Ragam Manfaat Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan
Ilustrasi Al-Qur'an | Foto: Muhammadiyah Ponorogo

#FutureSkillsGNFI

Amalan yang baik harus kita lakukan saat bulan Ramadan, salah satunya membaca Al-Qur'an. Adapun beberapa manfaat membaca Al-Qur'an yang perlu kamu ketahui.

Pada dasarnya, Al-Qur'an sebagai kitab umat muslim menjadi petunjuk di segala kehidupan. Saat Ramadan, semua orang berlomba-lomba untuk membacanya agar selesai sebelum ramadan berakhir. Untuk itu, berikut penulis paparkan ragam manfaat membaca Al-Qur'an.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Pahala membaca Al-Qur'an akan semakin bertambah bila bisa membaca 100 ayat. Rasulullah SAW dalam riwayat Ahmad bersabda, "Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam". Hal yang paling utama dalam membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan karena pahalanya akan Allah SWT lipatgandakan.

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan." (HR. Bukhari-Muslim).

Surah Al-Qur'an yang Bermakna Saat Bulan Ramadan

Membaca Al-Qur'an | Foto: RODNAE/PEXELS
Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Kenali Jenis dan Waktu Terbaiknya

1. Surah Al-Waqi'ah

Apabila kita ingin mendapat kelancaran urusan dan rezeki, perbanyaklah membaca surah Al-Waqi'ah sebanyak 40 hari berturut-turut. Namun, semua itu juga membutuhkan usaha dan kerja keras dari manusia itu sendiri. Ingat Goodmates, do'a tanpa usaha adalah sia-sia.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Artinya: "Barangsiapa membaca surat al-Wâqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya".

Riwayat lain dari Anas bin Malik:

عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى

Artinya: "Ajarkanlah surat Al-Waqi’ah pada perempuan-perempuan kalian. Sesungguhnya surat Al-Waqi’ah adalah surat yang membuat kaya.

Baca juga: Ragam Tradisi yang Hanya Ada Saat Ramadan

2. Surah Ar-Rahman

Pada surah ini ada satu ayat yang terulang sampai 31 kali, yaitu

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya: "Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Pada tafsir Ats Tsaqolayn, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, “Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Kemudian di Tsawabul A’mal, Rasulullah SAW juga bersabda:

"Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (riwayat oleh Imam Ja’far).

3. Surah Al-Baqarah (284-286)

Membaca Al-Qur'an | Foto: Thirdman

Dari Ibnu Abbas berkisah, bahwa Nabi Muhammad SAW ketika membaca ayat terakhir pada surah Al-Baqarah dan ayat kursi ia tersenyum, kemudian bersabda: “Sesungguhnya kedua ayat ini berasal dari perbendaharaan Tuhan Yang Maha Pemurah di bawah Arsy.”

Menurut ulama, barang siapa yang membaca surah Al-Baqarah, ia akan diberikan kecukupan dan dijauhkan dari keburukan baik di dunia maupun di akhirat. Marilah sebelum tidur atau  setidaknya dalam sehari itu, kita membaca ayat terakhir pada surah Al-Baqarah ini.

Baca juga: Nikmatnya Ilabulo, Makanan Khas Gorontalo untuk Buka Puasa

4. Baca 10 Ayat Pertama atau Terakhir Surah Al-Kahfi

Menurut para ulama, surah Al-Kahfi akan menghindarkan seseorang dari fitnah dajjal. Apabila dibaca saat bertemu dengan dajjal insya Allah tidak akan terkena sihir dajjal itu.

Sangat banyak manfaat dari surah Al-Kahfi ini, tetapi sangat dianjurkan sekali untuk menghafal 10 ayat pertama atau terakhir surah Al-Kahfi agar terhindar dari sihir dan fitnah dajjal.

"Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban).

5. Surah 1000 Dinar (At-Thalaq 2-3) 

Dari Abu Dzar pada kitab Musnad Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"يَا أَبَا ذَرٍّ، لَوْ أَنَّ النَّاسَ كُلَّهُمْ أَخَذُوا بِهَا كَفَتْهُمْ". وَقَالَ: فَجَعَلَ يَتْلُوهَا ويُرددها عَلَيَّ حَتَّى نَعَست، "

"Hai Abu Zar, seandainya semua manusia mengamalkan ayat ini yakni Surat At Thalaq ayat 2-3, niscaya mereka akan diberi kecukupan. Abu Zar melanjutkan, bahwa lalu Rasulullah Saw. membaca ayat ini berulang-ulang kepadanya hingga ia merasa mengantuk".

Selain itu, aktris Prilly Latuconsina juga sering membaca surah ini, lo. Menurut Prilly, surah ini bermanfaat dalam memberikan rezeki secara tak terduga. Baik itu dari segi rerezeki dari harta benda ataupun dari nilainya di perkuliahan.

6. Surah Al-Mulk 

Menurut HR. An Nasa'i pada laman Nadhlatul Ulama, "Barang siapa membaca "Tabarak-lazi bi yadihil-mulk" setiap malam, maka Allah Ta'ala akan menyelamatkannya dari siksa kubur."

Kesimpulannya, surah apapun yang kita baca dalam Al-Qur'an  akan memberikan kebaikan dan pahala bagi pembacanya. Dalam Al-Qur'an terdapat semua penyelesaian dan persoalan  hidup yang harus dihadapi oleh manusia. Tidak ada ayat atau-pun surah khusus yang harus dibaca. 

Penulis hanya berbagi sedikit ilmu.  Apalagi di bulan Ramadan saat ini, sangat baik untuk membaca Al-Qur'an karena 1 huruf saja akan bernilai sebagai 10 kebaikan. 

Referensi: Tirto | Harian Haluan | Liputan6