Mengenal Chromebook, Beda dari Laptop Pada Umumnya
Ilustrasi Chromebook│XPS/Unsplash

Kita semua pasti sudah tidak asing dengan sebuah laptop. Bahkan, mungkin sebagian dari kita memiliki sebuah laptop dan sudah familiar dengannya. 

Dua jenis laptop yang sudah sangat umum ditemui adalah laptop Windows MacBook. Namun, di samping kepopuleran kedua jenis laptop tersebut. Tahukah kamu ada sebuah laptop yang dikembangkan oleh Google bernama Chromebook?

Laptop yang dikembangkan oleh Google

Chromebook adalah sebuah laptop yang dikembangkan oleh Google. Chromebook pertama kali diluncurkan pada 2011 lalu. Seperti laptop-laptop pada umumnya, Chromebook memiliki keyboard fisik, layar yang lebar, serta dibekali dengan sebuah kamera. Yang membedakan Chromebook dengan laptop lain, adalah sistem operasinya.

Sistem operasi Chromebook dikembangkan oleh Google, sehingga pengalaman yang diberikan akan terasa sangat “Google” sekali.  Seperti halnya MacBook yang menggunakan sistem operasi Mac OS, dan dan laptop Windows yang menggunakan sistem operasi garapan Microsoft. Chromebook menawarkan Chrome OS yang memiliki pengalaman berbeda dari sistem operasi lain.

Sistem operasi berbasis web browser

Chromebook│Andrew Neel/Unsplash

Seperti namanya sendiri, Chromebook berbasis pada web browser populer besutan Google, yaitu Chrome. Maka dari itu, Chromebook akan lebih optimal digunakan saat terkoneksi dengan internet, tidak seperti Windows atau Mac yang masih bisa digunakan saat offline.

Meski Chromebook berbasis web browser, Chromebook masih bisa sangat diandalkan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan di internet. Bahkan, banyak juga pekerjaan atau bahkan hiburan yang kini bisa diakses melalui internet tanpa menginstall aplikasi.

Namun, kekurangan dari Chromebook adalah, kamu tidak bisa mendownload aplikasi seperti Microsoft Office dan Photoshop yang bisa didownload pada laptop pada umumnya. Namun, sebagai gantinya, aplikasi Google yang tersedia di Chromebook sudah cukup lengkap. Mulai dari Google Docs, Google Spreadsheet, hingga YouTube.

Mirip seperti android

Bagi kamu yang menggunakan perangkat android, mungkin kamu tidak akan merasa asing dengan pengoperasian Chromebook. Android sendiri, ciptaan Google seperti halnya Chromebook dan keduanya memiliki tampilan yang cukup familiar.

Bisa dibilang Chromebook adalah sebuah android dalam sebuah laptop. Bahkan, kamu juga bisa mendownload berbagai aplikasi dan games di play store menggunakan Chromebook juga loh!

Cocok untuk pelajar

Chromebook│Nathan Dumlao/Unsplash

Chromebook sangat cocok digunakan untuk pelajar, mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Sistem operasi Chromebook yang simpel akan sangat mudah dipahami oleh anak sekolah. Chromebook sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh karena bisa digunakan untuk zoom juga. 

Chromebook sangat cocok digunakan untuk pelajar. Laptop ini dirancang khusus untuk browsing sehingga memudahkan pelajar sekolah untuk belajar di internet. Selain itu, Chromebook juga masih sangat mumpuni untuk digunakan mengerjakan tugas sekolah.

Harga Chromebook juga tidak terlalu mahal, umumnya Chromebook dijual dengan harga yang lebih terjangkau daripada sebuah laptop pada umumnya. Chromebook seharga 3 juta pun sudah sangat mumpuni untuk digunakan anak belajar. Chromebook saat ini juga sudah diproduksi oleh berbagai perusahaan teknologi. Mulai dari Lenovo, Asus, hingga Samsung, semuanya sudah memproduksi Chromebook.

Namun, karena kemampuan Chromebook cukup terbatas, Chromebook tidak cocok bagi kamu pekerja kantoran atau seorang desainer. Bagi kamu yang seorang pekerja kantoran atau desainer, Chromebook mungkin bukan pilihan yang tepat untukmu.

Referensi: CnetIDN TimesHitekno