Jangan Bungkuk! Ini 5 Manfaat Duduk Tegak bagi Kesehatan
Posisi duduk yang tegak | Foto: Burst/Pexels.com

Duduk membungkuk adalah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang saat ini. Baik anak-anak maupun orang dewasa, tanpa sadar akan duduk membungkung di kursi. Sebaiknya, segera hindari hal tersebut dan beralih duduk tegak agar kesehatan terjaga.

Jika terlalu sering duduk membungkuk, tidak sedikit orang yang mengeluhkan rasa sakit atau nyeri pada leher, punggung, pinggang, serta pundak mereka. Padahal, posisi duduk yang baik secara tegak mempunyai segudang manfaat.

Dengan duduk tegak, punggung dan saraf lainnya tidak akan terganggu. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat dengan duduk secara tega. Apa sajakah itu? Berikut GoodSide rangkum lima manfaat duduk tegak bagi kesehatan.

1. Mencegah Timbulnya Sakit Punggung

Sakit punggung | Foto: Pexels/Karolina

Sikap tubuh yang tidak baik atau sembarangan saat duduk berpotensi menjadi penyebab utama timbulnya sakit punggung, leher, pinggang, pundak, sampai pergelangan tangan. Berkaca dari masalah di atas, posisi duduk tegak merupakan hal yang wajib kamu terapkan supaya bisa terhindar dari nyeri pada area tersebut.

Apabila kamu menghabiskan banyak waktu di depan layar, cobalah mengarahkan layar sesuai dengan posisi mata sehingga tubuhmu pun tidak lagi harus membungkuk. Kebiasaan membungkuk sendiri bisa menimbulkan banyak tekanan pada tulang belakang, sekaligus berbagai otot di sekitarnya.

Baca juga: Waspadai 5 Bahaya Begadang, Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Belum lagi dengan tekanan saraf dan aliran darah akan terbatas pula akibat tubuh yang membungkuk. Semua efek inilah yang berakumulasi mengakibatkan rasa sakit pada punggungmu.

2. Memperlancar Pernapasan

Ilustrasi rontgen paru-paru | Foto: Anna Shvets

Sebagian orang sering kali duduk membungkuk atau condong ke depan ketika bekerja di depan layar. Sadar atau tidak, kebiasaan buruk seperti ini malah akan mengakibatkan sistem pernapasan tidak berjalan dengan optimal. Posisi semacam ini justru akan menghambat perjalanan oksigen menuju organ dan sistem saraf lainnya.

Adanya sirkulasi udara yang baik menunjukkan bahwa tubuh kamu memperoleh oksigen yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik. Menerapkan posisi duduk yang baik memungkinkan oksigenasi yang lebih optimal sehingga memperlancar pernapasan.

Di sisi lain, riset membuktikan bahwa otot dan tendon bagian depan seseorang akan menjadi lebih pendek apabila duduk membungkuk. Kondisi inilah yang mempersulit orang untuk mengambil napas lebih dalam.

Dengan memperbaiki posisi tubuh, kelancaran sistem pernapasan pun bisa meningkat sampai 30 persen. Selain itu, kalau kamu merasa gugup, tidak ada salahnya untuk duduk secara tegak, sambil menarik napas yang dalam supaya membantumu merasa lebih rileks.

Baca juga: Sering Kerja di Tempat Tidur? Simak Dampaknya bagi Kesehatan

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Fokus bekerja | Foto: Pexels/Christian

Goodmates, apakah kamu pernah merasa kesusahan untuk berkonsentrasi selama bekerja? Jangan-jangan, selama ini kamu duduk dengan posisi yang tidak tepat. Pasalnya, postur tubuh dapat memengaruhi tingkat fokus seseorang.

Oleh sebab itu, mulailah memperbaiki posisi dudukmu menjadi lebih tegak sewaktu merasa lemas, mengantuk, atau sulit berkonsentrasi. Postur tubuh yang tegak akan membuat peredaran darah menjadi lancar, terutama pengangkutan darah yang kaya oksigen menuju otak.

Hal tersebut juga sesuai dengan fakta bahwa otak manusia memerlukan pasokan oksigen sekitar 20 persen supaya bisa tetap bekerja prima. Semakin banyak asupan yang ada lewat posisi duduk tegak, kita dapat lebih fokus dan berkonsentrasi lagi tanpa harus meminum secangkir kopi atau minuman berenergi.

4. Mengembalikan Energi Tubuh

Ilustrasi mengembalikan energi | Foto: Karsten/Unsplash.com

Setali tiga uang dengan membantu pernapasan dan meningkatkan konsentrasi, duduk tegak juga bermanfaat untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Penelitian dari San Francisco State University oleh Dr. Erik Peper menemukan korelasi, antara postur tubuh seseorang dengan energi yang ada.

Tubuh dengan posisi bungkuk rupanya bisa mengurangi asupan oksigen. Inilah yang membuat kamu cepat merasa lelah dan lemas. Sebaliknya, duduk dengan benar alias tegak akan meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh.

Baca juga: Mengenal HIT Cardio, Solusi Olahraga di Rumah Saja

5. Mengatasi Stres

Ilustrasi stres | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels.com

Siapa yang menyangka bahwa posisi duduk berpengaruh terhadap tingkat stres seseorang? Riset dari The University of Auckland menyimpulkan bahwa duduk dengan posisi tubuh yang tegak mampu mengatasi stres yang timbul.

Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan berpikir, yang lahir dari interaksi sensoris-motoris manusia dengan lingkungannya atau terkenal dengan sebutan embodied cognition.

Fenomena ini terjadi akibat meningkatnya gairah fisiologis, seperti kenaikan tekanan darah yang memungkinkan respons aktif melawan stres. Tidak hanya itu, studi lain pun menunjukkan kesimpulan bahwa posisi duduk yang tegak bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

Itulah 5 manfaat duduk tegak bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Maka dari itu, mulai hari ini segera posisi duduk kamu demi tubuh yang lebih bugar.

Referensi: Beautynesia | Hello Sehat | DokterSehat