7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi│Fotorech/Pixabay

Kapan terakhir kali kamu berjemur di bawah matahari pada pagi hari? Jika kamu sudah lama tidak berjemur atau tidak pernah berjemur di bawah matahari pagi, kamu telah melewatkan manfaat yang besar dari berjemur.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memberikan kehangatan untuk tubuh, berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit pada sekitar pukul 8-10 pagi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Inilah beberapa manfaat berjemur di bawah sinar matahari pagi yang perlu kamu ketahui.

Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang diketahui, sinar matahari pagi memberikan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D memiliki peran yang penting untuk menguatkan tulang, serta merangsang penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti pada saat awal pandemi COVID-19 melanda, banyak diberitakan bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, tubuh lebih kebal terhadap virus.

Hal ini memang benar adanya. Berjemur di bawah sinar matahari pagi memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin D dari sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit.

Meningkatkan kualitas tidur

Bagi kamu yang mengalami gangguan pola tidur, berjemur di bawah sinar matahari bisa menjadi solusi untuk masalahmu. Berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Berjemur akan membantu tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk membantu seseorang mudah tertidur.

Mengatasi penyakit kulit

Jangan berpikir bahwa berjemur akan membuat kulit rusak. Berjemur justru menyehatkan untuk kulit apabila dilakukan di waktu yang tepat. Berjemur bisa mengobati beberapa penyakit kulit seperti psoriasis, jerawat, dan infeksi yang menyerang kulit.

Dapat membantu tubuh lebih rileks

Ilustrasi│pasja1000/Pixabay

Jika kamu merasa kelelahan saat baru bangun tidur, tidak ada salahnya bagimu untuk berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur dapat membuat otot rileks, dan bahkan juga dapat membantu perkembangan kognitif otak.

Mengurangi stres

Sinar matahari dapat memicu otak melepaskan hormon serotonin. Hormon serotonin dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang, sehingga dapat membantu menghindarkan seseorang dari stress.

Bagus untuk kesehatan mata

Banyak yang tidak tahu, bahwa berjemur juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Vitamin D dari sinar matahari dapat membuat penglihatan mata semakin membaik. 

Namun, bukan berarti kamu harus menatap mata hari. Kamu hanya perlu berjemur saja selama kurang lebih 15 menit. Jangan menatap matahari secara langsung karena hal tersebut malah dapat merusak mata.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari. Ingat, berjemurlah dalam waktu kurang lebih 15 menit pada sekitar pukul 8-10 pagi. Waktu berjemur yang salah justru akan memberikan dampak buruk pada tubuh.

Referensi: Health ShotsNers UnairHellosehat