Bertambah Tinggi, Begini Perjalanan Menara Eiffel di Industri Penyiaran Radio Prancis
Menara Eiffel, ikon negara Prancis | Foto: Chait Goli/Pexels

Minggu lalu, Menara Eiffel jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Sekarang, ketinggian menara yang pernah menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia ini mencapai 1.083 kaki atau sekitar 330 meter.

Bukan karena fenomena tertentu, penambahan tinggi ini terjadi karena adanya antena tambahan sepanjang kurang lebih 20 meter. Terlihat sebuah helikopter membantu pemasangan antena di atas menara pada 15 Maret lalu. Pemasangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan jangkauan radio digital.

Lebih lanjut, ini bukan kali pertama terjadi pemasangan antena di Menara Eiffel. Ternyata, menara yang pertama kali berdiri pada 1889 ini tidak hanya jadi ikon kota dan tempat wisata, tapi memiliki kontribusi besar bagi industri penyiaran di Kota Paris.

Alasan Pembangunan Menara Eiffel

Menara Eiffel di malam hari | Foto: Julio C. Hegedus/Pexels

Industri penyiaran belum berkembang sepesat sekarang di masa Menara Eiffel berdiri. Ternyata, alasan pendirian menara ini juga bukan merupakan alasan fungsional. Pada awalnya, satu-satunya alasan pembangunan menara ini adalah untuk memperingati 100 tahun Revolusi Prancis pada sebuah acara bertajuk World’s Fair.

Baca juga: Selain Business Proposal, Ini Dia Drama Korea dengan Vibes Serupa

Memiliki arti penting bagi negara, pihak penyelenggara acara mengadakan kompetisi untuk mendesain menara agar lebih cantik. Dari semua rancangan desain, desain milik Gustave Eiffel menjadi yang terbaik. 

Menariknya, Gustave Eiffel juga merupakan desainer dari bagian dalam Patung Liberty di Amerika Serikat. Baik Menara Eiffel maupun Patung Liberty, keduanya sama-sama memiliki arti penting demokrasi bagi kehidupan manusia.

Tahun 1921: Menjadi Menara Radio

Menara Eiffel pernah berperan bagi dunia militer di masa perang dunia pertama | Foto: Inf News

Pada 1898, militer Prancis memanfaatkan Menara Eiffel untuk kepentingan perang. Menara ini memainkan peran penting sebagai sarana menyampaikan informasi perang yang penuh kode.

Menara Eiffel resmi berubah fungsi menjadi menara penyiaran radio pada 1921, tiga tahun setelah perang dunia pertama berakhir. Tepatnya pada 21 Desember, Radio Menara Eiffel mengudara untuk pertama kalinya. Kala itu, radio menyiarkan seorang penyanyi legendaris secara live.

Uji coba penyiaran pertama itu terus berlangsung hingga kini. Sebanyak 45 stasiun TV dan 32 stasiun radio bertransmisi dari Menara Eiffel setiap harinya.

Baca juga: Anti Goreng! Ini Deretan Makanan Rebus yang Menyehatkan

Konser Radio Pertama

Pemberitaan konser radio pertama di koran tahun 1921 | Foto: Reveil du Nord/Inf News

Uji coba siaran radio pada 1921 mengalami perjalanan yang panjang sebelum jadi sukses dan berfungsi dengan baik seperti sekarang. Pada saat itu, belum banyak warga Paris yang memiliki alat untuk menerima sinyal radio sehingga audiens dari radio menara pun masih sedikit.

Program utama radio juga masih berkutat antara musik dan laporan cuaca. Selain itu, penggunaan radio biasanya hanya untuk mengetes alat dan meningkatkan kualitas suara.

Radio Menara Eiffel mulai terkenal setelah adanya acara konser radio di Lille Theater. Para artis ternama di era itu, seperti Jeanne Harto dan Sasha Gitley bernyanyi menggunakan mikrofon yang tersedia di dalam menara.

Baca juga: Tidak Hanya QWERTY, Ternyata Keyboard Ada Banyak Jenisnya

Pihak penyelenggara mendonasikan keuntungan dari konser tersebut ke Radium Institute (sekarang Curie Institute), sebuah institut pimpinan Marie Curie, orang pertama yang mencoba mengobati pasien kanker dengan radium.

Penambahan Antena Menara Eiffel

Pemasangan antena dengan bantuan helikopter di Menara Eiffel minggu lalu (15/3) | Foto: News9

Menara Eiffel pertama kali bertambah tinggi menjadi 1.024 kaki ketika ada pemasangan tiang bendera untuk mengibarkan bendera Prancis. Tiang bendera itu kemudian beralih fungsi jadi antena televisi dan peralatan meteorologi pada 1924.

Kemudian pada 1957, terjadi pemasangan parabola dan pemancar siaran langsung yang menambah tinggi menara menjadi 1.050 kaki. Ternyata, Menara Eiffel memiliki fungsi penting selain sebagai tempat wisata impian banyak orang di dunia. Sungguh menarik, bukan?

Referensi: Travel+Leisure | Inf News | The Intrepid Guide