Bikin Lebih Segar, Ketahui Manfaat Tanaman Indoor di Rumah
Tanaman indoor yang memiliki banyak manfaat | Foto: Annie Spratt/Unsplash

Pandemi membuat hampir segala kegiatan menjadi virtual, banyak orang merasa aktivitasnya semakin terbatas. Begitu pula beberapa hobi, biasanya hanya bisa mereka lakukan saat berada di luar rumah.

Hasilnya, sebagian orang mencoba beberapa kegiatan baru untuk mengisi waktu selama di rumah. Salah satunya seperti memelihara tanaman indoor di dalam rumah.

Ya, kini memelihara tanaman tidak hanya bisa kamu lakukan di luar rumah. Saat ini sudah banyak orang yang juga mencoba memelihara tanaman di dalam rumah.

Selain bisa menjadi hiasan tambahan di dalam rumah, memiliki tanaman indoor juga mampu menghadirkan suasana yang lebih segar.

Mnafaat Tanaman Indoor di Rumah

ilustrasi tanaman indoor yang berada di meja kerja | Foto: KATARZYNABIALASIEWICZGETTY IMAGES/Good House Keeping
Tanaman indoor yang berada di meja kerja | Foto: KATARZYNABIALASIEWICZGETTY IMAGES/Good House Keeping

Siapa yang tidak ingin rumahnya menjadi lebih cantik sekaligus memberikan hawa lebih sejuk? Dengan memelihara tanaman indoor, kamu bisa mendapatkan keduanya.

Baca juga: Kunci Sukses dalam Hidup, Simak Cara Membangun Grit

Rumah akan terasa lebih asri dan sangat cozy, cocok untuk tempat bersantai setelah seharian beraktivitas. Namun, selain kedua hal tersebut, ternyata tanaman indoor masih memiliki banyak manfaat lainnya.

Pertama, tentunya memelihara tanaman di indoor mampu memberikan udara yang lebih segar saat berada di dalam rumah. Menurut penjelasan oleh prevention, penelitian menunjukan tanaman indoor bisa membantu membersihkan udara dari racun umum dan polutan dalam ruangan.

Tanaman indoor juga bisa membantu mengurangi tingkat stres seseorang. Melansir dari Health Line, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Physiological Anthropology.

Penelitian ini menemukan bahwa tanaman yang berada di rumah atau kantor bisa membuat kamu merasa lebih nyaman dan menenangkan. Wah, cocok banget nih untuk memasang tanaman indoor di meja kerja rumah.

Selain itu, tanaman indoor yang asli (bukan yang palsu berbahan plastik) juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Bukan tanpa sebab, pasalnya pernyataan ini juga telah terbukti melalui sebuah penelitian.

Baca juga: Melihat Ragam Tradisi Minum Teh Unik dari Seluruh Dunia

Tidak hanya itu, kalau sedang work from home kamu merasa kurang bersemangat, memiliki tanaman indoor pada area kerja kamu juga bisa membantu. Beberapa penelitian menunjukkan tanaman yang berada di workspace mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

Memelihara Tanaman Indoor Bagi Pemula

ilustrasi menyiram tanaman indoor | Foto: pixabay/Riau Online
Menyiram tanaman indoor | Foto: pixabay/Riau Online

Sebagai pemula, kamu mungkin butuh beradaptasi beberapa waktu untuk memelihara tanaman indoor. Merawat tanaman indoor sebenarnya cukup beragam, menyesuaikan dengan jenis tanaman indoor yang kamu miliki.

Ada beberapa aturan praktis yang harus kamu ikuti untuk merawat tanaman indoor di rumah. Pertama, dalam merawat tanaman indoor harus tersedianya cahaya. Kebutuhan cahaya bagi tanaman indoor sangat mungkin berbeda, tergantung dengan jenis tanamannya.

Namun, umumnya tanaman indoor atau houseplants membutuhkan antara cahaya yang terang yang berasal dari jendela. Cahaya tidak langsung seperti sinar matahari, tidak langsung mengenai tanaman indoor supayatersaring oleh sesuatu seperti tirai.

Kemudian, tanaman indoor yang membutuhkan cahaya tingkat tinggi yang sangat terang. Dengan begitu, tanaman indoor yang membutuhkan cahaya setingkat medium dan rendah.

Baca juga: Brengozer, Komunitas Unik Kumpulan Pria Brewokan

Selanjutnya, tentu saja kamu memerlukan air. Umumnya, kamu hanya perlu menyirami tanaman indoor apabila bagian atas tanahnya terasa kering.

Meski begitu, jangan lupa untuk memperhatikan jenis tanaman indoor yang kamu pelihara. Beberapa jenis tanaman indoor bisa jadi butuh untuk terus menjaga kelembabannya.

Kemudian, untuk memelihara tanaman indoor kamu perlu memperhatikan fertilized yang bisa digunakan melalui air atau melalui pupuk. Terakhir, pastikan suhu yang tepat bagi tanaman indoor.

Menurut Gardening Know How, sebagian besar tanaman indoor sebenarnya merupakan jenis tanaman tropis yang tidak dapat mentolerir suhu dingin. Maka, menyimpan tanaman indoor perlu kamu lakukan pada ruangan bersuhu 18 hingga 21 derajat celcius.

Referensi: Gardening Know How | Prevention | Health Line