Manfaat Bermain Tenis Meja Ala Abdel dan Desta
Olahraga Tenis Meja © Unsplash/South_Agency

Siapa yang belum dengar pertandingan tenis meja antara dua figur publik, Abdel Achrian dan Deddy Mahendra Desta? Pertandingan yang disebut-sebut sebagai “Pertandingan Abad Ini” membuat tagar #VindesSport di Twitter menjadi viral dan trending. Buktinya dapat dilihat dari jumlah penonton YouTube channel VINDES yang mencapai 250 ribu lebih.

Digelar pada 6 Februari 2022, pertandingan ini menggunakan format Best of Seven di GBK Arena. Bukan hanya tempat, Abdel dan Desta juga telah mempersiapkan pertandingan tenis meja ini dengan profesional. Persiapan tersebut juga akhirnya yang membuat publik bersemangat untuk menunggu pertandingan ini dilaksanakan.

Meski sempat memimpin di awal, skor yang diperoleh Abdel berhasil diungguli oleh Desta pada pertengahan set. Setelah berada di jumlah skor yang sama, Desta kembali lebih unggul dari Abdel dengan skor 10-11. Namun, Abdel kembali bisa menyamakan kedudukan atas kesalahan yang dilakukan Desta sendiri dan berhasil untuk mendominasi sampai akhir.

Hasilnya, Abdel Achrian berhasil memenangkan pertandingan. Perbedaan skor terlampau jauh dengan angka 4-1. Hadiah yang didapatkan pemenang juga tidak tanggung-tanggung, karena Abdel berhak atas hadiah voucher Traveloka senilai 10 juta rupiah.

Melihat pertandingan Abdel dan Desta yang sangat menegangkan, apakah kamu tertarik dengan olahraga tenis meja? Ternyata, jenis olahraga ini memiliki beberapa manfaat yang bisa kamu lakukan, lo. Selain untuk melatih otot-otot di dalam tubuh, kamu dapat melatih fleksibilitas dan koordinasi.

Tenis meja baik bagi kesehatan

Pertandingan tenis meja Desta dan Abddel | Foto: Skor

Seperti kebanyakan olahraga lainnya, tenis meja atau yang sering disebut ping pong ini memberikan manfaat stimulasi pikiran-tubuh yang sinkron, latihan aerobik, dan juga interaksi sosial. Olahraga ini digemari juga karena risiko cedera yang cukup rendah.

Hal ini membuat pemainnya bisa terfokus membangun kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan tanpa menimbulkan risiko cedera serius. Meskipun lebih sering dilakukan dengan single, manfaat tenis meja juga dapat kamu rasakan dengan double atau berpasangan.

Melihat darimana bola datang dan ke arah mana kita mengayunkan bet atau pemukul bola ping pong dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata. Permainan tenis meja yang intens merangsang kewaspadaan mental dan konsentrasi serta mengembangkan ketajaman mental.

Membuat otak tetap tajam karena sangat aerobik, olahraga ping pong mengharuskan kamu untuk menggunakan tubuh bagian atas dan bawah. Dilansir dari Killerspin, tenis meja juga menggunakan banyak area otak yang berbeda secara bersamaan saat kamu melacak bola, merencanakan tembakan dan strategi, dan memikirkan putaran.

Seperti latihan aerobik, melakukan olahraga tenis meja adalah salah satu cara membakar kalori dengan cara menyenangkan, kalau kamu bosan latihan ke gym. Selain meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman, hal tersebut juga akan meningkatkan refleks seseorang.

Sifat olahraga yang bergerak cepat dan jarak pendek, gerakan otot kasar dan halus ditingkatkan. Gerakan-gerakan ini pula yang bisa melumaskan persendian, mulai dari siku hingga lutut.

Bermanfaat untuk kesehatan mental

Bermain tenis meja | Foto: klik

Keseimbangan bermain tenis meja meningkat ketika seorang pemain tenis meja melakukan gerakan cepat dalam mengubah arah. Keseimbangan yang terlatih ini akan menjadi kunci dalam permainanmu, sehingga seseorang perlu banyak-banyak berlatih.

Refleks, kewaspadaan, dan keseimbangan adalah sesuatu yang dapat kamu terus tingkatkan dengan banyaknya latihan yang telah dilakukan. Menarik, bukan? Selain bermanfaat untuk fisik, ternyata olahraga tenis meja juga mampu bermanfaat bagi kesehatan mental. Dengan kesehatan mental yang baik, maka kamu juga akan awet muda.

Tenis meja juga bisa membuat kita merencanakan strategi, memutuskan putaran apa yang akan dilakukan pada bola, sampai memberikan keputusan yang harus dibuat dalam hitungan detik akan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, bisa juga meningkatkan kadar hormon dan menjaga otak tetap muda, serta dapat memperlambat penurunan kognitif yang terjadi seiring penuaan. Olahraga ini juga mengharuskan kamu berinteraksi dengan orang lain, karena kamu tidak bisa bermain sendirian.

Interaksi sosial itulah yang kemudian menjadi sangat penting untuk kesehatan mental. Dengan bermain tenis meja secara langsung dengan era teknologi yang semakin canggih pada saat ini, kamu tetap dapat terhubung dengan orang lain secara langsung.

Referensi: Halodoc | Killerspin | Tempo