Masih Bingung Mix And Match Baju? Tips ini Wajib Diketahui
Memilih Pakaian | Unsplash - Amanda Vick

PENULIS: ANISA FITRI MAULIDA

Berkembangnya tren fashion saat ini membuat industri di bidang pakaian berlomba-lomba untuk membuat baju yang menarik sehingga ada begitu banyak pilihan yang bisa dicoba. Namun, apakah Kawan masih merasa bingung bagaimana cara mix and match baju agar terlihat lebih fashionable

Atau mungkin Kawan sudah mulai mencoba untuk mix and match baju tapi takut tidak sesuai dengan ekspetasi? Tips ini wajib Kawan ketahui, berikut adalah tipsnya:

 

Untuk Kawan yang bertubuh mungil, gunakan sabuk

Sabuk untuk Fashion | Unsplash - Tamara Bellis
Sabuk untuk Fashion | Unsplash - Tamara Bellis

Mencari baju yang tepat untuk orang bertubuh mungil memang cukup riskan, dikarenakan salah berpakaian saja dapat mengakibatkan orang bertubuh mungil menjadi tenggelam, atau bahkan terlihat semakin berisi.

Dilansir dari stylo.id, Fashion Designer Restu Anggraini merekomendasikan untuk menggunakan sabuk. Terlebih lagi jika akan menggunakan pakaian terusan panjang seperti tunik, adanya sabuk dapat membuat ilusi pada bagian pinggang ke bawah akan terlihat lebih tinggi.

Ingin terlihat lebih berisi? Gunakan baju dengan motif besar

Oversized Sweater | Brilio
Oversized Sweater | Brilio

Teruntuk Kawan yang memiliki tubuh yang kurus, memilih beberapa fashion item memang harus diperhatikan. Namun tidak perlu risau, setelah ini Kawan dapat membeli baju yang sesuai dengan tubuh Kawan sekarang ini.

Baju dengan motif besar adalah baju yang sekarang ini dibutuhkan oleh Kawan agar terlihat lebih berisi. Dilansir dari haigadis, pakaian dengan motif besar akan menyamarkan bentuk tubuh. Tidak hanya bermotif besar, Kawan juga bisa mencari pakaian dengan motif yang lebih ramai. 

Sebisa mungkin, hindari pakaian dengan motif polos. Jika memang Kawan belum memiliki pakaian dengan motif yang ramai atau besar, Kawan juga bisa menambahkan lebih banyak aksesoris agar fokus dari pakaian polos tersebut teralihkan.

Kemeja untuk acara formal saja? Sekarang tidak lagi

Kemeja Untuk Acara Non Formal | The Manual
Kemeja Untuk Acara Non Formal | The Manual

Bagi kawan yang senang menggunakan kemeja atau hanya memiliki kemeja di dalam lemari pakaiannya, jangan risau. Sebab kemeja saat ini tidak hanya digunakan untuk acara formal saja melainkan untuk acara-acara non formal. Bahkan untuk nongkrong juga bisa lho!

Untuk acara non-formal, Kawan bisa menggunakan kemeja sebagai outer dengan dalaman kaos berwarna polos tanpa motif. Menggunakan kemeja sebagai outer bisa membuat penampilan Kawan terlihat stylish dan juga terlihat seperti anak muda hits zaman sekarang.

Masih dengan kemeja sebagai outer, Kawan juga bisa menggunakan turtle neck untuk penampilan yang tetap kasual namun terlihat lebih mewah lho! Penampilan seperti ini bisa Kawan gunakan untuk acara semi-formal.

Kaos untuk tampilan lebih formal

Kaos untuk Acara Formal | MLDSPOT
Kaos untuk Acara Formal | MLDSPOT

Kaos biasa digambarkan sebagai pakaian yang bisa digunakan untuk acara non-formal. Namun di zaman sekarang, kaos juga bisa digunakan untuk acara seperti ke undangan, meeting dengan klien, dan juga acara formal lainnya.

Hal yang perlu Kawan ingat adalah kaos terlihat formal jika digunakan dengan outfit formal lainnya. Sebagai contoh, Kawan bisa menggunakan kaos dengan blazer dengan warna gelap agar terlihat lebih mewah dan juga berwibawa. Usahakan kaos yang dikenakan adalah kaos polos.

Bagaimana dengan bagian celana? Kawan bisa menggunakan celana kain atau pansuit, dan untuk perempuan bisa menggunakan rok span dengan warna yang lebih kalem untuk memperlihatkan sisi elegan namun juga simple. 

Rok Plisket untuk segala acara

Rok Plisket | HIJUP
Rok Plisket | HIJUP

Saat ini, tren rok plisket sedang digandrungi oleh para wanita. Bahkan menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki karena rok ini bisa dipadu-padan dalam segala kondisi. Apakah Kawan menjadi salah satu yang wajib memiliki rok plisket?

Untuk mix and match rok plisket bukanlah hal yang sulit, sebab rok plisket biasa digunakan dengan kemeja, sweater, bahkan pakaian formal seperti tunik dan blazer sekalipun.

Lantas apa yang harus diperhatikan? Yang perlu diperhatikan adalah warna. Untuk Kawan yang menginginkan look yang teduh, warna-warna nude dapat Kawan gunakan.

Namun sebaliknya, kalau Kawan ingin tampil berani, Kawan bisa menggunakan warna yang lebih cerah seperti warna merah, kuning, oranye, dan warna-warna cerah lainnya.

Celana jeans untuk tampilan yang lebih hype

Celana Jeans | Unplash - Freestocks
Celana Jeans | Unplash - Freestocks

Celana jeans adalah celana yang hampir semua orang memilikinya. Namun tidak banyak orang sadar bahwasannya ada begitu banyak jenis celana jeans yang berdampak pada penampilan.

Dilansir dari Cosmopolitan ada delapan jenis jeans yang dapat Kawan temui, yaitu Skinny Jeans, Straight Jeans, High Waist Jeans, Cropped Wide-leg Jeans, Boyfriend Jeans, Flared Jeans, dan Distressed Jeans.

Sementara untuk pria, dilansir dari Kumparan ada Straight Fit, Slim Fit, Loose Fit, Skinny Fit, Tapered Fit, Mid Rise, dan Low Rise.

Cara untuk mix and match celana jeans bergantung pada bentuk tubuh dan tampilan yang diinginkan oleh Kawan. Untuk Kawan yang memiliki kaki yang lebih pendek dan ingin terlihat lebih tinggi, Kawan bisa menggunakan celana jeans dengan model lebih longgar seperti Boyfriend Jeans dan Wide-leg Jeans atau yang biasa disebut kulot. 

Untuk pria, Kawan bisa menggunakan Loose Jeans dan Mid Rise.

Sementara untuk Kawan yang ingin menonjolkan kaki yang jenjang, Kawan bisa menggunakan Skinny Jeans dan juga Flared Jeans.

Untuk Pria, bisa menggunakan Slim Fit, Tapered Fit, dan Low Rise.

Lalu outfit apa yang dapat digunakan bersama celana jeans? Sama seperti rok plisket, celana jeans dapat digunakan oleh banyak fashion item. Namun kawan harus memperhatikan jenis celana Kawan agar tidak membuat ilusi tubuh yang kurang baik.

 

Bagaimana tipsnya, kawan? Semoga dengan keenam tips yang telah dituliskan, Kawan sudah tidak lagi bingung dan bahkan dapat membuat tren baru yang tidak kalah dengan tren-tren yang berkembang saat ini. Selamat berkreasi, Kawan!

Referensi: Stylo.id | Hai Gadis | Cosmopolitan | Kumparan