Mengenal Bentuk Love Language, Mana Versimu?
Love Language | Unsplash - Laura Ockel

Jangan merasa aneh jika Goodmates menemukan bahwa teman, keluarga, bahkan pacarmu memperlakukanmu dengan cara yang berbeda. Pasalnya, setiap manusia di dunia memiliki caranya tersendiri untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang terhadap makhluk hidup lainnya.

Orang-orang ahli menyebutnya sebagai love language. Kata tersebut ditemukan oleh salah satu penulis tersohor di Amerika bernama Dr. Gary Chapman dalam bukunya sendiri berjudul 'The 5 of Love Language'.

Bukan main, dikutip dari Biro Psikologi Lestari, sebelum menulis buku tersebut Chapman telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat catatan tentang pasangan yang telah berkonsultasi dengannya. Hasilnya ia mengetahui bahwa setiap manusia memiliki cara mengekspresikan dan kebutuhan cinta yang berbeda.

Maka dari itu, kita wajib mengenal seperti apa love language seseorang agar dapat memperlakukan orang tersebut dengan lebih baik lagi. Selain itu, kita juga bisa mempererat hubungan satu sama lain. Seperti apa bentuk love language tersebut? Berikut informasinya.

Macam bentuk love language

Bentuk Love Language | lansano
Bentuk Love Language | lansano

Sebelum jauh mengetahui bentuk love language, kita perlu tahu secara general mengenai arti dari love language sendiri. Dilansir dari Verywell Mind, love language merupakan konsep yang menjelaskan bagaimana seseorang bisa memberikan dan juga mendapatkan cinta dalam sebuah hubungan.

Mungkin sebagian akan mengatakan bahwa berkomunikasi adalah jalan untuk mengerti satu sama lain. Ternyata komunikasi adalah salah satu cara untuk mengerti pasangan atau orang terdekatmu, masih ada cara lain untuk memberikan atau mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang seseorang.

Kamu juga harus ingat bahwasannya setiap orang akan memiliki cara pengekspresian kasih sayang yang berbeda walau dari segi lain kamu merasa klop atau cocok dengan dia. Memahami love language seseorang dapat membuat hubungan menjadi lebih 'intim' lagi.

Tidak hanya itu, dengan mengenal love language pun akan menghindarkan kesalahpahaman satu sama lain yang mungkin memang memiliki cara ekspresi yang berbeda. Semua tentang memahami satu sama lain.

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Sesuai dengan namanya, sosok dengan love language seperti physical touch atau sentuhan fisik biasanya lebih senang mengekspresikan kasih sayangnya dengan sentuhan dari kulit ke kulit.

Contohnya seperti berpegangan tangan, mengusap rambut, berpelukan, dan bahkan melakukan hubungan intim. Eits, bukan berarti kamu dapat seenaknya menyentuh sosok terdekatmu, ya!

Love language yang satu ini memang sedikit riskan bagi sebagian orang. Maka dari itu wajib bagi kamu untuk berkomunikasi dan memahami batasan pasangan atau orang terdekatmu, ya.

Words of Affirmation (Kata yang Menguatkan)

Komunikasi tidak hanya menjadi kunci untuk mengerti satu sama lain, tetapi juga mengekspresikan rasa cinta. Hal tersebut dapat 'bekerja' pada sosok yang senang dengan words of affirmation' sebagai love language nya.

Bukan sembarang komunikasi, word of affirmation biasanya menggunakan kata yang lebih menguatkan seperti apresiasi, pujian, dan lain-lain. Bahkan jangan sungkan jika kamu ingin memberikan pesan tersebut dalam bentuk surat, notes, dan bentuk komunikasi lainnya, mereka akan sangat menyukainya.

Quality Time (Waktu yang Berkualitas)

Dalam bahasa Indonesia, mungkin sedikit sulit untuk mengartikan maksud dari 'waktu yang berkualitas', tetapi maksud dari sana adalah bagaimana kamu mendapat atau mengekspresikan rasa cinta dengan menghabiskan waktu bersama.

Memanfaatkan waktu berdua tanpa ada yang mengganggu merupakan hal yang disenangi oleh sosok yang menganut quality time dalam love language-nya. Contohnya kamu bisa traveling, menonton film, atau bahkan jalan kaki ke taman saja sudah cukup.

Gift Giving (Memberi Hadiah)

Dapat dilihat dari tajuk bahwa love language yang satu ini akan senang jika mendapat hadiah. Eits, tapi bukan soal mahal atau tidaknya hadiah yang di dapatkan, ya! Hal yang dilihat dari sosok yang senang dengan gift giving adalah maknanya. 

Artinya adalah dia akan sangat senang mengetahui seberapa besar kamu berusaha untuk menyisihkan waktu, tenaga, atau bisa kita sebut effort-mu untuk menyiapkan hadiah tersebut. 

Act of Service (Tindakan)

'Talk less, do more' adalah pedoman bagi seseorang yang memiliki atau senang dengan sosok yang memiliki love language tindakan atau act of service. Orang yang satu ini biasanya memang tidak banyak bicara, tapi senang memperlakukanmu dengan tindakannya.

Contoh yang mungkin pernah kamu lihat adalah dengan bagaimana dia membukakan pintu untuk kamu, membuatkan sarapan, membantu kala sedang kesulitan, mengantar jemput, dan tindakan-tindakan lainnya.

Bagaimana Goodmates, sudah mengenal love language itu seperti apa? Sekarang sudah lebih mudah mengenal versimu dan sosok terdekat, 'kan? 

Referensi:  Biro Psikologi Lestari | Verywell Mind