Terapkan Cara Membangun Personal Branding di Instagram
Illustrasi personal branding di Instagram | Foto: Pexels

Membangun personal branding saat ini menjadi salah satu hal yang penting. Memiliki citra yang positif, terutama di media sosial menjadi poin plus tersendiri. Dengan begitu, tak jarang orang mulai membangun personal branding di media sosial.

Setiap manusia tentu ingin tampil bagus di mata orang lain. Tak hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang hal-hal di sekeliling mereka, termasuk media sosial. Banyak orang kini menggunakan media sosial, salah satunya Instagram.

Menggunakan Instagram tidak hanya sekadar untuk mencari informasi atau memenuhi kebutuhan hiburan. Akan tetapi, Instagram bisa menjadi media untuk membangun personal branding.

Ada beragam manfaat dari membangun personal branding di Instagram. Mulai dari meningkatkan kepercayaan orang, meningkatkan kredibilitas, membangun percaya diri, hingga memperluas koneksi. Lalu, bagaimana cara membangun personal branding? Berikut penjelasannya.

1. Tampilkan Citra Diri Positif

Illustrasi personal branding | Foto: Pexels

Banyak orang mengatakan bahwa sebagian hal dari diri kita adalah pencitraan. Lalu, apakah pencitraan adalah hal salah? Tentu tidak. Pencitraan juga perlu kamu lakukan untuk membangun sebuah personal branding.

Baca juga: Simak Tanda Smartphone Kena Hack dan Cara Atasinya

Jangan sesekali menampilkan hal negatif dari diri kamu di media sosial. Hal-hal seperti penggunaan kata-kata kotor dan kasar, habit hidup yang tidak baik, hingga postingan provokatif.

Tampilkan hal-hal positif dari diri kamu, ajak pengguna lain berinteraksi, dan gunakan Instagram sebaik mungkin. Hal ini akan membantu membuat orang melihat kamu sebagai pribadi yang baik dan positif.

2. Tunjukkan Ketertarikan

Illustrasi personal branding | Foto: Pexels

Jika kamu suka dengan hal-hal yang minimalis, kamu bisa mengunggah foto-foto dengan kesan minimalis di Instagram. Bisa juga jika kamu suka dengan kesan vintage, kamu bisa menampilkan ootd vintage.

Hal tersebut bisa membantu tampilan feed Instagram tampak lebih rapi. Jika perlu, kamu bisa menentukan tema atau ketertarikan membuat feed tampak senada.

3. Menampilkan Foto Menarik

Illustrasi personal branding | Foto: Pexels

Menampilkan foto-foto yang menarik juga bisa membantu membangun personal branding di media sosial. Hal ini bisa membuat kamu mendapatkan kesan serius untuk mengatur hal-hal di sekeliling, termasuk unggahan foto di Instagram.

Baca juga: Sering Cemas dan Meragukan Diri Sendiri? Bisa jadi Kamu Korban Gaslighting

Kamu bisa melakukannya dengan melakukan proses editing sebelum mengunggah konten di Instagram. Namun, tidak semua foto tampak jernih dan sesuai dengan tema yang kamu inginkan. Bahkan, beberapa foto juga ada noise untuk di edit terlebih dahulu.

Tidak perlu menggunakan kamera dengan harga mahal untuk membuat foto karena ada banyak aplikasi di smartphone yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa kanal YouTube juga memberikan tutorial yang bisa membantu kamu untuk membuat konten atau foto di Instagram yang menarik.

4. Unggah Hal Positif

Illustrasi personal branding | Foto: Pexels

Kamu perlu untuk mengunggah hal-hal yang positif di media sosial berupa feed, IG reels, hingga Instagram story. Tampilkan keseharian kamu atau hobi-hobi yang sedang kamu lakukan.

Hindari unggahan yang terkesan tidak memiliki manfaat signifikan bagi kamu dan followers. Seperti mengunggah Instagram story yang berisikan curhat kegalauan atau hal lainnya.

Baca juga: 5 tips Menggunakan Laptop Agar Tetap Awet

Kamu juga bisa melakukan repost beberapa unggahan dari akun Instagram lainnya yang berisikan hal-hal positif. Entah itu tips dan trik, quotes motivasi, hingga informasi-informasi tentang self-development.

Nah, itulah beberapa tips untuk membangun personal branding di Instagram. Hal yang paling terpenting, jangan menjadi orang lain hanya untuk memberikan citra positif. Jadilah diri sendiri dan perhatikan apa yang harus dan tidak perlu kamu unggah di media sosial.

Referensi: Kumparan | Niagahoster