Pola Makan Salah? Cari Tahu Manfaat Mindful Eating!
Ilustrasi | Foto: Freepik

Siapa yang sering merasa lapar setelah makan dengan porsi banyak? Pernahkah Goodmates ada di kondisi seperti itu? Atau, pernahkah Goodmates merasa tidak dapat lepas dari buku, ponsel, atau televisi ketika makan?

Hal seperti itu bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah pola makan sehingga tidak dapat menikmati makanan sebagaimana mestinya. Nah, berikut ada kiat pola makan yang bisa membantu Goodmates mengatasi kondisi akibat dari pola makan yang salah, loh! Caranya adalah dengan mindful eating.

Siapa yang sudah pernah dengar tentang mindful eating? Buat Goodmates yang penasaran, yuk simak artikel di bawah ini, ya.

Ilustrasi Mindful Eating | Foto: Gettyimages

Apa Mindful Eating?

Mindful eating merupakan sebuah praktik yang diambil dari ajaran Buddha Mahayana. Berdasarkan asal katanya, mindful eating berarti meditasi untuk melatih fokus dan emosi. Secara kata, mindful eating memiliki arti makan dengan penuh perhatian.

Menurut Joseph B Nelson, seorang psikolog kesehatan, mengungkapkan bahwa mindful eating merupakan sebuah pendekatan yang berfokus pada kesadaran indera dan pengalaman seseorang terhadap makanan.

Sebagaimana dengan maknanya, tujuan dari mindful eating untuk mengajak Goodmates menyadari makanan dan minuman yang masuk ke perut, bagaimana rasanya, apa saja komposisinya, bagaimana bentuk penyajiannya. Hal ini akan membantu Goodmates untuk menghargai setiap proses yang dilalui oleh makanan selama proses mengonsumsi.

Manfaat Mindful Eating

Mindful eating tidak hanya membantu Goodmates memiliki pola makan yang lebih baik, tetapi diklaim mampu berdampak baik terhadap kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat dari mindful eating bagi tubuh:

  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengurangi gangguan kecemasan
  • Mempermudah sistem kerja sistem pencernaan
  • Membantu menurunkan dan menstabilkan berat badan
  • Mempercepat rasa kenyang dengan porsi yang cukup dalam waktu yang lama

Sikap Mindful Eating

Dalam menerapkan pola makan mindful eating, Goodmates akan diajak untuk bersikap seperti:

Non-Judging

Non-judging atau sikap tidak menghakimi, membantu Goodmates untuk belajar tidak cepat dalam membuat kesimpulan mengenai makanan sebelum Goodmates mencobanya.

Patience

Kesabaran atau belajar untuk sabar. Sebuah makanan terkadang akan terasa nikmatnya setelah beberapa waktu kita mengonsumsinya. Sebagaimana rasa kopi akan terasa lebih nikmat jika Goodmates meminum secara perlahan.

Acceptance

Penerimaan atau belajar menerima hal-hal baik dalam makanan. Sikap ini menunjukkan bahwa Goodmates dapat memperhatikan hal baik dalam makanan dan menerimanya, bukan hanya rasa makanannya tetapi seluruh komponen yang membentuk makanan itu.

Letting Go

Letting go yang berarti melepaskan, di dalam mindful eating Goodmates belajar tentang melepaskan sesuatu yang terikat di dalam diri kita. Misalnya Goodmates memiliki pengalaman kurang mengenakan ketika memakan durian, ketika saat ini Goodmates ditawari untuk memakan durian lagi, sudah tidak ada lagi perasaan buruk ketika Goodmates memutuskan untuk mencoba kembali memakan durian.

Beginner’s Mind

Beginner’s mind memiliki arti terbuka dengan apapun. Bukan berarti selalu mencoba hal baru, tetapi menerapkan mindset untuk selalu menjalani segala hal seperti saat pertama kali.

Trust

Percaya terhadap pengalaman diri sendiri. Sikap ini berkaitan dengan sikap non-judging bahwa kita harus percaya bahwa cita rasa serta selera setiap makanan dan orang pasti berbeda. Rasa percaya terhadap suatu makanan akan tumbuh ketika kita sendiri yang merasakannya.

Non-Striving

Tidak berusaha, sikap ini memiliki arti untuk membiarkan semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Sikap ini mengajak Goodmates untuk belajar menikmati momen semaksimal mungkin selama proses mengonsumsi makanan.

Bagaimana Langkah Lakukan Mindful Eating?

Bagi Goodmates yang terbiasa makan dengan ditemani media hiburan seperti buku, televisi, dan ponsel tentunya menerapkan pola makan mindful eating akan terasa menantang. Tetapi, dengan niat yang diiringi dengan banyak latihan dan meditasi, tentu Goodmates akan segera terbiasa.

Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan mindful eating:

  • Menyiapkan cukup waktu untuk makan
  • Makanlah secara perlahan, ingat! Jangan terburu-buru dan nikmati makanan Goodmates.
  • Sebisa mungkin hindari hal yang mengganggu selama Goodmates makan, seperti ponsel dan televisi.
  • Fokus pada makanan dan tiap komponennya memengaruhi keadaan hati Goodmates
  • Berhenti saat Goodmates merasa kenyang.

Proses belajar menerapkan mindful eating ini mungkin akan memakan beberapa waktu hingga Goodmates terbiasa. Jadi, Goodmates tidak perlu langsung menerapkan pola makan mindful eating langsung pada setiap makan besar.

Goodmates dapat melakukan pola makan mindful eating ini pada satu kali sesi makan besar hingga Goodmates terbiasa. Ketika Goodmates sudah terbiasa, barulah terapkan pola makan mindful eating ini di setiap sesi makan besar.

Selamat mencoba!

 

Referensi: Hello Sehat | Satu Persen