Mau kuliah di Jepang? Simak Beasiswa S1, S2, S3 Jepang yang Bisa Dicoba
Jepang | Foto: Colton Jones/Unsplash

Konnichiwa! Siapa di antara Goodmates yang tidak tahu negara Jepang? Negara kepulauan di kawasan Asia Timur ini mempunyai segudang teknologi yang mumpuni. Jepang menjadi salah satu negara yang difavoritkan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan, salah satunya dengan beasiswa.

Tidak hanya kualitas pendidikan dan sumber daya manusia yang unggul, negeri Sakura itu juga dikenal akan kulinernya yang lezat dan pemandangan alam yang menakjubkan. Buat Goodmates yang tertarik untuk melanjutkan studi di Jepang, ada kabar gembira, nih!

Kuliah di Jepang secara gratis bukan sesuatu yang mustahil, lo. Sebab, banyak sekali beasiswa S1, S2, dan S3 yang ditawarkan untuk ke sana. Simak penjelasannya, ya. Untuk itu, GoodSide sudah rangkum beberapa beasiswa yang bisa kamu coba. Berikut daftar beasiswa di Jepang.

Ilustrasi Jepang | Foto: Tomáš Malík/Pexels

Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT)

Monbukagakusho merupakan program beasiswa penuh yang diselenggarkaan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang (MEXT). Beasiswa yang satu ini dibuka setiap tahun melalui Kedutaan Besar Pemerintah Jepang yang ada di masing-masing negara.

Berdasarkan laman resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, beasiswa ini memiliki beberapa bentuk. Di antaranya Undergraduate untuk jenjang S1, College of Technology dan Professional Training College untuk D2 dan D3, Research Student untuk S2 dan S3, Japanese Studies untuk mahasiswa jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang, serta Teacher Training untuk guru.

Setiap program mempunyai durasinya tersendiri. Untuk jenjang D2, D3, serta S1, masa studi yang akan ditempuh, yaitu 3 sampai 5 tahun, tergantung program yang dipilih. Untuk pascasarjana, maksimal waktu studi adalah 2 tahun.

Adapun program mahasiswa sastra memakan durasi 1 tahun dan guru 1,5 tahun. Durasi tersebut sudah termasuk masa sekolah bahasa Jepang di Tokyo selama 6 bulan atau 1 tahun.

Beasiswa MEXT menjadi beasiswa yang paling dicari, lo. Selain tidak adanya ikatan dinas, cakupan pembiayaannya juga menyeluruh, meliputi biaya perkuliahan penuh, tunjangan hidup, tiket pesawat, visa, plus biaya ujian masuk dan pendaftaran yang gratis. Untuk informasi beasiswa Monbukagakusho selengkapnya kunjungi Beasiswa MEXT.

Beasiswa Mitsui Bussan

Berbeda dengan Monbukagakusho yang ditawarkan pemerintah, Mitsui Bussan Scholarship merupakan program beasiswa penuh dari perusahaan swasta Jepang, Mitsui & Co. Ltd. Program ini dikelola oleh yayasan nirlaba di bawah persetujuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang (MEXT).

Beasiswa Mitsui Bussan tidak hanya menanggung biaya perkuliahan dari awal, tetapi juga menyediakan tunjangan hidup bulanan, subsidi tempat tinggal, tiket pesawat, sampai asuransi kesehatan. Lengkap sekali, bukan?

Total jangka waktu dari beasiswa ini adalah 5,5 tahun, dengan rincian 1,5 tahun studi bahasa Jepang di Tokyo dan 4 tahun masa perkuliahan S1 di universitas. Sebelum berangkat, umumnya para penerima beasiswa juga akan memperoleh program pengenalan bahasa Jepang selama 2 bulan di Indonesia.

Proses pendaftaran beasiswa Mitsui Bussan dibuka sepenuhnya secara online lewat situs resmi Mitsui Bussan Scholarship.

Beasiswa Organisasi Layanan Mahasiswa Jepang (JASSO)

JASSO (Japan Student Services Organization) adalah organisasi independen penyedia layanan dan informasi akademis bagi mahasiswa yang akan kuliah di Jepang, atau mahasiswa Jepang yang akan melanjutkan studi ke negara lain.

Beasiswa JASSO mempunyai berbagai macam program dengan persyaratan yang berbeda-beda tergantung institusi yang memberikannya. Di samping itu, persyaratan juga disesuaikan dengan jenjang studi, seperti S1, pascasarjana, diploma (D2 dan D3), serta studi jangka pendek (short-term). Apabila tertarik, silakan kunjungi situs resmi milik JASSO.

Nah, itulah beberapa rekomendasi beasiswa S1, S2, dan S3 Jepang yang bisa kamu coba. Persiapkan diri sebaik mungkin, ya. Selamat mencoba dan semoga beruntung, ya!

Referensi: INDBeasiswa | Embassy of Japan in Indonesia | JASSO | Mitsui Bussan Scholarship