Ternyata Kebiasaan Bangun Pagi Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh Loh!
Ilustrasi Bangun Pagi

Bagi umumnya masyarakat Indonesia, rutinitas bangun pagi adalah suatu kebiasaan. Terlebih  bagi kaum muslim di Indonesia, bangun pagi atau subuh adalah suatu kewajiban untuk menunaikan ibadah salat subuh.

Jadi, yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Orang tua kita sejak dulu, sering membangunkan anak-anaknya ketika hendak sekolah di waktu pagi, bahkan terkadang matahari pun belum menampakkan sinarnya, namun kita sudah diperintahkan untuk mandi lebih awal. Alasannya satu, agar tidak kesiangan.

Ilustrasi Bangun Pagi | Foto : Unsplash

Ternyata, kebiasaan yang dibangun oleh orang tua kita punya manfaat positif loh bagi kesehatan tubuh bahkan mental kita. Nah, apa saja sih? Mari kita simak.

  1. UDARA YANG MASIH SEJUK DAN SEGAR

Kualitas udara di pagi hari emang bikin tenang banget. Coba deh, kalian kalau bangun pagi sempatkan diri untuk keluar rumah, lihat suasana sekitar, pasti bakal membuat naik mood kamu. Jika kita bisa menghirup udara segar di pagi hari maka itu sangat bermanfaat bagi tubuh, karena udara segar mempu membantu proses pembersihan paru-paru.

  1. MEMINIMALISIR STRES

Memiliki waktu yang panjang di pagi hari akan menghindarkan kita dari rasa terburu-buru, sehingga segala aktivitas dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, kita akan merasa lebih tenang memulai hari. Saat merasa tenang dan nyaman dalam melakukan sesuatu, kita akan terbebas dari stres yang membebani dan membuat mood berantakan.

  1. MENINGKATKAN IMUNITAS DAN MEREMAJAKAN KULIT

Menurut profesor Neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine Phyllis C. Zee, MD, bangun pagi memberikan kesempatan bagi tubuh untuk untuk mendapat paparan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan oksigen yang merangsang produksi kolagen di kulit manusia. Ketika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya tanpa masalah.

  1. MEMPERBAIKI POLA SERTA KUALITAS TIDUR

Dengan kita bangun lebih pagi, maka ketika malam kita akan tidur lebih cepat. Itu disebabkan karena rasa kantuk pun tiba lebih awal. Jika kita juga beristirahat lebih cepat, maka pola tidur kita akan baik. Tidur kita pun akan lebih berkualitas karena waktu istirahat kita dipakai dengan baik sesuai porsinya. Dengan begitu, tentu kesehatan tubuh dan mental kita akan semakin sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat bangun pagi lebih awal. Untuk mendapatkan manfaat di atas, kunci paling penting adalah konsistensi. Tetapkan waktu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Cobalah lakukan teratur selama seminggu dan rasakan perbedaannya!

Referensi: Sahabat Nestle | Klik Dokter | CNN Indonesia