Melihat Warna-Warni Jas Almamater Kampus di Indonesia
Jas Almamater Unair│@unair.story/Instagram

Setiap perguruan tinggi di Indonesia, memiliki berbagai jas almamater dengan warna yang bermacam-macam. Jas almamater ini tentu menjadi sebuah identitas kampus, serta menjadi kebanggan setiap mahasiswanya.

Selain menjadi identitas bagi setiap mahasiswa di suatu kampus, jas almamater juga digunakan untuk acara-acara atau kegiatan kampus. Seperti saat masa pengenalan kampus hingga sidang skripsi.

Nah, ternyata setiap warna jas almamater memiliki maknanya masing-masing loh! Kali ini, kita akan membahas beberapa jas almamater yang ada di Indonesia, serta makna dari setiap warna almamater. Informasi selengkapnya, bisa kamu baca di bawah ini.

Jas Almamater Biru Tua

Warna jas almamater yang pertama adalah warna biru tua. Almamater dengan warna biru tua, cukup banyak digunakan di banyak kampus di Indonesia. Almamater dengan warna biru tua mencerminkan rasa percaya diri, stabilitas, persatuan, dan menyimbolkan sebuah kehormatan.

Seperti yang disinggung sebelumnya, cukup banyak kampus di Indonesia yang menggunakan warna biru tua sebagai warna almamater. Beberapa di antaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya.

Jas Almamater Biru Muda

Selain jas almamater berwarna biru tua, juga terdapat jas almamater berwarna biru muda atau biru langit. Almamater berwarna biru muda memiliki makna ketenangan, kepercayaan, kesetiaan, kebenaran, dan kebijaksanaan.

Beberapa kampus di Indonesia yang menggunakan almamater berwarna biru muda adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Riau, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Jas Almamater Kuning

Kampus di Indonesia yang identik dengan jas almamater berwarna kuning adalah Universitas Indonesia. Namun, selain UI ternyata masih banyak juga kampus yang menggunakan warna kuning sebagai jas almamaternya.

Warna kuning bak matahari melambangkan keceriaan, kehangatan, dan semangat tinggi. Beberapa kampus selain Universitas Indonesia yang memiliki almamater berwarna kuning ialah Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Jenderal Soedirman.

Jas Almamater Coklat Muda

Selain almamater kuning yang identik dengan UI, almamater berwarna coklat muda juga identik dengan Universitas Gadjah Mada. Coklat muda melambangkan keseriusan, tanggung jawab serta kemandirian.

Tidak banyak kampus di Indonesia yang menggunakan almamater berwarna coklat muda. Beberapa kampus yang menggunakan almamater warna coklat muda adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Katolik Parahyangan, dan Institut Agama Islam Kudus.

Jas Almamater Merah

Jas Almamater UMM│@umm.story/Instagram

Warna merah adalah warna almamater yang cukup banyak digunakan oleh kampus-kampus di Indonesia. Warna merah melambangkan kegembiraan, keberanian, dan gairah.

Kampus di Indonesia yang menggunakan almamater berwarna merah antara lain, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Telkom.

Jas Almamater Hijau

Warna jas almamater yang terakhir adalah warna hijau. Warna hijau memiliki makna pertumbuhan, harmoni, kesegaran dan kesuburan. Secara emosional, warna ini juga memberikan rasa aman dan nyaman.

Kampus-kampus di Indonesia yang menggunakan almamater berwarna hijau adalah, Universitas Andalas, Universitas Lampung, dan UIN Sunan Kalijaga.

Nah, itu dia beberapa warna jas almamater yang ada di Indonesia. Kalau kampus kamu, almamaternya berwarna apa?

Referensi: Hai.grid99.coKontan