Penuh Nostalgia, Tayangan Jepang Masquerade Kini Tayang di Netflix
Salah satu pertunjukan dari acara kompetisi asal Jepang, Masquerade | Foto: tangkapan layar pribadi/Youtube Masquerade

Untuk Goodmates yang merupakan anak 90-an atau 2000-an pasti sudah tidak asing lagi dengan tayangan asal negeri Sakura satu ini. Siapa yang masih ingat tayangan legendaris Masquerade? Acara televisi dari Jepang ini sekarang bisa kamu nikmati di Netflix.

Sempat mewarnai tayangan televisi di Indonesia pada tahun 2000-an, Masquerade berhasil memiliki cukup banyak penggemar. Kamu mungkin masih ingat dengan pertunjukan-pertunjukannya yang unik, kreatif, dan sangat menghibur. Tidak lupa juga tampilan panggungnya yang khas dengan lampu indikator untuk menunjukan skor dari setiap penampilan.

Kabar baik, acara televisi Masquerade telah ditayangkan pada platform streaming online Netflix sejak Maret 2022. Pada season 1 ini, Netflix menyajikan 11 episode dari tayangan Masquerade mulai tahun 80-an. Siap-siap nostalgia, ya, Goodmates!

Nostalgia Bersama Masquerade Jepang

salah satu pertunjukan di tayangan Masquerade. | Foto: tangkapan layar pribadi/Youtube Masquerade
Salah satu pertunjukan di tayangan Masquerade | Foto: tangkapan layar pribadi/Youtube Masquerade

Bagi Goodmates yang belum tahu apa itu acara Masquerade, acara ini juga dikenal dengan nama Kasou Taishou dalam bahasa Jepang. Dikutip dari Hypeabis.id, Masquerade merupakan ajang kompetisi yang pertama kali diadakan pada tahun 1979 dan diproduksi oleh NTVJapan.

Acara televisi yang dipandu oleh komedian Kinichi Hagimoto ini memang mengusung konsep yang unik sehingga menjadikannya sebagai salah satu acara televisi paling populer di Jepang.

Dalam kompetisi ini, peserta boleh tampil secara berkelompok atau perorangan. Usia pesertanya beragam, mulai dari anak-anak hingga lansia. Para peserta akan berlomba-lomba untuk membuat para juri dan penonton terkesan dengan menunjukan penampilan yang paling tidak terduga.

Mulai dari menirukan bayangan di air, menjadi mesin cuci, menjadi kereta, hingga menjadi telur ceplok mata sapi juga pernah ditayangkan. Wah, kreatif-kreatif banget, ya? Ide yang out of box inilah yang menjadi daya tarik sendiri bagi penonton. Semakin unik idenya, semakin menghibur.

Setiap pertunjukan nantinya akan dinilai oleh para juri kemudian diberikan skor sebagai bentuk penilaian. Peserta yang mencapai minimal hingga 15 skor akan lolos ke babak selanjutnya.

Tentunya, agar bisa memberikan pertunjukan yang maksimal dan memenangkan hati para juri juga menghibur para penonton, persiapan pertunjukan dari setiap peserta harus sangat matang. Bukan hal yang mudah, Dibutuhkan kreativitas tingkat tinggi dan latihan yang maksimal agar tidak ada kesalahan.

Mulai dari mencari dan menyusun ide sketsa, menentukan dan berlatih koreografi, mendesain dan membuat kostum, merias diri sesuai dengan tema pertunjukan, persiapan properti dan elemen pendukung lainnya seperti musik pengiring.

Seperti ajang kompetisi pada umumnya, tentunya para peserta saling berlomba untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Hadiah yang ditawarkan adalah medali dan sejumlah uang dengan hadiah utamanya sebesar 1 juta yen atau setara dengan Rp125.091.430,20,- jika dirupiahkan ke dalam mata uang Indonesia.

Masquerade Ada di Youtube pula

Selain di platform streaming online Netflix, kamu juga dapat menikmati episode Masquerade lainnya melalui platform Youtube pada channel official dari Masquerade yang ditulis dalam bahasa Jepang “仮装大賞公式チャンネル”. Jika daalam bahasa Indonesia memiliki terjemahan Saluran Resmi Penghargaan Masquerade.

Acara Masquerade yang ringan dan menghibur sekaligus bisa membangkitkan sisi kreativitas kamu sangat cocok ditonton baik bersama keluarga, teman-teman ataupun saat sendirian. Entah sedang menghabiskan akhir pekan atau mengisi waktu luang selepas pulang beraktivitas, Masquerade siap menyuguhkan pertunjukan-pertunjukannya yang mengundang gelak tawa.

Referensi: Kompas | Hypeabis.id | Netflix | Youtube Masquerade