5 Jenis Makanan untuk Jaga Kesehatan Matamu!
Ilustrasi Makan Buah untuk Jaga Kesehatan mata | Foto: Pixabay

Mata termasuk organ tubuh yang teramat penting untuk kita jaga. Kesehatan mata jelas sangat membantu untuk bisa beraktivitas dengan baik, misalnya dalam dunia kerja agar kita bisa lebih fokus, terutama bidang pekerjaan yang memang memerlukan fungsi mata agar dapat berjalan lancar.

Selain pekerjaan, pada saat menjelang Lebaran, penting bagi kita menjaga kesehatan mata saat mudik, terutama yang memilih mengemudi dengan kendaraan pribadi. Seperti kita ketahui, saat mudik, kita tentu akan berkutat dengan banyaknya kendaraan. Tidak menutup kemungkinan, ada risiko kabut asap menyerang. Pencahayaan pun bisa menyorot, apalagi saat perjalanan malam.

Padahal, momentum Lebaran bersama keluarga di kampung sangat sayang untuk kita lewatkan. Untuk itu, penting bagi kita agar tetap menjaga kesehatan mata dengan baik. Selain memperbanyak mengonsumsi air minimal dua liter per hari, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk mata, di antaranya:

1. Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau. (Pixabay.com)
Ilustrasi Sayuran Hijau. (Pixabay.com) 

Sayuran hijau memang dikenal mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya, yakni baik untuk kesehatan mata. Bahkan, bukan hanya mata, tetapi sehat untuk seluruh tubuh.

Sayuran hijau sangat cocok dijadikan menu makanan bersama keluarga, entah saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa kita konsumsi, mulai dari brokoli, bayam, daun katuk, hingga sawi hijau. Tergantung dari pilihan yang selera yang kita sukai.

2. Wortel

Ilustrasi wortel. (Pixabay.com)
Ilustrasi wortel. (Pixabay.com) 

Jelas, sudah bukan rahasia kalau wortel memang sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Menurut penjelasan The American Journal of Clinical Nutrition, wortel mengandung vitamin A yang dapat membantu meningkatkan penglihatan mata, termasuk bagi para pengguna kacamata minus. Selain vitamin A, wortel mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi sistem penglihatan dan penjagaan kekebalan tubuh saat stres.

3. Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. (Pixabay.com)
Ilustrasi kacang-kacangan. (Pixabay.com) 

Banyak jenis kacang-kacangan yang cocok dikonsumsi, selain enak dan menyenangkan, ternyata kacang dapat menjaga kesehatan mata, lho. Mulai dari kacang polong, kacang mete, kacang almond, dan berbagai jenis kacang lainnya.

Nah, kita bisa pilih kacang almond yang mengandung vitamin E. Menurut perkiraan, saat mengonsumsi sekitar segenggam kacang almond setiap harinya, bisa memenuhi kebutuhan vitamin E per hari. Manfaatnya, bisa memperlambat penurunan fungsi makula yang berakibat menurunnya daya lihat.

4. Buah-buahan

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay.com)
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay.com) 

Ada banyak jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata, seperti buah alpukat, bluberi, jeruk, kiwi, tomat, mangga, dan pepaya. Buah-buahan ini mempunyai kandungan dan profil nutrisi yang sangat besar manfaatnya untuk mata. Terlebih, buah tersebut pun mudah kita temui di manapun!

5. Telur

Ilustrasi telur. (Pixabay.com)
Ilustrasi telur. (Pixabay.com) 

Kuning telur adalah bagian terpenting untuk kesehatan mata. Bagi yang mengonsumsi telur, sebaiknya tidak menyisihkan atau membuang bagian kuningnya, ya. Tahukah kalau kuning telur kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi tersebut mempunyai khasiat yang dapat mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan yang dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Walaupun masih ada jenis makanan lain yang tak saya sebutkan dalam tulisan ini, akan tetapi setidaknya jenis makanan di atas sedikit bisa menjaga kesehatan mata kita.

Semoga kita masih diberikan kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata dengan baik. Apakah Goodmates sudah melakukannya?

 

Referensi: Hello Sehat | Pusdiklat Kominfo

Budi Prathama
Mahasiswa

Pemuda yang terus belajar menulis