Jangan Langsung Buang! Ini Manfaat Tidak Terduga dari Air Buangan AC
Mesin AC | Foto: T-Penguin/Unsplash

Goodmates, apakah kamu memakai Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan di rumah? Kebanyakan rumah memanfaatkan alat ini sebagai cara simpel dan instan untuk menjaga kesejukan ruangan, terlebih di musim kemarau.

Akan tetapi, AC menghasilkan air limbah yang rupaya dapat kamu gunakan kembali untuk aneka keperluan rumah tangga, lo. Berikut Goodside rangkum sederet manfaat dari air buangan AC dalam kehidupan sehari-hari.

Membersihkan Toilet

Ilustrasi toilet | Foto: Giorgio Travato/Unsplash

Di samping memakai boraks untuk keperluan kamar mandi, kamu bisa juga lo memanfaatkan air buangan AC untuk membersihkan toilet. Sejumlah unsur yang terkandung dalam air tersebut mampu menghilangkan noda-noda kuning yang membandel di toilet.

Cara penggunaannya terbilang lumayan mudah. Kamu tinggal menyiram toilet dengan air sisa AC dan biarkan selama satu malam. Keesokan paginya, toilet dapat kamu gosok dengan sikat dan hasilnya pun akan tampak lebih bersih dan mengkilap sekaligus membunuh bakteri yang menempel dan tertinggal.

Menyiram Tanaman Karnivora

Tanaman Karnivora | Foto: Jeremy Bezanger/Unsplash

Berkat ketiadaan kandungan mineral di dalamnya, air buangan AC tidak sama dengan air keran biasa dan hampir serupa dengan air suling, tetapi tidak terlalu bersih.

Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkannya kembali untuk menyiram tanaman yang memang tidak tahan dengan air mineral, salah satunya tanaman karnivora. Sebab, jenis tumbuhan semacam ini akan bereaksi buruk terhadap zat klorin yang kerap dijumpai dalam air olahan.

Adapun sejumlah tanaman karnivora yang boleh kamu siram dengan air sisa AC ini, antara lain Dracaenas (Dracaena Spp), tanaman laba laba (Chlorophytum comosum), serta Marantas (Maranta Spp).

Radiator Mobil

Radiator mobil | Foto: Tim Mossholder/Unsplash

Bisa dikatakan, air buangan AC jauh lebih baik daripada dengan air mineral biasa yang sering dijadikan sebagai air radiator. Sebab, air ini mampu membuat radiator semakin dingin sekaligus berpengaruh terhadap kualitas udara AC mobil yang akan terasa sejuk pula.

Apabila mesin mobil selalu dalam keadaan yang dingin, maka AC mobil juga akan demikian sehingga bisa mengurangi biaya servis untuk ganti oli. Terkait pemakaiannya, kamu bisa mengganti air sisa AC untuk radiator setiap dua bulan sekali.

Membersihkan Benda di Luar Ruangan

Ilustrasi membersihkan jendela | Foto: CDC/Unsplash

Mengingat air dari unit AC lumayan segar, kamu bisa memanfaatkannya untuk beragam keperluan termasuk membersihkan barang-barang. Sebut saja, jendela, meja, dan furnitur luar ruangan lainnya.

Bahkan, kamu bisa mengumpulkan air sisa AC untuk mencuci kendaraan ataupun sekadar membersihkan lantai teras. Hitung-hitung hemat air juga, bukan?

Suplai Air Kolam

Ilustrasi kolam | Foto: Lonely/Unsplash

Apakah kamu mempunyai kolam kecil, air mancur, ataupun sesuatu di area luar rumah yang memerlukan air? Manfaatkan air dari unit AC kamu untuk menyuplai air menuju tempat tersebut.

Terlebih di musim kemarau dengan cuaca yang panas, air buangan ini akan membantu kamu dalam persediaan air untuk aneka kebutuhan tambahan lainnya.

Merawat Batu Akik

Batu Akik | Foto: Okezone

Buat para pecinta dan kolektor batu akik, apakah sudah tahu kalau kamu bisa merawat koleksimu menggunakan air buangan AC? Air semacam ini akan bekerja lebih cepat dalam pengkristalan sehingga dapat tembus cahaya apabila disinari dengan senter. Dengan demikian, kualitas batu akik pun bisa bertambah.

Caranya, siapkan wadah bening seperti bekas kemasan air mineral dan tuang air sisa AC ke dalamnya. Rendam batu akik dalam air tersebut selama satu jam dan lakukan secara rutin dalam tiga bulan.

Referensi IDEA | Merdeka.com | Kompas.com