Melihat Berbagai Negara yang Memiliki Paspor Paling Kuat di Dunia pada 2021
Ilustrasi│Pamjpat/Pixabay

Bagi Kamu yang suka jalan-jalan ke luar negeri, pasti tidak jauh-jauh sama mengurus paspor dan visa. Bagi sebagian orang, mengurus izin perjalanan ke luar negeri cukup ribet, apalagi ke negara-negara yang memiliki persyaratan ketat.

Namun, ternyata di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki paspor sangat kuat. Paspor negara-negara ini memiliki bebas visa pada banyak negara, jadi nggak perlu repot-repot mengurus visa kalau mau ke luar negeri. 

Data paspor terkuat di dunia ini dirilis oleh perusahaan Henley & Partners, sebuah perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal asal Inggris. Perusahaan ini merilis data negara dengan paspor terkuat di 2021.

Jepang dan Singapura Sebagai Negara dengan Paspor Terkuat

Negara Jepang│Sora Sagano/Unsplash

Dari data yang dirilis Henley & Partners, posisi pertama sebagai negara dengan paspor terkuat dipegang oleh Jepang dan Singapura. Keduanya sama-sama mendapatkan skor sebesar 192, yang berarti paspor dari kedua negara ini bebas visa untuk 192 negara.

Di bawah Jepang dan Singapura, Jerman dan Korea Selatan mengikuti di posisi kedua, dimana paspor kedua negara ini sama-sama bebas visa kunjungan untuk 190 negara. 

Indonesia Berada di Urutan 78

Tidak seperti negara tetangga kita Singapura yang menempati posisi pertama, paspor negara kita ternyata hanya mampu menempati urutan 78, sejajar dengan negara Tunisia dan Zambia. Indonesia menempati urutan 78 dengan jumlah bebas visa kunjungan untuk 71 negara.

Sedangkan beberapa negara tetangga kita yang lain, Malaysia berada di urutan 13 dengan 179 negara bebas visa, Brunei pada urutan 23 dengan 166 negara bebas visa, dan Thailand berada di urutan 72 dengan 79 negara bebas visa.

Afghanistan Menempati Urutan Terakhir

Dalam data Henley & Partners, Afghanistan menempati urutan terakhir sebagai negara dengan paspor paling lemah. Afghanistan berada di posisi 116 dengan jumlah negara bebas visa hanya sebanyak 26 negara.

Diatas Afghanistan ada Syria dan Irak pada urutan ke 114 dan 115. Syria memiliki total skor sebanyak 29, sedangkan Irak hanya 28.

Pandemi Covid-19 Salah Satu Faktor Penyebab Paspor Melemah

Ilustrasi Pandemi│Suprising_Shots/Pixabay

Adanya pandemi Covid-19 membuat beberapa negara memperketat izin keluar masuk negaranya. Adanya kebijakan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi beberapa negara paspornya melemah.

Selain itu, beberapa negara yang dilanda konflik juga tidak memiliki paspor yang cukup kuat. Hal ini disebabkan kebijakan beberapa negara yang membatasi warga negaranya mengunjungi negara yang sedang dilanda konflik tersebut.

10 Besar Negara dengan Paspor Terkuat

  1. Jepang & Singapura (192 negara bebas visa)
  2. Jerman & Korea Selatan (190 negara bebas visa)
  3. Finlandia, Italia, Luxemburg & Spanyol (189 negara bebas visa)
  4. Austria & Denmark (188 negara bebas visa)
  5. Perancis, Irlandia, Belanda, Portugal & Swedia (187 negara bebas visa)
  6. Belgia, Selandia Baru & Swiss (186 negara bebas visa)
  7. Republik Ceko, Yunani, Malta, Norwegia, Inggris & Amerika Serikat (185 negara bebas visa)
  8. Australia & Kanada (184 negara bebas visa)
  9. Hungaria (183 negara bebas visa)
  10. Lithuania, Polandia & Slovakia (182 negara bebas visa)

Referensi: KompasHenley & PartnersCNN Indonesia