Mau Cerita Tanpa Khawatir Oversharing? Lakukan 3 Cara Berikut
Sharing Cerita | Unsplash - Priscilla Du

Penulis: Anisa Fitri Maulida

'Dunia ini Panggung Sandiwara'

Sebagian dari kita mungkin tidak asing dengan penggalan kata di atas, penggalan kata tersebut merupakan sebuah lirik lagu yang diterbitkan oleh penyanyi lawas bernama Ahmad Albar. Menggambarkan tentang bagaimana dunia yang memiliki banyak cerita seperti halnya panggung sandiwara.

Sama halnya seperti saat menjalankan hidup, di setiap harinya mungkin kita akan dihadapkan oleh peristiwa yang mengaduk perasaan. Dari perasaan yang gembira bisa semakin gembira, dari sedih bisa semakin sedih, atau bahkan dari gembira bisa menjadi sedih, dan juga sebaliknya.

Tak jarang juga peristiwa yang terjadi melihatkan perasaan yang mendalam hingga tak sadar membuat kita ingin mencurahkannya kepada orang lain. Ayo siapa diantara Kawan yang suka tidak sengaja curcol ke orang terdekatnya? Setelah tak sengaja curcol, malah merasa menyesal karena dirasa oversharing. 

Don't worries, Kawan! Mencurahkan isi hati atau bercerita mengenai peristiwa yang terjadi merupakan hal yang normal kok! Karena tidak semua orang memiliki kapasitas untuk terus menahan semua cerita yang telah kita lalui.

Maklum, kita diciptakan tidak sempurna dan juga manusia merupakan makhluk sosial yang dimana tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Namun jika Kawan masih merasa takut membebani orang lain, atau takut terlalu overshare, jangan khawatir juga! Goodside punya solusi untuk Kawan.

Menulis Jurnal

Menulis Jurnal | Unsplash - David Iskander
Menulis Jurnal | Unsplash - David Iskander

Dear diary, siapa nih diantara Kawan yang masih senang menulis diari atau jurnal? Selain memberikan efek lega karena telah mencurahkan isi hati ke dalam tulisan, menulis diari atau jurnal sendiri memberikan efek positif pada kesehatan mental lho. Salah satunya adalah mengurangi efek stress yang menjadi musuh bagi mental manusia.

Selain itu, Kawan juga bisa melatih kemampuan menulis juga. Siapa tahu kelak Kawan disini bisa menjadi penulis terkenal, karena tidak jarang juga seorang menulis mengawali karirnya dari tulisan-tulisan mengenai curhatan hati, ataupun peristiwa yang dialaminya. 

Menggunakan Layanan Menfess

Layanan Menfess | Quora
Layanan Menfess | Quora

Bagi sobat milenial terutama yang menggunakan media sosial Twitter, mungkin kata 'menfess' sudah tidak lagi asing. Mention Confess atau yang biasa disebut menfess merupakan salah satu fasilitas yang saat ini ditawarkan oleh banyak base untuk bertanya, dan juga untuk bercerita.

Jangan khawatir mengenai keberadaan menfess ini karena hampir seluruh base yang menawarkan jasa menfess ini merahasiakan identitas si pengirim, namun Kawan juga harus bisa mematuhi peraturan yang telah diberikan untuk kenyamanan semua.

Bercerita dengan Stranger 

Berbicara dengan Stranger | Unsplash - Lucas Law
Berbicara dengan Stranger | Unsplash - Lucas Law

Alih-alih merasa takut, saat ini banyak dari orang yang mengaku bahwasannya bercerita dengan orang asing atau stranger terasa lebih efektif, hal tersebut disebabkan stranger tidak mengenal kita sehingga dapat memberikan saran yang lebih netral. Apakah Kawan juga berpikiran hal yang sama?

Namun untuk saran yang satu ini, Kawan harus mengetahui bahwasannya ada batasan yang harus Kawan pahami saat berbicara dengan orang asing. Sebab kita sendiri tidak tahu bagaimana orang asing tersebut.

Pastikan juga Kawan untuk tidak terlalu banyak memberikan informasi detail seperti nomor penting, identitas secara detail, dan lainnya. 

Untuk berbicara dengan stranger atau orang asing, saat ini ada begitu banyak aplikasi yang memberikan Kawan ruang untuk berbicara dengan orang-orang di dalam bahkan di luar negeri sekalipun. Tidak hanya mendapat teman untuk bercerita, Kawan juga dapat memulai pertemanan dari aplikasi-aplikasi seperti ini lho. Menyenangkan bukan?

Bagaimana Kawan, apakah sudah mulai terpikirkan untuk mencoba salah satunya, atau bahkan ketiganya? Kira-kira cara mana yang paling Kawan suka? Jangan lupa untuk share pengalamannya, ya!