Kenali Beberapa Makanan Khas Daerah Purworejo yang Menggiurkan
Lontong | Dokumentasi Pribadi

#FutureSkillsGNFI

Bicara tentang suatu daerah, setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali daerah Kabupaten Purworejo yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah Kabupaten Purworejo sendiri memiliki beberapa makanan khas daerah yang unik dan tentunya menggiurkan untuk kalian coba. Berikut merupakan beberapa makanan khas daerah Kabupaten Purworejo yang unik serta menggiurkan untuk kalian coba :

  1. Geblek

Geblek merupakan salah satu makanan khas dari daerah Kabupaten Purworejo yang terbuat dari tepung singkog, lalu dibentuk menyerupai angka delapan atau dibentuk bulat, kemudian digoreng hingga teksturnya kering atau sudah tidak lembek lagi ( masih berupa adonan tepung). Makanan ini memiliki kemiripan dengan cireng, yang sama-sama memiliki warna putih dan teksturnya kering. Geblek sangat cocok dimakan saat masih hangat dan dipadukan dengan sambal pecel. Jadi, apakah kalian tertarik dengan makanan khas daerah Kabupaten Purworejo ini ?

  1. Clorot

Makanan khas daerah Kabupaten Purworejo berikutnya yaitu Clorot. Clorot merupakan makanan khas daerah Kabupaten Purworejo yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Makanan ini memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang dibentuk menyerupai kerucut. Rasa dari clorot ini cenderung manis serta gurih, karena bahan yang digunakan dalam clorot ini selain gula merah juga dicampur dengan air santan. Cara memakan makanan yang satu ini juga unik, kalian hanya perlu menekan bagian bawah clorot menggunakan jari, hingga clorot keluar dan langsung bisa dimakan. Bagaimana ? Tidak kalah menggiurkan dari geblek bukan ?

  1. Dawet Ireng

Bila sebelumnya telah membahas makanan khas dari daerah Kabupaten Purworejo, yang satu ini merupakan minuman khas Daerah Kabupaten Purworejo yaitu dawet ireng. Sesuai dengan namanya, dawet ireng memiliki warna ireng atau Bahasa Indonesia nya adalah hitam. Dawet ireng ini memiliki warna hitam karena terbuat dari abu jerami yang dibakar kemudian dicampur dengan air sehingga menghasilkan warna hitam yang alami. Air yang berwarna hitam inilah yang kemudian digunakan untuk proses pembuatan dawet ireng. Minuman ini juga memiliki kemiripan dengan es cendol yang membedakannya adalah dawet ireng ini berwarna hitam. Dawet ireng ini biasanya disajikan dengan kuah santan yang dicampur dengan air gula lalu diberi es batu. Dawet ireng ini sangat;ah cocok diminum apabila cuaca sedang panas ataupun sebagai suatu hidangan saat berbuka puasa, tentunya energi kita bisa pulih kembali. Bagaiamana, tertarik mencoba dawet ireng ini ?

  1. Kue Lompong

Makanan khas dari daerah Purworejo yang berikutnya yaitu kue lompong. Kue lompong merupakan makanan khas daerah Purworejo yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang yang telah dicampur dengan gula pasir. Makanan yang satu ini juga memiliki keunikan yaitu dibungkus dengan daun pisang yang kering atau orang jawa biasa menyebutnya dengan klaras. Makanan ini berwarna hitam yang terbuat dari campuran air dan abu dari jerami, serta memiliki rasa yang cenderung manis dan gurih dari rasa kacang di dalam isian kue lompong. Bila berkunjung ke daerah Kabupaten Purworejo, makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh karena makanan ini dapat bertahan dalam beberapa hari.

  1. Sate Winong

Setelah tadi membahas beberapa makanan dan minuman khas dari daerah Kabupaten Purworejo, sate winong juga tak kalah menggiurkan dari makanan yang sebelumnya. Sate winong sebetulnya mirip dengan sate kambing yang pada umumnya, nama yang diberikan dalam makanan yang satu ini karena makanan ini berasal dari Desa Winong yang merupakan salah satu daerah yang ada di Kabupaten Purworejo. Yang menjadi pembeda dengan sate kambing yang ada pada umumnya adalah kecap yang digunakan dalam sate ini merupakan buatan asli dari pemilik warung yang telah diberi tambahan bumbu lainnya. Selain itu, yang membedakan dengan sate kambing pada umumnya adalah penghidangan dari sate ini karena sate ini diberi tambahan daun jeruk yang telah dipotong tipis-tipis yang sekilas mirip dengan helai rumput. Bagaimana, sate winong juga tidak kalah unik dan menggiurkan bukan dari makanan khas daerah Kabupaten Purworejo sebelumnya ?

Itulah beberapa makanan khas yang berasal dari daerah Kabupaten Purworejo yang unik serta menggiurkan. Bila kalian menggunjung Kabupaten Purworejo, tidak ada salahnya bila kalian mencoba beberapa makanan khas dari daerah Kabupaten Purworejo ini. Salam sehat dan bahagia untuk kita semua.

 

Sumber : Kompas.com (8 Makanan Khas Purworejo, Tempat Keraton Agung Sejagat yang Viral)