Tips Hidup Hemat Mengatur Keuangan Mahasiswa
Ilustrasi hemat mahasiswa | Foto: Kiplinger

#FutureSkillsGNFI

Bagi seorang mahasiswa yang baru saja memasuki dunia perkuliahan dan belum memiliki penghasilan sendiri, tentunya uang jajan yang lancar dalam setiap bulannya sangatlah diharapkan. Uang ini bisa diperoleh dari kiriman orang tua, saudara, maupun beasiswa yang memberikan alokasi biaya hidup bagi para penerimanya. Dengan uang inilah mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan harian, seperti keperluan makan, transportasi, biaya kost, dan keperluan kuliah lainnya.

Banyak mahasiswa yang masih malas dan abai dalam mengatur urusan finansialnya. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang diluar prediksinya seperti uang kiriman yang telat membuatnya kebingungan. Bahkan beberapa diantaranya sampai mengabaikan kebutuhan primernya seperti makan, tentu bila hal itu terus menerus dilakukan akan timbul masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Uang bulanan yang pas-pasan bukan berarti mahasiswa harus hidup dalam kesusahan. Dengan sedikit kesadaran dan trik untuk mengatur pengeluaran, kamu dapat menghemat uang bulanan dengan cukup mudah. Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghemat biaya hidup selama kuliah.

1. Membuat Perencanaan

Untuk rencana pengeluaran, kamu perlu membuat daftar apa saja yang menjadi kebutuhan pokok. Mahasiswa umumnya memerlukan biaya untuk sewa kost, tranportasi, makan, laundry, pulsa, kuota internet dan hal-hal lain yang mendukung kegiatan pengembangan diri maupun yang bersifat rekreasional. Tentukan jenis kebutuhan yang menjadi prioritas, agar uang kamu dapat dipergunakan dengan optimal.

Selanjutnya tentukan budget, baik untuk harian, mingguan, hingga bulanan. Pastikan agar jenis kebutuhan yang telah kamu tentukan dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Hal ini sangat penting untuk mencegah pembengkakan biaya hidup yang sifatnya rutin dikeluarkan.

2. Usahakan Memilih Tempat Tinggal Di Sekitar Kampus

Bila kamu berhasil mendapatkan tempat kost maupun kontrakan yang dekat dengan kampus, tentu akan lebih mudah bagi kamu untuk menghemat biaya transportasi. Jika memungkinkan, kamu dapat berjalan kaki maupun menggunakan sepeda saat pergi ke kampus. Cara seperti ini selain ramah di kantong sekaligus dapat mendukung gaya hidup sehat.

Kalaupun akhirnya kamu mendapatkan tempat tinggal yang tergolong jauh dari kampus, prioritaskan agar dapat menggunakan transportasi umum. Hindari membawa mobil sekalipun kamu punya, mengingat biaya bahan bakar dan perawatannya yang tidak sedikit. Jika memang memerlukan kendaraan pribadi, maka motor sudah lebih dari cukup untuk menunjang keperluan sehari-hari.

3. Cari Tempat Makan Yang Terjangkau

Biaya makan sehari-hari kita semua tentu tidak sedikit, upayakan agar kamu menemukan tempat makan disekitar kampus seperti warung dan kantin yang tidak bikin kantong jebol. Sebenarnya boleh-boleh saja jika kamu ingin makan di tempat yang lebih mewah, namun jangan terlalu sering dilakukan.

Selain itu jangan terpengaruh oleh gaya hidup konsumtif lingkungan kita. Banyak mahasiswa yang lebih mengutamakan gaya, sehingga menjadi membengkak. Kurangi intensitas nongkrong di tempat yang pricy seperti coffeshop karena secangkir kopi ditempat ini bisa mencapai 30 ribu, ganti dengan membuat kopi sendiri bersama kawan di tempat tinggal.

4. Gunakan Fasilitas Perpustakaan Untuk Keperluan Buku

Jangan terlalu boros dalam membeli buku akademik maupun sekedar hiburan saja. Maksimalkan keberadaan perpustakaan di kampus untuk membaca ataupun meminjam buku sebagai penunjang perkuliahan. Karena banyak mahasiswa yang terobsesi mengoleksi banyak buku dengan membelinya namun tak jarang malah dibiarkan begitu saja.

Selain itu kamu dapat menjalin hubungan baik dengan kakak tingkat di kampus, karena terkadang mereka memiliki banyak buku yang kita perlukan. Tak jarang pula, kamu akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Kemudian kamu juga dapat mencari versi e-book yang dapat diunduh secara gratis di internet, cara ini juga sangat membantu mahasiswa dalam menekan angka pengeluaran.

5. Menabung

Sedari kecil, kita semua telah diajarkan untuk menabung oleh orang tua. Cara paling sederhana untuk menabung adalah dengan menyisihkan sebagian uang jajan yang telah diberikan kepada kita. Kebiasaan ini memiliki dampak positif bila kamu terapkan saat menjadi mahasiswa.

Jika memungkinkan, kamu juga dapat sambil berinvestasi dengan uang yang telah kita sisihkan itu. Terdapat banyak jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan seperti deposito, saham, reksadana dan lain sebagainya. Opsi lainnya adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan, dapat kamu lakukan secara mandiri atau bersama dengan kawan.

Selain dengan menyisihkan langsung sebagian budget kita untuk ditabung, ada cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan membeli barang kebutuhan yang sedang promo atau diskon. Di supermarket atau olshop tempat kita belanja seringkali terdapat promo buy one get one free atau diskon beberapa persen. Bila kamu pandai mendapatkan informasi seperti ini, tentu uang yang seharusnya kamu keluarkan untuk kebutuhan akan berkurang dan memperbanyak jumlah uang yang bisa kamu simpan.

6. Jaga Kesehatan Dan Jangan Merokok

Bagi mahasiswa yang nge-kost, sakit adalah malapetaka. Akan banyak kewajiban kuliah yang terabaikan disamping kita harus mampu merawat diri yang tengah sakit. Belum lagi jika harus ke dokter, tentu akan membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Cara termudah untuk  menjaga kesehatan yang dapat kamu lakukan adalah dengan rutin berolahraga, hindari begadang, konsumsi makanan/minuman sehat. Kebiasaan inilah yang perlu diterapkan mulai hari ini, karena tubuh yang sehat merupakan investasi terbaik kita di masa depan. Selain itu jangan sekali-kali menyentuh rokok dan alkohol, disamping menjadi pemborosan juga beresiko menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari

Tips hidup hemat dan mengatur keuangan di atas memang terkesan sederhana. Akan tetapi, kamu perlu praktekkan langsung agar dapat merasakan manfaat besar yang diperoleh karena konsisten. Membiasakan diri untuk berhemat dengan mengelola keuangan dengan cermat akan mempermudah hidup kita di masa yang akan datang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, khususnya para mahasiswa. Jangan ragu untuk memulai kebiasaan baik. Lakukan tips diatas agar kehidupan kamu sebagai mahasiswa dapat berjalan dengan baik.

 

 

Sumber:

Tung Desem Waringin. 17 Oktober 2016. Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Pelajar. Finance.detik.com – https://goo.gl/zXxwa3

Admin. 17 April 2016. Ini 7 Tips Menghemat Uang Saku. Kompas.com – https://goo.gl/xAgspr

Adriana Anjani, S.I.P. 6 Juni 2018. 90% Berhasil! Ini Dia Tips Kelola Uang Jajan Ala Mahasiswa yang Mudah Ditiru - https://www.finansialku.com/tips-kelola-uang-jajan-ala-mahasiswa-yang-mudah-ditiru/