Melihat Pesatnya Perkembangan Komunitas Esports di Indonesia
Ilustrasi│ELLA DON/Unsplash

Beberapa tahun kebelakang, perkembangan esports mengalami peningkatan tajam di Indonesia. Karena peminatnya yang sangat besar, kini esports menjadi industri yang sangat menjanjikan di Indonesia. Bermain game yang dulunya hanya dianggap membuang waktu, kini berubah menjadi sebuah pekerjaan yang diidam-idamkan banyak orang.

Besarnya potensi industri esports dapat dilihat dari besarnya jumlah gamers yang ada di Indonesia. Selain itu, antusiasme gamers di Indonesia juga sangat tinggi pada setiap turnamen-turnamen esports yang diselenggarakan. Bahkan, kini pemerintah juga mendukung pertumbuhan esports di Indonesia dengan menyelenggarakan kompetisi resmi, dan membentuk asosiasi esports Indonesia.

Pesatnya Perkembangan Komunitas esports di Indonesia

Ilustrasi│SCREEN POST/Unsplash

 

Sejalan dengan perkembangan esports, komunitas esports pun juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Adanya pandemi justru semakin meningkatkan jumlah penggemar esports di Indonesia, karena banyak orang yang tidak bisa keluar rumah dan memilih untuk bermain game, khususnya game mobile. Dilansir dari liputan6.com, Michael Wijaya, Co-Founder Evos esports, mengatakan bahwa dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara, Indonesia berkontribusi sekitar 43% dari total jumlah tersebut.

Adanya komunitas ini menjadi wadah bagi para gamers untuk mabar (main bareng) bersama gamers yang lain, atau bahkan menjadi wadah untuk diskusi seputar dunia game. Sama seperti komunitas-komunitas pada umumnya, komunitas esports juga menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan keahlian di bidang esports. Pesatnya perkembangan komunitas esports menjangkau hingga daerah-daerah di Indonesia, tidak heran jika akan sangat mudah untuk menemukan komunitas esports di setiap daerah di Indonesia.

Komunitas-komunitas esports juga menjadi salah satu penggerak utama dari pertumbuhan esports di Indonesia. Tanpa adanya komunitas-komunitas ini, bisa saja perkembangan esports di Indonesia tidak semasif ini.

Komunitas esports Bisa Menjadi Batu Loncatan untuk Berkarir di Dunia esports

Ilustrasi Turnamen Esports│Sean Do/Unsplash

 

Berkarir di dunia esports memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan anak muda saat ini. Tidak main-main memang, baik itu menjadi gamers profesional atau sekedar menjadi streamer, keduanya memiliki prospek karir yang sangat menggiurkan. Ditambah lagi dengan iming-iming “enaknya dibayar dari main game”, menambah keinginan anak muda sekarang untuk berkarir di dunia esports.

Tentunya komunitas esports adalah tempat yang sangat cocok untuk para gamers mengembangkan bakatnya. Dilansir dari laman resmi INDOESPORTS, Bambang Tri Utomo sebagai CEO INDOESPORTS mengatakan, “Komunitas itu penting karena disanalah kita berbagi bermacam-macam informasi. Apalagi jika ada gamers yang punya cita-cita ingin jadi pro player. Karena kalau tidak bergabung dengan komunitas, orang-orang akan kesulitan menjangkau gamers tersebut walau sekuat apapun dia. Padahal perputaran pro player esports setiap saat selalu ada”.

Bergabung dengan komunitas esports penting karena dari sinilah seorang pro player esports dapat dijangkau oleh tim esports profesional. Seperti kata CEO INDOESPORTS, sekuat apapun seorang gamers, jika dia tidak bergabung dengan komunitas, dia akan sulit ditemukan oleh tim esports profesional.

Nah, bagi kamu yang suka main game dan ingin berkarir di dunia esports, alangkah baiknya Kawan bergabung dengan komunitas esports di daerah Kawan. Lagian nggak sulit kok buat menemukan komunitas esports di Indonesia. 

Referensi : INDOESPORTSVivaLiputan6