Mencoba Olahraga Jump Rope di Rumah, Bisa Hilangkan Lemak
Olahraga Lompat Tali © Unsplash/Alvarez

Kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah dan terus menjaga kesehatan. Mulai dari makan makanan yang sehat dan bergizi, minum vitamin, sampai olahraga harus dilakukan.

Namun, masih banyak orang yang masih bingung untuk berolahraga di rumah untuk tetap bugar, terlebih fasilitas olahraga yang sulit ditemukan akibat pandemi. Apakah kamu merupakan salah satunya?

Tidak perlu khawatir, masih banyak olahraga yang dapat kamu lakukan selagi di rumah dengan alat-alat yang sederhana pula. Tanpa perlu bertemu dengan orang lain di tempat umum, kamu dapat melakukan olahraga ini sendirian. Apalagi kalau bukan lompat tali? Olahraga yang sering disebut dengan nama jump rope atau skipping ini adalah olahraga yang tengah digemari orang-orang, loh.

Alasan utama olahraga lompat tali ini digemari adalah cara yang sederhana untuk melakukannya, sehingga bisa menjadi alternatif olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi. Hanya dengan seutas tali, seseorang dapat melompat dimana saja. Dengan begitu, seseorang bisa merasakan manfaat melompat tali di rumah.

Alasan lain mengapa olahraga lompat tali ini digemari adalah mudahnya mendapatkan alat untuk melakukan olahraga ini sendiri, yaitu tali. Cukup dengan menyiapkan satu buah tali dengan panjang 2-3 meter, kamu dapat memulai berolahraga di rumah.

Pastikan tali tersebut juga sesuai dengan tinggi badanmu, agar tidak menyulitkanmu ketika melompat. Caranya adalah dengan melipat kedua tali, menginjak bagian yang terlipat, lalu menyamakan ujung kedua tali dengan perut atau bagian bawah dadamu.

Tips ini disebutkan saat mewawancarai salah seorang pegiat olahraga lompat tali yang juga sudah bergabung dengan Komunitas Jump Rope Indonesia, Muhammad Yudhistira.

Manfaat olahraga jump rope

Tali Skipping © Unsplash/LeszekCzerwonka
Tali Skipping © Unsplash/LeszekCzerwonka

Selain sederhana, ternyata olahraga lompat tali ini memiliki banyak manfaat untuk manusia. Ternyata, olahraga lompat tali merupakan olahraga kardio yang lebih baik ketimbang berlari.

Olahraga kardio atau yang sering disebut kardiovaskuler merupakan jenis olahraga yang dapat memicu dan meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Dikutip dari Halodoc, apabila menghabiskan 10 menit lompat tali, kamu akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan kebugaran dan kesehatan kardiovaskular yang sama seperti ketika 30 menit jogging.

Olahraga lompat tali dapat meningkatkan kepadatan tulang, serta meningkatkan koordinasi tubuh terkhusus bagian keseimbangan dan kesesuaian waktu melompat ketika tali datang. Kaki dan otak menjadi bagian terpenting dalam hal ini.

Apakah kamu sedang dalam program diet? Maka olahraga lompat tali sangat tepat untukmu. Lompat tali adalah olahraga yang membakar sekitar 0,1 kalori yang dikonsumsi per lompat.

Hal ini membuat sepuluh menit lompat tali saja bisa dianggap setara dengan lari delapan menit.  Lompat tali bisa digolongkan sebagai olahraga dengan intensitas tinggi karena memiliki hasil signifikan berupa penurunan lemak yang lebih cepat, terutama di sekitar perut dan otot tubuh.

Tren olahraga bersama di media sosial? Tentu saja olahraga lompat tali ini juga mengikuti perkembangan tersebut. Mengedepankan ajakan kepada orang-orang untuk tetap berolahraga di rumah masing-masing. Orang-orang yang tergabung dalam Komunitas Jump Rope Indonesia berusaha untuk membagikan progres olahraganya, melalui fitur Story Instagram dan menandai temannya masing-masing untuk mengajak.

Bukan hanya mendapatkan sehat, tetapi kamu juga bisa mendapatkan teman dan relasi baru melalui komunitas ini yang memiliki hobi yang sama denganmu. Dengan melakukannya bersama-sama meskipun tidak langsung bertatap muka, kamu jadi semakin bersemangat untuk meningkatkan keahlianmu dalam olahraga, bukan?

Selain berdampak baik bagi kesehatan, olahraga lompat tali juga merupakan jenis olahraga yang dapat dieksplorasi sendiri, terlebih ketika melakukannya di rumah. Ada banyak variasi lompatan yang dapat kamu lakukan, sehingga seseorang tidak jenuh ketika melakukan olahraga lompat tali. Terdapat trik-trik yang hampir mirip dengan gerakan dalam workout.

Salah satunya adalah bagaimana seseorang dapat berdansa dengan tali dengan metode rope flow. Olahraga tali banyak macamnya, dan rope flow ini merupakan metode berupa terapi sekaligus berolahraga yang cocok untuk dilakukan oleh semua umur.

Bagaimana, mudah kan untuk melakukan lompat tali? Tunggu apa lagi, yuk mulai berolahraga lompat tali di rumah sedari dini!

Referensi: Republika | Halodoc | Healthline