Jangan Panik! Ini Cara Buka HP Ketika Lupa Kata Sandi
Illustrasi cara membuka hp ketika lupa kata sandi | Foto: Unsplash

Pernahkah Goodmates lupa akan kata sandi handphone? Tentu hal itu seketika bisa membuat kamu panik. Apabila ini terjadi pada kamu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka hp saat lupa kata sandi.

Sebagian orang pasti pernah merasa lupa akan kata sandi, entah itu pada aplikasi, atau device yang memang kamu atur untuk terdapat kata sandi. Tak jarang, kamu pasti pernah lupa akan kata sandinya.

Bisa karena terlalu rumit, lama tidak pernah memasukkan kata sandi, hingga terlalu banyak aplikasi dengan kata sandi yang berbeda-beda bisa jadi pemicunya. Dengan begitu, kamu merasa kebingungan kata sandi mana yang cocok.

Lupa kata sandi hp menjadi salah satu perkara yang banyak terjadi. Kamu tidak perlu panik, karena ada beberapa cara untuk bisa membukanya. Berikut penjelasan lebih lanjut.

1. Smart Lock

Illustrasi cara membuka hp ketika lupa kata sandi | Foto: Unsplash

Jika kamu memiliki hp android versi terbaru, kamu bisa menggunakan fitur smart lock apabila terkendala karena lupa kata sandi hp. Fitur ini terdapat pada ponsel android 5.0 atau versi terbarunya. Dengan fitur ini, kamu bisa membuka hp dalam kondisi-kondisi tertentu.

Misalnya hp akan otomatis terbuka saat terhubung dengan WIFI di rumah. Jadi, ketika kamu lupa akan kata sandi atau pola untuk membuka hp, kamu bisa pulang ke rumah untuk membuka hp dengan fitur smart lock. Fitur ini juga bisa kamu atur untuk berbagai kondisi.

Baca juga: Deretan Teknologi yang Seharusnya Tidak Pernah Tercipta

2. Opsi Keamanan Pihak Ketiga

Illustrasi cara membuka hp ketika lupa kata sandi | Foto: Unsplash

Menggunakan opsi keamanan pihak ketiga juga menjadi salah satu solusi buat kamu yang lupa dengan kata sandi hp. Beberapa produsen telah menggabungkan perangkat lunak keamanannya pada sebuah perangkat lain, seperti Find My Mobile oleh Samsung.

Akan tetapi, kamu harus sudah mengaturnya terlebih dahulu untuk bisa mencoba cara ini. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melewati layar. Kamu bisa mengunjungi situs web yang sesuai dengan perangkat, kemudian kamu membuka kata sandi hp dari sana.

3. Akun Google Ketika Lupa Kata Sandi

Illustrasi cara membuka hp ketika lupa kata sandi | Foto: Unsplash

Kamu juga bisa menggunakan akun Google ketika lupa sandi atau pin pola hp. Namun, cara ini bisa kamu lakukan jika perangkat kamu menggunakan android 4.4 atau versi terbarunya. Pertama, kamu perlu memasukkan kata sandi sebanyak lima kali.

Jika semua yang kamu masukkan salah, kamu bisa mengklik opsi “Lupa Kata Sandi” yang muncul pada layar hp kamu. Kemudian jika sudah, kamu akan masuk ke akun Google. Selanjutnya kamu perlu melakukan autentikasi pada akun Google.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah pin, pola kunci, atau kata sandi dan membuka kembali hp kamu seperti biasanya.

Baca juga: Bisa Bayar Online, Ini 5 Lembaga Amil Zakat di Indonesia Selain Baznaz

4. Find My Device

Illustrasi cara membuka hp ketika lupa kata sandi | Foto: Unsplash

Ini adalah salah satu cara paling mudah yang bisa kamu gunakan saat lupa kata sandi hp. Akan tetapi, cara ini hanya bisa kamu lakukan jika perangkatmu menggunakan android versi 2.3 atau versi lebih barunya.

Kamu perlu masuk ke aplikasi Find My Device dengan menggunakan akun Google pada perangkat lain seperti komputer. Kemudian, kamu pilih perangkat pengguna dari daftar perangkat yang terkait dengan akun pengguna.

Baca juga: Fakta Menarik, Peneliti Ungkapkan Air Memiliki Memori

Pilihlah opsi Lock dan setelah kamu mengunci ponsel dengan kode atau kata sandi baru, kata sandi lama akan dilupakan oleh hp. Jadi, setelah itu kamu harus membuka hp menggunakan kata sandi baru yang sudah kamu atur sebelumnya.

Nah, itu beberapa opsi yang bisa kamu lakukan jika lupa kata sandi hp. Jika semua opsi di atas gagal, pilihan terakhir adalah melakukan factory reset. Akan tetapi kamu harus hati-hati, karena semua data di hp kamu akan terhapus.

Referensi: Kapan Lagi |Suara