Masuk Top 10 World University Rankings 2022, Inilah 5 Kampus Terbaik Amerika Serikat
Ilustrasi Amerika Serikat. | Sumber: Patrick Tomasso/Unsplash

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” pernah mendengar kalimat tersebut? Berbicara mengenai pendidikan, siapa yang tak ingin menuntut ilmu di sekolah terbaik? Baru-baru ini situs Top Universities merilis The World’s Top 100 Universities yang diadakan oleh QS World University Rankings dengan update terakhir pada 5 Desember 2021 lalu.

Bagi Kawan yang belum tahu, QS (Quacquarelli Symonds) adalah penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global. Portofolio QS World University Rankings yang diresmikan sejak tahun 2004, terus berkembang hingga menjadi sumber data komparatif yang paling populer di dunia tentang kinerja universitas.

Melansir dari Top Universities, terdapat beberapa kriteria yang dijadikan dasar untuk menilai universitas di seluruh dunia, daftar kriteria ini diperbarui terakhir pada 18 April 2021 lalu. Di antaranya,

  • Penelitian

Indikator ini mempertimbangkan kualitas penelitian di kalangan akademisi, produktivitas seperti seberapa banyak jumlah makalah yang diterbitkan, seberapa banyak hasil makalah tersebut dikutip, dan penghargaan yang didapatkan.

  • Pengajaran

Indikator pada kualitas pengajaran dikumpulkan dari feedback penilaian oleh siswa melalui survei siswa nasional, rasio pendidikan lanjutan dan rasio mahasiswa dengan fakultas.

  • Perkembangan Akademik

Indikator ini merupakan alternatif dari indikator penelitian. Pada indikator ini akan melihat upaya institusi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa di luar kelas. Seperti jumlah jam kerja fakultas yang didedikasikan fakultas akademik setiap minggu bagi siswa untuk mendiskusikan tugas.

  • Kemampuan kerja

Indikator ini melihat tingkat kelayakan kerja lulusan yang lebih dari sekadar kekuatan akademis tetapi fokus pada kesiapan kerja. Penilaiannya dilihat dari survei pemberi kerja, tingkat pekerjaan dari lulusan kampus dan dukungan layanan karir. 

  • Internasionalisasi

Indikator ini melihat proporsi siswa dan staf internasional pada suatu universitas. Jumlah siswa pertukaran yang datang dan pergi, jumlah kebangsaan yang diwakili dalam badan kemahasiswaan, jumlah dan kekuatan kemitraan internasional dengan universitas lain dan keberadaan fasilitas keagamaan.

  • Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki kampus dapat menjadi salah satu penunjang kebutuhan mahasiswa selama mengenyam pendidikan. Indikator ini menilai fasilitas yang dimiliki kampus seperti tempat olahraga, IT, perpustakaan dan fasilitas medis.

  • Pembelajaran Jarak Jauh

Indikator ini menilai layanan dan teknologi yang digunakan mahasiswa dan komitmen universitas terhadap pembelajaran online.

  • Tanggung Jawab Sosial

Indikator ini menilai seberapa besar keseriusan universitas menjalankan kewajibannya terhadap masyarakat di sekitar kampus. Penilaian ini melihat seberapa besar peran kampus dalam pengembangan sumber daya manusia dan lingkungan di sekitar kampus.

  • Inovasi

Indikator ini menilai output dari setiap kegiatan dan temuan universitas terhadap ekonomi, masyarakat dan budaya.

  • Seni & Budaya

Penilaian pada indikator ini melihat dari jumlah pameran seni dan konser yang diselenggarakan, jumlah penghargaan budaya hingga investasi budaya.

  • Inklusivitas

Indikator ini melihat aksesibilitas mahasiswa terhadap beasiswa, akses terhadap penyandang disabilitas, keseimbangan gender dan jangkauan terhadap yang berpenghasilan rendah.

  • Kriteria Spesialis

Indikator ini akan menilai kampus berdasarkan spesialisasi yang dimilikinya.

Dari 100 kampus, 5 kampus Amerika Serikat ini tempati posisi top 10

Massachusetts Institute of Technology (MIT) menjadi universitas terbaik di dunia selama sepuluh tahun berturut-turut. | Sumber: Detik/MIT
Massachusetts Institute of Technology (MIT) menjadi universitas terbaik di dunia selama sepuluh tahun berturut-turut. | Sumber: Detik/MIT

Pada QS World University Rankings edisi 2022 kali ini diikuti oleh 1,029 universitas di seluruh dunia. Di antara top 100 yang dirilis pada (5/12) lalu, sepuluh besar di antaranya ditempati oleh kampus-kampus yang berlokasi di Amerika Serikat. Dikutip dari situs resminya, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menduduki peringkat pertama dan menjadi universitas terbaik di dunia selama sepuluh tahun berturut-turut.

Posisi ini kemudian disusul oleh Stanford University yang menduduki peringkat ke-3 bersamaan dengan University of Cambridge yang berlokasi di United Kingdom. Pada posisi kelima dan keenam terdapat Harvard University dan California Institute of Technology (Caltech). Kemudian, menutup posisi top 10 diisi oleh University of Chicago.

Referensi: Top Universities | Okezone | Top Universities | Kampus Yuk