Makin Tren, Ini 5 Akun Menfess Twitter yang Menarik Diikuti
Menfess twitter | Foto: Oleg Magni/Pexels

Twitter adalah salah satu jejaring sosial media yang banyak digunakan oleh anak muda masa kini. Selalu ada hal yang menarik seperti istilah dan topik-topik ter-update yang disajikan. Salah satu istilah yang cukup terkenal adalah menfess.

Menfess merupakan gabungan dari kata mention dan confess. Kemunculan menfess berkaitan erat dengan tren role player (RP) yang telah lebih dulu popular, yaitu seorang atau sekumpulan penggemar yang berpura-pura menjadi idolanya dengan menciptakan akun parodi.

Dilansir dari Zenius, praktik menfess mirip dengan surat kaleng. Pengirimnya bersifat anonim dan bebas untuk mengutarakan pernyataan atau pertanyaan yang berkaitan dengan akun menfess. Nantinya, menfess menjadi mediator dengan mengirimkan pesan langsung (direct message).

Setelah dikirim, pesan akan berubah menjadi tweet yang nantinya akan direspon oleh para pengguna yang mengikuti akun tersebut. Biasanya, pengirim menfess akan disebut dengan sebutan “nder” yang merujuk pada kata sender (pengirim). 

Rekomendasi akun menfess

Header salah satu akun menfess | Foto: @collegemenfess/Twitter

Saat ini, sudah ada banyak akun menfess di Twitter. Topik yang ditawarkan akun ini bervariasi, mulai dari akun khusus mahasiswa, makanan, buku, hingga akun menfess khusus domisili tertentu seperti @jogjamnfs.

Bila Goodmates baru saja menggunakan Twitter dan penasaran dengan akun-akun menfess popular yang sedang tren, artikel ini akan mengulas lima akun menfess yang menarik untuk diikuti. Simak baik-baik, ya!

1. Tempat kumpul para foodies, @Food_Fess tidak mengenal kata sepi

Membahas makanan | Foto: @food_fess/Twitter

Eksis sejak tahun 2018, akun @food_fess yang memiliki tagline “Menfess bot for Foodies” di bio nya sudah memiliki pengikut sejumlah 359,5 ribu. Setiap harinya, para pengguna mengirim menfess berupa makanan yang sedang dimakan, promo dan resep makanan, hingga cerita pribadi yang berhubungan dengan suatu makanan

Selalu ramai, hampir lima menit sekali selalu ada tweet baru yang muncul dan mendapat banyak respons dari pengguna lain. Mereka berinteraksi dengan memanggil satu sama lain dengan sebutan ‘guis’. Saat ini akun @food_fess juga mengembangkan dua sub akun lain dengan tema serupa yaitu @Foodfess2 dan @Ffoodfess.

2. Berbagi keluh kesah hingga tips survive di dunia kuliah, @collegemenfess akun andalan mahasiswa di Twitter

Saling berbagi informasi | @collegemenfess/Twitter

Bila Goodmates merupakan seorang mahasiswa yang aktif menggunakan Twitter, Goodmates mungkin sudah tidak asing dengan akun ini. Berdiri sejak 2018, saat ini @collegemenfess sudah diikuti oleh 836,1 ribu pengguna.

Pengirim menfess di akun ini berasal dari berbagai universitas dan jurusan. Oleh karena itu, setiap harinya, tweet yang muncul memiliki topik yang berbeda seperti curahan hati terkait skripsi, tips organisasi, hingga pencarian responden untuk tugas.

3. Ingin mengikuti akun seputar hobi membaca dan karya sastra? @literarybase jawabannya!

Berbagi karya seputar buku dan sastra | Foto: @literarybase/Twitter

Seperti dua akun sebelumnya, @literarybase juga berdiri sejak tahun 2018 dan sudah menghimpun 364,1 ribu pengguna sebagai pengikutnya. Topik yang biasa dibahas adalah tukar pendapat tentang suatu buku atau karya tertentu.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengirim karya berupa potongan cerpen atau puisi. Akun ini juga mengembangkan akun lain bernama @racunlitbase untuk transaksi jual-beli buku dan info diskon buku di marketplace.

4. Saling cerita soal kucing kesayangan di @kochengfess 

Seputar kucing dan tingkah lucunya | Foto: @kochengfess/Twitter

Tak hanya hobi popular seperti membaca, ada juga akun menfess untuk membahas kucing-kucing lucu dan menggemaskan. Sudah ada sejak tahun 2012, akun @kochengfess diikuti oleh lebih dari 240 ribu pengguna. Setiap harinya, akun ini ramai dengan kisah dan foto kucing lucu dari para pemiliknya.

5. Perkaya pengetahuan tentang kecantikan bersama @ohmybeautybank

Membahas serba-serbi dunia kecantikan | Foto: @ohmybeautybank/Twitter

Menjadi salah satu akun besar, @ohmybeautybank yang eksis sejak 2018 sudah diikuti oleh 554,2 ribu pengguna. Sesuai tagline dalam bio, “Menfess Bot to discuss anything that resolves in BEAUTY☆ MADE FOR ALL GENDERS”, isi tweet yang masuk membahas masalah kecantikan baik untuk pria dan wanita.

Melalui akun ini, Goodmates bisa berdiskusi tentang produk skincare, inspirasi outfit, hingga tips perawatan diri yang cocok. Tak hanya itu, tak jarang akun ini mengadakan giveaway berhadiah produk kecantikan.

 Menfess merupakan salah satu fenomena komunikasi yang menarik di era sekarang. Sama seperti hal lain di dunia jejaring sosial, menfess tetap memiliki sisi positif dan negatif tersendiri. Goodmates tetap harus selektif dalam memilih akun yang cocok untuk diikuti, ya!

Referensi: Zenius | Repository UGM