Jangan Malas Datang! Intip Manfaat Buka Puasa Bersama dalam Komunitas
Buka puasa bersama komunitas | Foto: PNW Production/Pexels

Setiap Ramadan tiba ada sebuah tradisi tak tertulis yang terjadi pada banyak orang, terutama anak muda seperti Goodmates, yaitu agenda buka puasa bersama. Beberapa undangan buka puasa bersama datang silih berganti. 

Tak jarang, undangan buka puasa yang begitu banyak membuat Goodmates justru makin enggan untuk memenuhinya. Sebabnya bisa bermacam-macam, bisa jadi karena mager atau karena budget yang terbatas.

Akan tetapi, rasanya Goodmates harus mempertimbangkan lagi bila ingin absen dari buka puasa bersama bila undangan itu datang dari komunitas yang tengah Goodmates ikuti.

Buka tanpa sebab, ternyata buka puasa bersama memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan komunitas tersebut dan bagi Goodmates sendiri.

1. Menghilangkan Stress

Buka puasa bersama bisa menghilangkan stress | Foto: Asad Photo Maldives/Pexels

Sebuah komunitas tentunya memiliki program kerja yang membuat masing-masing anggotanya memiliki tugas masing-masing. Setiap waktu tertentu ada rapat atau pertemuan khusus yang terlaksana untuk membahas progress dari setiap anggota.

Nah, beban kerja tersebut bisa saja menimbulkan stress dan kejenuhan. Dengan buka puasa bersama, Goodmates dan teman sekomunitas bisa melupakan sejenak segala pekerjaan dan bersantai bersama

Alhasil, tingkat stress akan menurun dan tergantikan oleh rasa senang setelah bercengkrama hangat dengan teman seperjuangan.

Baca juga: Jalin Networking Melalui Buka Puasa Bersama

2. Ajang Saling Mengenal Lebih Dekat

Buka puasa bersama komunitas bisa jadi ajang saling mengenal | Foto: Askar Abayev/Pexels

Selama pandemi, tentunya tidak semua agenda komunitas dapat berlangsung secara langsung di lapangan. Sebagian besar atau bahkan semua agenda harus terlaksana secara virtual karena kondisi yang tidak memungkinkan. 

Oleh karena itu, anggota komunitas mungkin tidak bisa bertemu langsung sesering dulu atau bahkan anggota baru belum pernah bertemu dengan anggota lain sama sekali. Itu sebabnya, menghadiri buka puasa bersama menjadi penting untuk saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat.

Terlebih, kita tentunya sudah belajar dari pandemi bahwa tidak ada yang bisa menggantikan kesan pertemuan secara langsung.

3. Meningkatkan Solidaritas

Buka puasa bersama dapat meningkatkan solidaritas | Foto: Askar Abayev/Pexels

Meningkatkan solidaritas di dalam suatu komunitas adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya meningkatkan semangat dalam berkegiatan, solidaritas yang tinggi juga dapat mengurangi konflik internal sehingga komunitas menjadi lebih harmonis. 

Ada banyak cara untuk meningkatkan solidaritas ini, termasuk buka puasa bersama. Dalam kegiatan tersebut, komunikasi yang positif akan terjalin antar anggota sehingga solidaritas akan makin terbentuk.

Keakraban yang tercipta pun juga akan menimbulkan suasana yang lebih nyaman bagi kegiatan-kegiatan komunitas selanjutnya.

Baca juga: Bisa Bayar Online, Ini 5 Lembaga Amil Zakat Selain Baznaz

4. Kesempatan Eksplorasi Tempat Makan Baru

Buka puasa bersama bisa jadi ajang mengeksplorasi tempat makan menarik | Foto: Lisa Fotios/Pexels

Bagi Goodmates yang hobi kulineran, momen buka puasa bersama juga bisa jadi ajang untuk merekomendasikan teman-teman sekomunitas tempat makan yang enak dan seru. 

Mengeksplorasi tempat makan untuk jadi tempat buka puasa bersama juga merupakan kegiatan yang menyenangkan, lo! Goodmates bisa menikmati suasana baru dengan teman-teman sambil menunggu waktu buka puasa.

Baca juga: Kelana Bhakti Budaya, Grup Ketoprak Tobong yang Eksis pada Masanya

5. Mendapat Informasi Baru

Buka puasa bersama komunitas bisa jadi sarana mendapat informasi baru | Foto: Askar Abayev/Pexels

Sambil menunggu hidangan buka puasa tersedia, Goodmates bisa mengobrol santai dan bertukar informasi dengan teman sekomunitas. Biasanya, orang-orang dalam komunitas yang sama memiliki interest atau minat yang sama pula sehingga Goodmates tidak akan bosan.

Usahakan untuk terus menghidupkan obrolan, ya! Goodmates bisa mengusulkan aturan untuk tidak memegang ponsel agar teman-teman tidak sibuk dengan ponsel masing-masing.

Bisa jadi, dari obrolan tersebut Goodmates bisa mengetahui informasi-informasi baru seperti pekerjaan hingga kesempatan lain yang berharga.

Sekian ulasan mengenai alasan pentingnya menghadiri buka puasa bersama yang akan komunitas Goodmates selenggarakan. Ternyata, kegiatan tersebut memiliki manfaat yang besar baik untuk kepentingan komunitas hingga kepentingan Goodmates sendiri.