Mau Lanjut Kuliah ke Luar Negeri? Ini Daftar Beasiswa S2 yang Akan Dibuka Tahun 2022/2023
Stanford University | Unsplash/Jeremy Bezanger

Bagi Kawan yang sudah berhasil menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar sarjana, selamat ya! Apakah di antara Kawan ada yang berminat untuk lanjut kuliah? Jika ya, rencananya, ingin kuliah di dalam atau luar negeri?

Jika Kawan tertarik untuk studi pascasarjana di luar negeri, berbahagialah karena banyak sekali penawaran beasiswa yang dapat Kawan coba. Ada yang membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai dari sekali dalam setahun, hingga beberapa kali dalam setahun.

Namun, sambil mengecek beasiswa kuliah S2 yang tersedia, jangan lupa untuk fokus dengan jurusan dan kampus idaman Kawan, ya. Usahakan agar Kawan benar-benar memilih beasiswa yang sesuai keinginan, tidak hanya sekedar “dimana saja asal kuliah di luar negeri”. 

Lalu, beasiswa S2 ke luar negeri apa saja yang kemungkinan dibuka pada tahun 2022/2023?

Program Beasiswa Pascasarjana

University of Oklahama, USA | Unsplash/Michael

 

Beasiswa S2 Fulbright

Program Fulbright Scholarship merupakan program yang setiap tahun ditawarkan pemerintah Amerika Serikat kepada warga Indonesia. Kawan bisa mencoba beasiswa ini untuk lanjut kuliah S2 (Fulbright Master’s Degree Program) atau S3 (Fulbright PhD Degree Program) di berbagai universitas di Amerika dengan beasiswa penuh. 

Beasiswa S2 Fulbright dapat digunakan untuk studi lanjutan atau penelitian berbagai bidang, kecuali kedokteran yang berkaitan dengan merawat pasien. Jadi, Kawan bisa mengajukan proposal di bidang humaniora, ilmu sosial, seni, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), dan kesehatan. 

Biasanya pendaftaran beasiswa ini ditutup pada bulan Februari. Wah, sebentar lagi ya? Untuk informasi lebih lanjut, Kawan bisa cek di sini (Fulbright Scholarships for Indonesians (aminef.or.id)

Beasiswa S2 Chevening

Beasiswa S2 Chevening adalah beasiswa penuh dari pemerintah Inggris bagi kandidat internasional, termasuk Indonesia, yang berminat kuliah satu tahun di universitas-universitas Inggris. Selain tanggungan biaya kuliah, penerima beasiswa juga akan mendapat tiket transportasi, tunjangan hidup, uang saku bulanan, dan lain-lain. 

Beberapa program studi yang ditawarkan di antaranya biologi, pendidikan, MBA, keuangan, manajemen, bisnis, teknik, dan masih banyak lagi. Kandidat bisa memilih tiga program studi yang tersedia, asal programnya bersifat full-time, Taught master’s, dimulai pada musim gugur (biasanya September/Oktober), dan ditujukan untuk gelar Master. 

Pilihan universitasnya juga sangat beragam, seperti University of Nottingham, University of Cambridge, University of Bristol, University of Oxford, dan lain-lain. Biasanya, pendaftaran dibuka dari September hingga November. Jadi, persiapkan diri Kawan untuk tahun depan ya, dan lihat informasi lengkapnya di sini! (Scholarships | Chevening)

Beasiswa S2 Research Students oleh Monbukagakusho

Tak hanya beasiswa S1, beasiswa Monbukagakusho juga tersedia untuk studi S2. Beasiswa ini diberikan untuk peserta yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai mahasiswa peneliti (research students). 

Dalam program beasiswa Research Students, mahasiswa peneliti akan berada di bawah bimbingan profesor di Jepang yang melakukan penelitian sesuai bidangnya masing-masing. Tujuan program ini memang untuk mempersiapkan mahasiswa asing agar memiliki standar dan kualitas kemampuan penelitian yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. 

Beasiswa ini juga memberikan biaya penuh termasuk untuk biaya hidup bagi kandidat yang terpilih. Biasanya, pendaftaran beasiswa Research Students dibuka bulan April-Mei. Jangan sampai ketinggalan, cek informasi lengkap terkait persyaratan dan lainnya di sini! https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2022.html

Beasiswa S2 Eiffel Excellence Program Prancis

Bagi Kawan yang bermimpi untuk sekolah di negara pusat mode dunia, ada kesempatan menarik! Beasiswa Eiffel Excellence Program ditawarkan pemerintah Prancis bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, untuk kuliah S2 dan S3 di sini. 

