3 Manfaat Konsumsi Buah Pepaya untuk Kecantikan
Ilustrasi Pepaya/Foto: Freepik

Memiliki kulit sehat tidak hanya dari sekedar menggunakan perawatan wajah saja. Tentu banyak cara lain yang Goodmates bisa lakukan selain menggunakan produk skincare, loh. Goodmates cukup rajin mengonsumsi buah saja. Buah mengandung banyak sekali manfaat yang bisa membantu kesehatan maupun kecantikan, contohnya adalah buah pepaya.

Buah pepaya, atau yang bernama latin Carica papaya adalah buah yang dipercaya memiliki segudang manfaat. Buah pepaya sendiri adalah buah yang tidak lagi asing bagi orang Indonesia karena sering dijumpai di pasaran dan supermarket. Buah ini umumnya dikenal sebagai buah yang bisa membantu melancarkan masalah buang air besar karena mengandung banyak serat dan air untuk melancarkan pencernaan.

Namun, selain dipercayai mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, buah pepaya ternyata mengandung banyak kandungan yang bagus untuk kecantikan. Dengan adanya kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah pepaya, tak heran bila buah pepaya kerap dijadikan sebagai buah yang layak untuk dikonsumsi untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Berikut adalah 3 manfaat dari buah pepaya untuk kecantikan.

Ilustrasi wajah sehat
Ilustrasi wajah sehat/Foto:Pixabay

1. Membantu Cerahkan Wajah secara Alami

Buah pepaya diketahui mengandung vitamin yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit. Buah ini memiliki vitamin c, di mana vitamin ini termasuk salah satu jenis vitamin yang baik untuk kulit dan yang sering digunakan dalam produk kecantikan. Vitamin c yang ada dalam kandungan buah pepaya juga ternyata cukup tinggi karena satu buah pepaya yang besar dapat mengandung sekitar 235 mg vitamin C, loh.

Mengutip dari laman hellosehat.com, vitamin C dipercayai sebagai vitamin yang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami karena mampu menghambat kerja melanosit, yaitu sel yang memproduksi warna gelap di kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain kandungan vitamin c, buah pepaya juga mengandung senyawa Alpha Hydroxy Acid atau AHA. Jenis kandungan AHA ini biasanya dijumpai pada produk untuk kulit atau yang biasa dikenal sebagai skincare, manfaat dari senyawa ini adalah dapat membantu merontokkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga regenerasi kulit atau pembentukan sel kulit baru bisa terbentuk lebih cepat yang akan membuat kulit terasa lebih sehat. Hal ini akan membantu untuk memberi kesan kulit lebih muda dan jauh lebih segar. Wah,ngakk usah mahal mahal beli produk yang mengandung AHA nya nih!

Ilustrasi wanita bahagia karena kulit sehat/Foto:Pexels

3. Membantu Meredakan Munculnya Jerawat

Jika mempunyai masalah akan kemunculan jerawat pada muka, ada baiknya mencoba untuk mengonsumsi pepaya sebagai penolong untuk meredakan masalah tersebut karena terdapat jenis vitamin a pada buah pepaya yang mampu menolong untuk memudarkan bekas jerawat pada muka.

Tidak hanya vitamin a, kandungan air yang ada dalam pepaya disebut mampu membantu mengecilkan jerawat dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh kemunculan jerawat  pada wajah.

Namun, khasiat dari buah pepaya yang mampu membantu soal jerawat tidak hanya sebatas itu saja, karena buah pepaya juga ternyata mengandung senyawa karpain, senyawa yang berfungsi untuk membantu mencegah munculnya jerawat.

Nah, Goodmates, berikut adalah tiga manfaat yang harus kamu tahu terkait kandungan yang ada di dalam buah pepaya yang baik untuk kulit. Jadi, mulai sekarang,jika ingin merasakan khasiat tersebut, kamu bisa membuktikan nya sendiri dengan menambahkan buah pepaya ke dalam dietmu, ya!

 

Referensi: Detik | Halodoc