Melihat Uniknya Perpustakaan Universitas Indonesia
Ilustrasi│Alfons Morales/Unsplash

Selain dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI), juga punya perpustakaan yang terkenal keren banget loh! Bahkan perpustakaan yang juga sering disebut Perpusat UI ini, disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Penasaran seperti apa uniknya Perpustakaan UI dan apa saja fasilitas didalamnya? Simak terus artikel ini ya, Kawan!

Diresmikan pada Tahun 2011

Perpustakaan yang juga menyandang nama sebagai The Crystal Knowledge ini diresmikan pada tahun 2011. Pada waktu itu, Perpustakaan UI diresmikan langsung oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Pembangunan Perpustakaan UI ini berawal dari semangat membangun integritas, dimana setiap sivitas akademika UI dapat bertemu dan berinovasi bersama. Sebelum adanya Perpustakaan UI ini, UI memiliki 13 perpustakaan yang tersebar di setiap fakultas. Setelah diresmikan pada 2011, beberapa perpustakaan fakultas bergabung di gedung perpustakaan yang baru, dan Perpustakaan Pusat berganti nama menjadi Perpustakaan UI.

Dapat Menampung Hingga 20.000 Pengunjung

Perpustakaan UI│@dellakezia/Instagram

 

Dilansir dari Kompas, Perpustakaan UI bisa menampung hingga 20.000 pengunjung dalam satu hari. Tentunya jumlah itu adalah kapasitas Perpustakaan UI saat beroperasi normal, tentunya kapasitas pengunjung akan dibatasi saat pandemi seperti ini. 

Di samping itu, kapasitas yang begitu besar juga menunjukkan betapa luasnya Perpustakaan UI ini. Perpustakaan ini berdiri di atas tanah seluas 2,5 hektar, dan luas bangunan seluas 33.000 meter persegi. Perpustakaan UI juga disebut bisa menampung 3 hingga 5 juta buku didalamnya. 

Koleksi dari Perpustakaan UI pun sangat beragam, dari buku fisik hingga buku digital semua ada disini. Perpustakaan UI dilengkapi dengan teknologi sistem informasi yang modern, sehingga pengunjung juga dapat mengakses koleksi perpustakaan melalui platform online dari Perpustakaan UI. 

Mengedepankan Konsep Ramah Lingkungan

Perpustakaan UI memiliki 8 lantai, yang di dalamnya memiliki berbagai fasilitas menarik. Selain itu, arsitektur dari Perpustakaan UI juga sangat unik dan futuristik. Bahkan, bangunan ini berdiri diatas bukit buatan yang ditumbuhi rerumputan hijau, dan menghadap ke Danau Kenanga.

Bukit buatan itu ternyata bukan hanya sebagai pemanis loh! Bukit buatan yang ditumbuhi rerumputan ini menyelimuti sebagian dari bangunan, bukit ini berfungsi untuk menjaga suhu ruangan di dalamnya. Di sela-sela bukit juga terdapat selokan yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan ke dalam tanah.

Perpustakaan UI menggunakan panel surya untuk mencukupi kebutuhan energi di dalamnya. Selain itu, perpustakaan ini juga mengedepankan hemat air, listrik, kertas dan bebas asap rokok.

Fasilitas di Perpustakaan UI

Ilustrasi│@ame.syafa/Instagram

Perpustakaan UI juga memiliki berbagai fasilitas penunjang yang keren. Bahkan, Perpustakaan UI juga punya Starbucks loh! Tidak hanya itu, masih ada beberapa fasilitas lain yang nggak kalah keren juga, penasaran?

Mac Room

Mac Room pada dasarnya sama seperti sebuah lab komputer pada umumnya, tapi yang membedakan Mac Room dengan lab komputer yang lain adalah, semua komputer yang ada disini adalah iMac. Bahkan banyak juga yang menyebut Mac Room sebagai kebun apel, saking banyaknya iMac disini. Disini Kawan dapat menggunakan iMac yang disediakan untuk mengakses internet, mengerjakan tugas atau bahkan menonton film.

Foodcourt

Layaknya foodcourt, disini Kawan bisa mencari berbagai macam makanan mengisi perut atau hanya sekedar ngemil. Nah, bagi Kawan yang mencari Starbucks di Perpustakaan UI, lokasinya ada di area foodcourt ini. Dilansir dari Anakui.com, foodcourt ini bahkan lebih rame dari ruang koleksi bukunya loh!

Ruang Gym dan Studio Musik

Bagi Kawan yang suka berolahraga, terdapat juga ruang gym di Perpustakaan UI loh! Selain itu juga ada studio musik yang bisa Kawan sewa disini.

Toko Buku

Selain bisa meminjam koleksi buku di perpustakaan, Kawan juga bisa membeli buku di toko buku yang ada disini. Toko buku disini juga cukup besar dan juga memiliki koleksi yang sangat banyak.

Bagi Kawan yang bukan mahasiswa UI, tenang saja, Perpustakaan UI ini terbuka untuk umum kok. Hanya saja pengunjung akan dibatasi pada saat pandemi Covid-19. Namun tenang saja, Kawan tetap bisa bebas mengunjungi Perpustakaan UI setelah pandemi ini selesai!

Referensi: OkezoneAnakUIArsitagPerpustakaan UI