Mengapa Upacara Bendera Dilaksanakan Setiap Senin?
Ilustrasi bendera merah putih yang dikibarkan saat upacara bendera. | Sumber: Bisma Mahendra/Unsplash

Setelah menikmati akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu, Kawan bersiap-siap menyambut hari Senin. Semasa sekolah dahulu, hari Senin di sekolah umumnya diawali dengan mengadakan upacara bendera. Para siswa berhamburan keluar dari kelas dan cepat-cepat membentuk barisan di lapangan.

Belum lagi kadang ada razia pula! Lupa memakai sabuk, lupa membawa topi, dan seterusnya. Atau meski diminta untuk disiplin mengikuti dengan khidmat, ada saja teman yang melucu dan bikin menahan ketawa! Panas terik mentari dan suasana saat upacara bendera. Siapa yang masih ingat?

Tapi, setelah puluhan hingga ratusan kali mengikuti upacara bendera setiap hari Senin di sekolah, apakah Kawan tahu mengapa upacara bendera harus dilaksanakan setiap hari Senin?

Awal mula hadirnya upacara bendera

Ilustrasi upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah. | Sumber: B Santoso/Liputan6.com
Ilustrasi upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah. | Sumber: B Santoso/Liputan6.com

Mengutip dari Line Today yang bekerjasama dengan Quora, terdapat salah satu jawaban yang diangkat nih. Disebutkan bahwa upacara bendera di sekolah sebetulnya merupakan ritual peninggalan masa penjajahan Jepang. Merangkum catatan akademisi Yohana Johns, yang pernah menjadi murid di sekolah perguruan di Padang Panjang, Sumatera Barat pada masa penjajahan Jepang, dalam buku Japan in Asia, 1942-1945 (1981) pada salah satu babnya yang berjudul “The Japanese as Educators in Indonesia: A Personal View” rutinitas sehari-hari dilakukan secara gaya militer, mulai dari bangun pagi kemudian mengadakan upacara pengibaran bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Jepang.

Upacara bendera di sekolah adalah suatu ritual peninggalan masa penjajahan Jepang. Pada masa Perang Dunia Kedua, sekolah-sekolah di seluruh wilayah yang diduduki oleh tentara Jepang diwajibkan mengadakan upacara bendera dan penyanyian lagu kebangsaan setiap hari sebagai simbol hormat kepada Kaisar.

Karena upacara pengibaran bendera menjadi suatu kebiasaan pada masa penjajahan Jepang, upacara pengibaran bendera juga dilaksanakan saat proklamasi kemerdekaan Indonesia, dikutip dari Line Today ini dilaksanakan sebagai simbol penggantian “penguasa” di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Kenapa upacara bendera dilaksanakan setiap Senin?

Ilustrasi pelaksanaan upacara bendera saat hari Senin di sekolah. | Sumber: Berita Kota Makassar 
Ilustrasi pelaksanaan upacara bendera saat hari Senin di sekolah. | Sumber: Berita Kota Makassar 

Ternyata upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin terhitung sebagai sebuah kewajiban lo Kawan. Pasalnya pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti disebutkan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan, kegiatan wajib yang dilakukan salah satunya adalah upacara bendera setiap hari Senin dengan mengenakan seragam atau pakaian yang sesuai dengan ketetapan sekolah.

Selain wajib dilaksanakan, upacara bendera yang dilaksanakan di sekolah juga memiliki tujuan dan manfaat kok. Berdasarkan pasal 3 Permendiknas Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, mengutip dari Merdeka, setidaknya terdapat enam tujuan upacara bendera dilaksanakan di sekolah.

Pertama, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; kedua, membiasakan bersikap tertib dan disiplin; ketiga, meningkatkan kemampuan memimpin; lalu, membiasakan kekompakan dan kerjasama; kemudian, menumbuhkan rasa tanggung jawab; dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Referensi: Line Today | Kemenag | Merdeka