Jadi Mahir Zoom dengan Shortcut ini!
Zoom Meeting | Foto: Unsplash.com (2020) oleh @comparefibre

Selama pandemi Covid-19, karyawan, mahasiswa, hingga siswa sekolah menggunakan platform online dalam mempermudah pekerjaan dan pembelajaran. Zoom merupakan salah satu platform online yang banyak digunakan untuk melaksanakan pertemuan, pembelajaran, bahkan pelatihan berbasis digital.

Namun, apakah kalian mengalami kesusahan dalam mengoperasikan Zoom? Misalnya, presentasi terdapat kotak hitam yang terlihat di layar komputer peserta karena panel pengaturan Zoom belum disembunyikan.

Pasti tidak nyaman dilihat, lalu bagaimana cara mengoperasikan Zoom agar terlihat mahir di depan peserta? GoodSide akan memperkenalkan beberapa shortcut Zoom yang berguna bagi kalian.

Shortcut Saat Zoom Meeting

  1. Menghilangkan Panel Video Saat Presentasi
Floating Meeting Control | Dokumentasi Pribadi

Saat membagikan presentasi di zoom, biasanya kalian akan memilih ikon “Share Screen” dan langsung mempresentasikan. Sebelum itu, coba cek kembali apakah peserta melihat presentasi dengan baik atau ada gangguan dari kotak hitam karena pengaturan panel video. Kalian bisa mengatur terlebih dahulu dengan memilih “More” dan pilih “Hide Floating Meeting Controls”. Kalian juga bisa langsung menggunakan shortcut Ctrl + Alt + Shift + H. Untuk memunculkan pengaturan video, kalian bisa menekan tombol esc pada keyboard PC/laptop.

Menyembunyikan Panel | Dokumentasi Pribadi
  1. Merekam dan Menjeda Rekaman Zoom Tanpa Memunculkan Panel Pengaturan

Presentasi Zoom perlu direkam, tapi kalian sedang presentasi? Tenang, kalian bisa menggunakan shortcut Alt + R untuk merekam serta Alt + P dengan dua fungsi untuk menjeda rekaman dan untuk memulai kembali rekaman. Shortcut ini membantu kalian agar tidak memunculkan panel dari Zoom meeting’s control.

Merekam | Dokumentasi Pribadi
  1. Mematikan dan Menyalakan Audio dan Video

Dalam kondisi terdesak, kalian harus mematikan audio dan video secara cepat. Shortcut Alt + A dan Alt + V dapat membantu mematikan serta menyalakan audio dan video, di mana A dari kata “audio” dan V dari kata “video”. Selain itu, kalian bisa menggunakan shortcut Alt + M untuk mematikan dan menyalakan audio peserta apabila mendengarkan suara peserta yang terlalu berisik, sehingga dapat mengurangi gangguan selama acara Zoom berlangsung.

  1. Melihat Daftar Peserta dan Mengatur Tampilan Zoom

Kalian dapat mengetahui siapa saja peserta yang hadir selama Zoom dengan menggunakan shortcut Alt + U, juga berguna untuk menyembunyikan kembali panel daftar peserta.

Selain itu, kalian dapat menggunakan tombol pada keyboard, yaitu PageUp untuk melihat 25 video peserta sebelumnya dan PageDown untuk melihat 25 video peserta selanjutnya pada tampilan galeri (gallery view). Shortcut Alt + F2 memperlihatkan tampilan galeri (gallery view), sedangkan shortcut Alt + F1 memperlihatkan tampilan pembicara (speaker’s view) saat Zoom berlangsung.

Kalian dapat menggunakan shortcut Alt + Shift + T untuk menangkap layar Zoom sebagai dokumentasi bersama dengan peserta lainnya.

Melihat List Partisipan | Dokumentasi Pribadi
  1. Memunculkan Kolom Percakapan Peserta

Apakah kalian ingin mengetahui percakapan dari tiap peserta tanpa memunculkan Zoom meeting’s control? Kalian bisa menggunakan shortcut Alt + H saat Zoom berlangsung. Shortcurt ini dapat membantu kalian saat ingin membuka dan menyembunyikan panel percakapan Zoom.

Tips Tambahan agar Tidak Terlalu Bising saat OnMic Zoom

Untuk mengurangi suara berisik (noise) dari luar saat Zoom berlangsung, kalian dapat mengatur audio pada pengaturan awal. Langkah pertama, kalian dapat membuka aplikasi Zoom dan memilih ikon gir ( ) yang berada di bawah display picture. Kalian bisa melihat ilustrasinya sebagai berikut.

Zoom | Dokumentasi Pribadi

Setelah menekan ikon tersebut, kalian akan menemukan tampilan pengaturan sebagai berikut.

Setting Zoom | Dokumentasi Pribadi

Kalian dapat langsung memilih opsi “audio” dan tampilan akan seperti pada gambar. Pada opsi “Suppress background noise”, kalian dapat mengatur tingkat kebisingan yang ingin ditutupi/di-cover. Jika noise yang ada di sekitar hanya suara angin, motor, dan motor dengan intensitas rendah, kalian bisa memilih opsi “low”. Untuk menutupi suara kipas komputer, bunyi pulpen hingga suara yang sangat berisik sekali, kalian dapat memilih opsi “medium” dan/atau “high” Dengan begitu, hasil dari audio kalian terdengar jernih oleh peserta tanpa ada gangguan suara dari luar.

Audio Setting Zoom | Dokumentasi Pribadi

Kalian dapat mencobanya terlebih dahulu dengan saudara dan/atau teman kalian sebelum pelaksanaan acara resmi via Zoom. Hal ini akan mempermudah kalian untuk mengoperasikan Zoom secara cepat, sehingga terlihat mahir di depan peserta. Apakah kalian tertarik untuk mencoba shortcut-shortcut tersebut?

“Learning never exhausts the mind.” - Leonardo da Vinci

 

Referensi: Digital Trends | TC Technology Knowledge Base

Novia Arnistya Utari
Freelancer Typist

ENFJ-A, like to enrich knowledge and stay connect with friends around the world