Bidang studi yang ditawarkan sangat beragam. Di antaranya hukum, ekonomi dan manajemen, teknik (tingkat S2) atau sains (tingkat PhD) seperti Mathematics, Physics, Nano-and Biotechnology, Earth Sciences, Space Sciences, Environmental Sciences, Information and Communication Sciences and Technologies, dan ilmu politik. 

Biaya perkuliahan (tuition fee) memang tidak dicover oleh Eiffel Scholarship, namun penerima beasiswa dari pemerintah Prancis yang mendaftar di universitas negeri akan dibebaskan biaya perkuliahan. Jadi, Kawan mendaftarkan diri terlebih dahulu di program studi dan universitas yang dipilih. Setelah diterima dan mendapat surat penerimaan (Letter of Acceptance/LoA), baru Kawan bisa meminta pihak universitas untuk diajukan sebagai peserta beasiswa Eiffel. 

Biasanya, batas waktu pengajuan beasiswa oleh universitas-universitas di Prancis ke pihak Campus France adalah sebelum bulan Januari. Artinya, Kawan harus mendaftar dan diterima oleh universitas yang dituju jauh sebelum bulan tersebut, dan meminta untuk disertakan dalam program beasiswa. Informasi lebih lanjutnya bisa cek di sini www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

Beasiswa S2 KAIST Korea Program

Program internasional Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) membuka penawaran beasiswa penuh S2 dan beasiswa S3 bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi master (MS) maupun doktoral (PhD). 

Sesuai dengan namanya, sebagian besar program studi yang disediakan adalah di bidang sains dan teknologi, meski ada juga beberapa jurusan bisnis. Di antaranya bidang Natural Science (Chemistry, Mathematical Sciences), Life Science and Bioengineering, Engineering (Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, The Robotics Program, Liberal Arts and Convergence Science, dan Business (Techno-MBA, Finance-MBA). 

Untuk pendaftaran 2022 Fall Submission, registrasi dapat dilakukan selama bulan Desember, dan pengiriman berkas ditutup pada awal Januari 2022. Untuk ketentuan lebih lengkap dapat Kawan cek di sini ya In'tl Grad. Admission | KAIST

Beasiswa S2 New Zealand Scholarship (NZS)

Beasiswa NZS dibuka bagi peserta yang tertarik untuk mendapatkan kesempatan full scholarship setelah menyelesaikan sarjana. Program yang dapat dipilih di antaranya postgraduate certificate (6 bulan), postgraduate diploma (1 tahun), master (1 - 2 tahun), dan PhD (hingga 3,5 tahun).

Berbeda dari beasiswa luar negeri kebanyakan, Kawan bisa mendaftar meski belum memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Namun, Kawan akan diminta untuk tes IELTS setelah masuk pemeringkatan dan ikut seleksi wawancara. Perwakilan di Indonesia dari pihak NZS akan menghubungi dan mengatur tes IELTS untuk peserta di waktu dan lokasi yang disepakati. Menariknya, untuk pelamar Indonesia, biaya tes IELTS akan ditanggung oleh penyedia beasiswa.

Beasiswa NZS memberi beberapa prioritas untuk kategori pelamar tertentu. Pertama, pelamar menunjukkan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan, dan komitmen untuk membangun negaranya. Lalu, prioritas bagi pelamar dari kawasan Indonesia Timur seperti NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Serta prioritas bagi pelamar yang mendaftar pada program studi terkait Climate Change and the Environment, Disaster Risk Management, Food Security and Agriculture, Renewable Energy, dan Good Governance.

Pilihan universitasnya sangat beragam, di antaranya Auckland University of Technology, Lincoln University, University of Auckland, University of Canterbury, dan masih banyak lagi. Jika Kawan berminat, bisa cek informasi lengkapnya di sini Home | New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade (mfat.govt.nz)

Dari beberapa informasi beasiswa S2 ke luar negeri di atas, Kawan tertarik untuk mendaftar ke mana nih? 

Jangan khawatir, banyak sekali pilihan beasiswa dengan berbagai program studi dan universitas dari berbagai negara. Kuncinya adalah rajin-rajin mencari dan persiapkan diri Kawan untuk mendaftar, ya!

Referensi:

Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri 2022 – 2023 - Beasiswa Pascasarjana

Beasiswa Eiffel 2021 Kuliah S2 - S3 di Prancis • INDBeasiswa

Beasiswa Research Students 2022 di Jepang oleh Monbukagakusho untuk Lulusan D4, S1, S2 • INDBeasiswa

Beasiswa KAIST Korea Program S2 dan S3 Full 2021 – 2022 - Beasiswa Pascasarjana

Beasiswa Fulbright 2021 untuk Kuliah S2 - S3 di USA FULL Scholarship • INDBeasiswa