Mencoba Olahraga Ringan di Rumah dengan Manfaat yang Besar
Ilustrasi│Ryan McGuire/Pixabay

Tahukah Goodmates bahwa banyak sekali penyakit mematikan yang berasal dari pola hidup tidak sehat. Mulai dari diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung semuanya dapat disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

Pola gaya hidup sehat cukup sederhana, kamu hanya perlu makan makanan sehat, serta rajin berolahraga. Nah, bagi sebagian orang, olahraga mungkin adalah hal yang cukup sulit dilakukan di tengah-tengah kesibukan yang ada.

Namun, bagi kamu yang mengalami hal seperti itu tidak perlu khawatir. Ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah loh! Meskipun ringan, tapi olahraga-olahraga ini bisa memberikan dampak besar jika dilakukan dengan rutin. Penasaran apa saja olahraganya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Lompat tali

Olahraga yang pertama adalah lompat tali. Lompat tali sangatlah sederhana, kamu hanya memerlukan sebuah alat skipping saja untuk melakukannya dan bisa dilakukan di rumah.

Olahraga lompat tali ini mampu membakar kalori di dalam tubuh setara dengan olahraga lari. Lompat tali juga efektif untuk menurunkan berat badan, bagus untuk pernapasan, serta membantu merawat kesehatan jantung.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu sebanyak 10 menit setiap harinya untuk melakukan lompat tali. Kamu bisa melakukannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Cobalah untuk melakukannya rutin dalam satu bulan, dan lihat perbedaan yang terjadi di tubuhmu.

Naik turun tangga

Naik turun tangga mungkin adalah olahraga yang paling mudah dan bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu menaiki dan menuruni tangga secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Meski terkesan sepele, tapi olahraga ini cukup untuk membuat tubuh kita berkeringat.

Naik turun tangga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya menguatkan jantung dan paru-paru, menguatkan otot dan tulang, hingga menurunkan risiko terkena stroke.

Kamu bisa melakukan olahraga ini saat ada waktu luang di rumah. Jika di rumahmu tidak ada tangga, kamu bisa menggantinya dengan meja kecil atau kursi.

Melakukan workout

Ilustrasi│Keifit/Pixabay

Saat ini, banyak aplikasi yang ada di smartphone yang bisa membantu kita untuk melakukan workout di rumah. Aplikasi-aplikasi ini sudah dirancang dan disesuaikan untuk mempermudah kita melakukan olahraga di rumah.

Kita pun tidak perlu bingung, karena dalam aplikasi sudah disediakan instruksi lengkap tentang apa yang harus kita lakukan dan kita hanya perlu mengikuti instruksi itu. 

Setiap workout didesain sedemikian rupa agar kita bisa melakukannya di rumah dengan waktu yang tidak banyak dan peralatan terbatas. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa men-track progress workout kita, sehingga kita bisa melihat perkembangannya.

Nah, itu dia beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan jogging atau bersepeda di akhir pekan. Ingat, jangan malas berolahraga, ya!

Referensi: HalodocAlodokter