Segudang Manfaat Mengikuti Program Bootcamp, Penunjang Karier Masa Depan
Ilustrasi mengikuti bootcamp | Foto: Mars/Unsplash

Dunia teknologi informasi merupakan ranah yang mempunyai peluang karier yang begitu besar, apalagi di era industri 4.0 seperti sekarang. Untuk memperoleh keahlian di bidang ini, tentu salah satu caranya dengan menempuh pendidikan. Solusi lain yang tidak kalah menarik adalah ikut bootcamp untuk mengukir perjalanan karier.

Mengutip dari situs The Firehouse Project, bootcamp adalah sebuah program pelatihan intensif jangka pendek yang umumnya berisikan materi seputar teknologi. Misalnya programming, pengembangan web dan aplikasi mobile, data science, serta UI/UX.

Program bootcamp bertujuan untuk memberikan bekal kepada para calon profesional. Harapannya lainnya supaya mereka bisa menguasai keterampilan teknis untuk memulai dan mengembangkan karier di berbagai bidang.

Nah, apabila kamu sedang mempertimbangkan untuk mengikuti bootcamp, GoodSide sudah merangkum beragam manfaat yang akan kamu peroleh selama menjalani program satu ini.

1. Materi Tersusun Secara Spesifik

Ilustrasi cakupan materi bootcamp | Foto: Kaleidico/Unsplash

Kurikulum materi bootcamp tersusun sedemikian rupa dengan praktisi yang pastinya sangat berpengalaman. Begitu menyelesaikannya, kamu pun menjadi lebih siap ketika tiba masanya untuk terjun ke dalam karier impian.

Baca juga: Ragam Extension Google Chrome Penyelamat Hidup Mahasiswa

Waktunya yang terbilang singkat juga membuat sederet topik pembelajaran menjadi lebih padat dan spesifik. Dalam hal ini, materi memang sesuai dengan keperluan praktikal ketimbang teori, serta mempunyai fokus utama hanya terhadap materi yang peserta butuhkan.

2. Jangka Waktu Singkat

Ilustrasi jangka waktu singkat | Foto: Towfiqu Bharbuiya/Unsplash

Untuk kamu yang tidak mempunyai latar belakang pada suatu bidang tertentu, program bootcamp bisa menjadi alternatif untuk belajar lebih dalam. Berbeda dengan perkuliahan, bootcamp biasanya hanya berdurasi 3 hingga 6 bulan atau kebanyakan selama 15 minggu.

Walaupun jangka waktunya tergolong singkat, kamu tetap akan memperoleh sederet materi yang tidak kalah berbobot dengan kuliah. Materi bootcamp yang lebih padat memungkinkan peserta mendalami materi yang sama dalam waktu yang singkat.

Intinya, setiap orang pasti mempunyai tujuannya tersendiri dalam membangun jalan karier masing-masing. Apapun target tersebut, bootcamp selalu siap menyediakan materi sekaligus fasilitas untuk meningkatkan keterampilan pada bidang keahlianmu.

3. Harganya Cukup Terjangkau

Ilustrasi harga yang terjangkau | Foto: Josh Appel/Unsplash

Secara perhitungan, biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mendaftar program bootcamp tentun relatif lebih kecil dari modal kuliahmu. Harganya juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai sekian juta sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Selama Gap Year, Bikin Kamu Tetap Produktif

Biayanya yang lumayan terjangkau jelas akan sebanding dengan sederet keuntungan yang bisa kamu peroleh. Terlebih lagi, mengikuti bootcamp ibarat sebuah investasi jangka panjang. Peserta bisa langsung mempraktikkan materi di dunia kerja.

4. Kelas Bootcamp Bersifat Lebih Privat

Ilustrasi kelas bootcamp | Foto: Christina Wochintechchat/Unsplash

Jumlah peserta dalam suatu bootcamp tentu lebih sedikit ketimbang kelas kuliah. Umumnya, terdiri atas belasan hingga dua puluhan orang.

Total peserta yang terbilang sedikit ini dapat menghadirkan atmosfer pembelajaran seolah les privat sehingga materi akan mudah untuk tersampaikan. Meski begitu, tidak ada salahnya pula untuk berkenalan dengan orang baru selama program berlangsung, hitung-hitung memperluas networking.

5. Memperbesar Peluang Pengembangan Karier

Ilustrasi pengembangan karier | Foto: Razvan Chisua/Unsplash

Dunia kerja membutuhkan tenaga yang berasal dari kalangan profesional. Maka dari itu, selama menjalani bootcamp, kamu akan memperoleh berbagai bekal skill praktikal untuk mempersiapkan diri ke dunia kerja.

Biasanya, terdapat hiring partner bootcamp yang sudah siap siaga merekrut mereka yang potensial sehabis pelatihan berakhir. Kamu pun bisa memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan besar untuk mengembangkan jalan kariermu.

Baca juga: E-money dan E-wallet, Apa Perbedaannya?

Program bootcamp juga akan memberikan keleluasaan bagi peserta untuk memilih keterampilan apa yang mau ia kuasai. Semua kalangan dari segala usia bebas untuk mulai belajar kapan saja tanpa ada istilah terlambat.

6. Menambah Pengalaman Sekaligus Koneksi

Ilustrasi menambah relasi | Foto: Windows/Unsplash

Memang, standardisasi dalam karier bukanlah sebuah ukuran yang menjadi penentu seratus persen. Akan tetapi, pengalaman mengikuti bootcamp sangatlah penting untuk perkembangan karier karena akan memperkaya pengalamanmu.

Adanya pengajar yang memang sudah ahli dan profesional di bidangnya membantumu untuk belajar langsung. Tak sampai di situ, kamu bisa mendapatkan pengarahan terbaik demi memajukan kualitas skill yang kamu punya.

Jika mengikuti program bootcamp, kamu pun berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan banyak orang di luar sana. Tentunya, hal ini menjadi kesempatan emas untuk menambah relasi, baik sesama peserta, pengajar, sampai potential employer.

Referensi: Liputan 6 |  Hashmicro | Ifabula Academy