Mengenal Cloud Computing, Tidak Terlihat tapi Terasa Manfaatnya
Cloud Computing | Cloud Oplossingen

Goodmates sudah mengenal istilah Cloud Computing? Istilah ini memang terdengar cukup asing disebagian orang. Namun, apakah Goodmates tahu bahwasannya Cloud Computing sudah digunakan oleh banyak orang.

Biasanya, Cloud Computing ini digunakan oleh pribadi maupun perusahaan dengan bentuk yang besar. Bahkan, Cloud Computing ini disebut sebagai lifesaver bagi banyak orang terlebih lagi yang memiliki banyak sekali 'barang' untuk dimasukan.

Lantas, apa itu Cloud Computing? Istilahnya tidak banyak didengar tetapi penerapannya sudah banyak digunakan oleh banyak orang ini, ya? Berikut informasinya.

Mengenal Cloud Computing

Mengenal Cloud Computing | Vietnamnet
Mengenal Cloud Computing | Vietnamnet

Cloud Computing atau yang bisa disebut komputasi awan merupakan sistem yang bekerja dengan memberikan wadah bagi para pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data dengan mudah.

Cloud Computing ini bisa disebut sebagai lifesaver atau penyelamat masa kini, terlebih lagi ketika sedang berada jauh dari jangkauan pekerjaan atau saat memiliki begitu banyak data untuk disimpan tetapi gadget tidak memiliki ruang untuk menyimpan datamu.

Namun satu kelemahan yang dimiliki Cloud Computing yaitu perlu tersedianya jaringan internet untuk membuka dan terhubung dengan Cloud Computing. Namun, beberapa perusahaan yang menyediakan Cloud Computing mulai mengembangkan media ini dengan menyediakannya secara offline sehingga dapat digunakan kapan saja.

Walau memiliki kelemahan, Cloud Computing ini masih sering digunakan oleh banyak orang sebab kapasitasnya yang luar biasa besar sehingga bisa menyimpan banyak data dalam bentuk apapun di dalamnya. Lebih hebatnya lagi, media ini bisa disimpan secara private maupun diberikan kepada publik asal ada izin dari pengguna itu sendiri.

Jenis Cloud Computing

Dilansir dari Niagahoster, Cloud Computing memiliki tiga jenis berdasarkan bentuk layanannya sebagai berikut:

1. Software-as-a-Service (SaaS)

Sistem yang menyediakan aplikasi siap pakai sehingga kamu tidak perlu pusing menginstall aplikasi secara terpisah. Sebab, dalam satu aplikasi tersebut sudah merangkum banyak aplikasi.

Salah satunya Cloud Computing tersebut asal kamu memiliki akun. Bahkan, tidak perlu repot-repot upgrade sebab pemilik layanan yang akan melakukannya, contohnya adalah Office 365.

2. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

Rangkaian server yang berbeda dengan SaaS sebab tidak menggunakan aplikasi. Hal yang membedakan IaaS adalah pengguna dapat memilih layanan atau spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya  Web Service dan Microsoft Azure.

3. Platform-as-a-Servie (PaaS)

Layanan yang satu ini merupakan layanan yang cukup umum digunakan oleh banyak orang baik secara pribadi maupun perusahaan. Dari segi penggunaan, PaaS dan SaaS memiliki persamaan yang cukup besar.

Tetapi yang membedakan adalah kamu tidak perlu menginstal PaaS sebab sudah tersedia di internet. Contohnya Google App Engine, Oracle Cloud Platform, Facebook, dan lainnya.

Model Cloud Computing

Kali ini Goodmates akan mengenal model Cloud Computing yang didasarkan oleh pernyataan tertulis CloudHost sebagai berikut:

1. Private Cloud

Sesuai dengan namanya, Private Cloud merupakan penyimpanan yang bersifat private atau hanya bisa digunakan untuk anggota organisasi atau perusahaan tertentu. Biasanya, digunakan untuk interaksi bisnis dalam sebuah perusahaan. Sebab, datanya bersifat khusus atau tidak untuk disebarkan ke publik diluar lingkup perusahaan.

2. Community Cloud

Biasanya, digunakan oleh dua perusahaan atau lebih dalam satu komunitas untuk meraih tujuan yang sama. Tipe Cloud yang satu ini bisa dikelola oleh pihak ketiga ataupun internal dan eksternal sehingga pembayaran Cloud akan lebih murah.

3. Public Cloud

Sederhananya adalah Cloud ini biasanya diisi data yang bisa dilihat oleh siapapun atau oleh publik manapun. Contoh yang paling mudah adalah media sosial Facebook, Twitter, Youtube, dan lainnya.

4. Hybrid Cloud

Gabungan dari Private dan Public Cloud yang biasa digunakan untuk pekerjaan tertentu. Layanan ini memiliki interaksi B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Consumer). 

Bagaimana Goodmates, sekarang sudah paham mengenai Cloud Computing? Jika masih kurang memahami, Goodmates mungkin akan mulai paham jika langsung mempraktekannya pada beberapa platform seperti media sosial, Google Drive, Gmail, Office 365, dan lainnya.

Referensi: Niaga Hoster | CloudHost