Cara Ampuh Atasi Kulit Belang dengan Bahan Alami
Mengatasi kulit belang | Foto: Unsplash

Memiliki kulit belang tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Kulit belang membuat tampilan menjadi tidak maksimal. Sebaliknya, memiliki kulit yang cerah akan mendorong rasa percaya diri dengan penampilan yang menarik.

Aktivitas yang padat di luar rumah, terutama di bawah sinar matahari adalah penyebab utama terjadinya kulit belang. Ada beragam aktivitas seperti berolahraga hingga berjalan santai yang memaksa kita untuk terpapar sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari yang terlalu terik membuat warna kulit menjadi tidak rata atau tampak belang. Pada dasarnya, tubuh juga memerlukan vitamin D dari sinar matahari. Akan tetapi, jika terpapar terlalu lama akan menyebabkan warna kulit belang.

Nah, kamu perlu mengetahui bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa mengatasi masalah kulit belang. Bahan-bahan ini tentu mudah kamu dapatkan. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Kulit Jeruk

Jeruk untuk menghilangkan kulit belang | Foto: Pexels

Jika kamu suka makan jeruk, jangan buang kulitnya. Pasalnya, kulit jeruk bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit belang. Kulit jeruk mengandung vitamin E yang bisa membantu meratakan warna kulit.

Baca juga: Bisa Suburkan Tanah, Micin Bermanfaat Bagi Tanaman

Caranya, kamu perlu mengeringkan kulit jeruk dan haluskan. Campurkan kulit jeruk dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh gula merah. Jika sudah, balurkan campuran tersebut ke kulit kamu dan tunggu selama 15 menit.

2. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya untuk menghilangkan kulit belang | Foto: Pexels

Tidak hanya untuk menyehatkan rambut, lidah buaya ternyata bagus untuk mengatasi masalah kulit belang. Bahkan, lidah buaya juga termasuk dalam beberapa bahan pada produk-produk kecantikan.

Cara menggunakannya pun mudah, kamu tinggal mengambil gel lidah buaya dan mengoleskannya pada kulit. Tunggu sekitar 15 hingga 20 menit. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Lidah buaya juga bermanfaat untuk kulit kamu yang sering terpapar sinar matahari. Pasalnya, lidah buaya akan meringankan efek sengatan sinar matahari dan menjaga kulit agar tetap lembap.

3. Bengkuang 

Bengkuang untuk menghilangkan kulit belang | Foto: jovee.id

Bahan alami selanjut paling awam untuk mengatasi permasalahan kulit, mengingat banyak produk kecantikan kulit yang menggunakan bahan bengkuang di dalamnya. Hal ini karena bengkuang kaya akan nutrisi dan vitamin.

Baca juga: Anti Awkward, Begini Cara Atasi Canggung Ketemu Teman Lama

Kandungan vitamin B dan C pada bengkuang baik bagi kesehatan kulit, termasuk meratakan kembali warna kulit yang belang. Cara menggunakannya adalah kamu harus mengambil air bengkuang dengan memarut buahnya.

Diamkan air bengkuang sekitar satu malam agar mengendap. Jika sudah, gunakan endapan air bengkuang sebagai lulur di daerah kulit belang. Kamu juga bisa menambahkan dengan plain yoghurt dan sedikit garam untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Kunyit

Kunyit untuk menghilangkan kulit belang | Foto: Unsplash

Memilki kandungan curcumin dan antioksidan, kunyit mampu memberikan efek mencerahkan kulit. Selain itu, kunyit juga bermanfaat meratakan warna kulit yang belang.

Kamu bisa memarut beberapa batang kunyit dan campurkan dengan sedikit air. Diamkan air tersebut hingga sari kunyit mengendap. Campurkan endapan sari kunyit dengan tepung beras dan oleskan di daerah kulit belang.

5. Mentimun

Mentimun untuk menghilangkan kulit belang | Foto: Pexels

Kandungan vitamin A pada mentimun cocok buat mengatasi permasalahan kulit belang. Hal tersebut karena vitamin A mampu untuk meratakan warna kulit. Kamu bisa menggunakan kombinasi mentimun dan lidah buaya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Kampus IPB Hadirkan Komunitas Golf, Tertarik Bergabung?

Caranya, blender mentimun bersamaan dengan gel lidah buaya sampai halus. Oleskan campuran tersebut pada daerah kulit belang dan tunggu hingga 20 menit. Kamu juga bisa menambahkan dengan bahan tepung atau lemon.

Nah, itu tadi beberapa tips bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit belang. Tentu hasilnya tidak instan, kamu harus melakukannya secara konsisten sampai kulit cerah kembali.

Referensi: Popmama | Kontan