Bisa Suburkan Tanah, Micin Bermanfaat Bagi Tanaman
Manfaat micin bagi tanaman | Foto: detik.com

Tidak hanya untuk bumbu masak, ternyata micin punya manfaat lain yang bagus untuk tanaman. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini aneh, tetapi micin bisa kamu manfaatkan dalam berbagai hal yang baik bagi tanaman.

Vetsin atau banyak orang menyebutnya micin merupakan garam natrium dari asam glutamat, salah satu asam amino non-esensial paling melimpah dan terbentuk secara alami. Micin biasanya berguna untuk menambah citarasa pada masakan.

Tak banyak orang tahu, micin juga bisa kamu gunakan sebagai pupuk alami yang baik bagi tanaman. Tentu terlihat sedikit aneh, karena sebagian orang menggunakan beragam pupuk atau bahan lain untuk menyuburkan tanah.

Akan tetapi, dengan senyawa yang ada dalam micin dapat memberikan manfaat lain yang berguna untuk tanaman. Lalu, apa saja manfaat micin bagi tanaman? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Kadar Air

Manfaat micin | Foto: kabarbisnis.com

Micin berguna untuk meningkatkan kadar air. Bukan tanpa sebab, sebungkus micin atau MSG terdapat kandungan natrium yang bisa menghindari terbentuknya resistensi air sehingga tanaman terhindar dari kekurangan air.

Baca juga: Manfaat Tak Terduga Arang Aktif untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan peningkatan kandungan air, berguna bagi tanaman untuk meresap nutrisi secara optimal. Selain itu, tanaman akan tumbuh lebih produktif dan daun lebih hijau.

2. Pupuk Ramah Lingkungan

Illustrasi manfaat micin | Foto: kompas.com

Kandungan MSG dalam micin ternyata bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Meski tidak baik bagi tubuh manusia, akan tetapi berbanding terbalik bagi tanaman. Hal ini karena micin mengandung senyawa C, H, O, N, dan Na.

Senyawa tersebut adalah senyawa-senyawa yang sangat berguna bagi tanaman. Misalnya nitrogen yang bermanfaat untuk memicu perkembangan tumbuhan, baik daun, cabang, hingga batang.

Nitrogen juga bermanfaat untuk menolong pembuatan protein serta lemak yang sangat bermanfaat bagi tanaman dalam proses perkembangannya.

3. Mempermudah Pembuangan

Illustrasi manfaat micin | Foto: kompas.com

Micin juga mampu membantu untuk mempermudah pembuangan. Dengan adanya pembuangan yang banyak, akan memicu tanaman untuk menghasilkan buah yang banyak pula. Hal ini karena kandungan natrium yang terdapat dalam micin.

Baca juga: Anti Goreng! Ini Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan

Untuk penggunaannya, hal ini akan sangat efektif untuk tanaman berjenis sayuran ataupun tanaman hias, seperti cabai atau jenis bunga-bungaan.

4. Membuat Tanaman Tahan Penyakit

Illustrasi manfaat micin | Foto: sehatq.com

Kandungan natrium yang terdapat dalam micin juga bermanfaat bagi tanaman untuk tahan terhadap berbagai penyakit. Natrium bisa menggantikan kalium untuk memberi kekuatan dan daya tahan tanaman terhadap penyakit.

Kalium yang terdapat dalam micin juga bermanfaat untuk mengatur pembukaan dan penutupan stomata. Tak hanya itu, kalium juga meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Cara Mengaplikasikan Micin ke Tanaman

Illustrasi manfaat micin | Foto: jovee.id

Menggunakan micin untuk tanaman bukanlah perkara yang susah, cukup dengan beberapa cara yang mudah untuk kamu praktikkan di rumah. Pertama, kamu bisa menaburkan micin secara langsung ke media tanam tanaman agar menyerap ke akar tanaman.

Jangan terlalu banyak, cukup 1 gram atau seujung sendok teh per tanaman. Sebelum menabur, pastikan kamu membuat lubang di media tanam.

Baca juga: Peran Penting Cacing Tanah Bagi Keberlangsungan Ekosistem

Setelah itu, kamu bisa menaburkannya secara merata. Kamu juga perlu menutup kembali lubang yang sudah berisi micin. Selain dengan menaburkan micin secara langsung, kamu juga bisa dengan membuat larutan micin dengan air.

Gunakan air sekitar satu liter dan campurkan dengan 5 sampai 6 gram atau setengah sendok micin. Kemudian, aduk hingga micin dan air larut merata. Setelah larut, siramkan air pada area perakaran tanaman.

Jangan terlalu banyak, cukup setengah gelas per tanaman. Cairan itu juga bisa kamu gunakan dengan menyemprotkan pada daun tanaman secara menyeluruh, guna memberikannya nutrisi.

Nah, itu beberapa manfaat micin yang ternyata berguna untuk perkembangan tanaman. Tidak hanya untuk bumbu masak, micin kini bisa menjadi alternatif untuk kamu memberikan nutrisi pada tanaman-tamanan di rumah.

Referensi: Kompas | Tempo | Detik