Mau Ningkatin Skill? Ini 5 Web dan Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Patut Dicoba
Meningkatkan skill dan pengetahuan dari rumah | Unsplash/@Avel Chuklanov

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat, membuat Kawan sebagai generasi muda harus memiliki kemampuan diri yang mumpuni. Zaman juga terus menjadi semakin canggih, sehingga setiap orang berlomba-lomba meningkatkan kapasitas dirinya. 

Lalu, bagaimana cara mudah agar Kawan bisa mengembangkan kemampuan diri? 

Kawan dapat meningkatkan diri dengan belajar banyak hal dari rumah. Tak hanya kursus online berbayar, Kawan juga bisa memperoleh akses belajar gratis dari berbagai aplikasi. 

Nah, apakah Kawan tahu, ada berbagai web dan aplikasi karya anak bangsa untuk meningkatkan skill? Sejumlah aplikasi ini menawarkan kualitas pembelajaran serta pengembangan diri yang tidak kalah dari aplikasi luar negeri dan tentunya patut Kawan coba. 

Bahkan, beberapa dari layanan ini menyediakan sertifikat yang dapat menjadi nilai tambah di CV Kawan, lho! 

Mau tahu apa saja web dan aplikasi kursusnya? Yuk, simak rekomendasi berikut ini!

  1. IndonesiaX

Pertama, ada IndonesiaX yang menyediakan kursus-kursus berkualitas dari para instruktur terbaik bangsa melalui website dan aplikasi. Kawan dapat mengikuti kursus dengan beragam pilihan topik seperti komunikasi, komputer sains, hukum, ekonomi, keuangan, dan masih banyak lagi. 

Semua materi diisi oleh tokoh ternama atau pengajar dari dalam dan luar negeri yang bekerja sama sebagai mitra terpercaya dengan IndonesiaX. Sehingga, Kawan akan diajari oleh orang-orang pilihan dari berbagai mitra seperti NET TV, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Maybank, hingga Unilever. 

Keuntungan lainnya, Kawan dapat mengakses semua materi ajar berupa video, materi soal, dan materi ujian final tanpa biaya! Meski, ada juga pilihan IndonesiaX premium bagi Kawan yang menginginkan kursus lebih intensif.

Tak hanya itu, tersedia sertifikat yang ditandatangani oleh instruktur dari institusi mitra dan pihak IndonesiaX sebagai bukti Kawan mengikuti kursusnya. 

2. SejutaCita

 

Selanjutnya, ada SejutaCita sebagai platform untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan produktivitas. Target SejutaCita memang adalah agar anak muda dapat meningkatkan soft skill dari seminar, training, beasiswa, atau lomba. 

Selain informasi kegiatan, SejutaCita juga menyediakan berbagai fitur untuk pengembangan diri. Di antaranya pelatihan skill edukatif dan interaktif oleh mentor yang kompeten, wadah untuk memperluas jejaring, audiobook serta teks berbahasa Indonesia serta Inggris, dan masih banyak lagi. 

Sebelumnya, SejutaCita hadir dalam bentuk platform website dan Instagram saja. Namun, versi aplikasinya sudah resmi diluncurkan pada 13 Desember 2020. 

Untuk Kawan yang ingin fokus mengikuti kegiatan magang, beasiswa, lomba, atau volunteering, pasti akan sangat terbantu dengan aplikasi ini!

3. Qubisa

Aplikasi Qubisa merupakan platform untuk pendidikan dan pengajaran, yang menyediakan layanan pembelajaran online course, webinar, serta microlearning bagi siapa saja. 

Di aplikasi ini, Kawan bisa menemukan berbagai materi baik gratis maupun berbayar, yang sudah dilengkapi sertifikat. Kawan juga bisa melakukan konsultasi karir serta penilaian bakat melalui Qubisa.

Kelebihan lain yang bisa Kawan dapatkan yaitu kolaborasi Qubisa dengan berbagai universitas, industri, atau profesional dalam mengemas konten-kontennya. 

Materi-materi yang disediakan juga beragam seperti Marketing, IT Development, Finance, Digital, Design, hingga pengembangan soft skills seperti Leadership. Pokoknya lengkap banget, deh!

4. Skill Academy

Lalu, ada aplikasi Skill Academy dari Ruangguru yang merupakan salah satu platform pembelajaran online terkenal di Indonesia. Selain kursus online berisi materi pengembangan diri, ada juga kelas-kelas berisi persiapan tes kerja. 

Kelas yang disediakan sangat beragam, mulai dari bisnis, teknologi, pengembangan diri, hingga pemasaran, dengan harga bervariasi. Dengan harga yang berbeda-beda, Kawan bisa memperoleh video pembelajaran dari para ahli, modul, dan sertifikat. 

Tak hanya itu, dengan mengikuti dua kelas, Kawan akan mendapatkan kesempatan untuk ikut kelas Career Mentoring. Kelas ini berisi segala hal yang berkaitan dengan persiapan karir seperti membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun LinkedIn, menghadapi interview, dan lain-lain. Menarik bukan?

5. Arkademi

Last but not least, ada Arkademi, platform aplikasi karya anak bangsa berbentuk online course yang menyediakan sertifikat bagi Kawan yang ingin mengembangkan karir. 

Pembelajaran di Arkademi sendiri dikhususkan untuk skill based learning atau pembelajaran berbasis keahlian di web dan aplikasi. Materi-materi yang ditawarkan oleh Arkademi memang berbayar, namun fasilitas belajarnya sangat lengkap dan intensif. 

Kawan bisa menemukan kelas bisnis, investasi, komunikasi, marketing, dan masih banyak lagi di sini. Untuk hasil yang optimal, Arkademi juga bekerja sama dengan lebih dari 100 universitas, lembaga pelatihan, dan sertifikasi profesional dalam kelas-kelasnya. 

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi web dan aplikasi karya anak bangsa yang cocok untuk pengembangan diri Kawan. Gimana, semuanya sangat menarik, bukan?

Pada dasarnya, Kawan bisa menemukan banyak web atau aplikasi yang bagus dan bermanfaat, asal mau rajin mencarinya. Jangan lupa untuk selalu semangat belajar dan selamat mencoba!

Referensi:

| IndonesiaX

SejutaCita, Aplikasi yang Bantu Anak Muda Kembangkan Diri - Teknologi.id

Platform Belajar Online Indonesia | QuBisa

ARKADEMI - Kursus Online Bersertifikat #1

Binar Academy: Bootcamp Online & Kelas Online Bersertifikat