loh!

Karena banyaknya pemain, permainan yang cepat, dan suasana stadion yang sangat riuh, bisa membuat seorang wasit membuat keputusan yang salah. Oleh karena itu, pada sepakbola modern saat ini sudah mulai diterapkan teknologi-teknologi canggih untuk meminimalisir kesalahan. Apa saja kira-kira teknologi canggih yang ada di permainan sepakbola?

Goal Line Technology 

Salah satu situasi yang banyak menghasilkan keputusan kontroversial adalah pada saat bola sudah melewati garis gawang atau belum. Dalam peraturan sepak bola, sebuah gol dinyatakan sah apabila bola telah melewati keseluruhan garis gawang.

Namun, sebagai manusia biasa, wasit tentu kesulitan menentukan sebuah bola sudah melewati garis atau belum, terlebih lagi sudut pandang wasit cukup terbatas. Banyak sekali kasus seperti ini, saat bola sudah melewati garis tapi tidak disahkan oleh wasit.

Maka dari itu, untuk menghindari keputusan yang salah, teknologi Goal LIne Technology mulai diterapkan pada sepak bola. Teknologi ini menempatkan sensor di area gawang, yang mana sensor tersebut dapat mendeteksi dengan akurat apakah bola sudah melewati garis atau belum.

Jika bola sudah melewati garis, maka jam tangan yang dipakai oleh wasit akan menerima sinyal bahwa bola telah melewati garis dan terjadi gol. Jika bola belum sepenuhnya melewati garis, jam tangan wasit juga akan memberikan sinyal bahwa tidak terjadi gol. Teknologi ini sudah mulai diterapkan di sepakbola Eropa dari tahun 2012 dan sudah membantu wasit dalam memberikan keputusan yang tepat.

VAR

Ilustrasi VAR│@po.golu/Instagram

VAR atau video assistant referee, seperti namanya adalah video asisten wasit. VAR memungkinkan wasit utama untuk melihat kembali pada tayangan ulang pada VAR. Tidak hanya itu, VAR menempatkan banyak kamera berkualitas tinggi di seluruh stadion untuk menampilkan gambar dalam kualitas tinggi.

Terkadang, sudut pandang yang sempit membuat wasit kesulitan dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, adanya VAR sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan memberikan sudut pandang yang luas.

Di ruangan VAR juga ada tim wasit VAR tersendiri yang terus memonitor berjalannya pertandingan. Selain itu, bertuga juga memberi rekomendasi pada wasit utama jika terdapat keputusan krusial. Hadirnya VAR sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan krusial seperti offside, pelanggaran berat, hingga tendangan penalti.

Retractable Roof

Retractable roof adalah teknologi pada atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup. Teknologi banyak digunakan pada stadion-stadion di Eropa, dan rencananya juga akan diterapkan pada Jakarta International Stadium.

Teknologi ini membuat pertandingan yang berjalan pada cuaca buruk seperti hujan deras dan salju masih bisa dilakukan. Tidak hanya itu, retractable roof juga bisa membuat penonton lebih nyaman dalam menonton pertandingan.

Nah, itu dia beberapa teknologi canggih yang ada pada pertandingan sepakbola. Seiring dengan berjalannya waktu, bukan tidak mungkin jika nantinya akan muncul teknologi-teknologi lain yang lebih canggih lagi.

Referensi: FIFABBC IndonesiaKompas