Mengenal Jurusan Animasi, Buat Kamu yang Ingin jadi Animator
Ilustrasi│Doug Maloney/Unsplash

Masa kecil kita pasti pernah dihiasi oleh serial animasi, seperti Spongebob, Upin & Ipin, serta serial kartun lainnya. Berkat suka menonton serial animasi seperti itu, pasti banyak juga di antara kita yang ingin menjadi pembuat kartun atau animator saat kecil.

Nah, buat kamu yang bermimpi ingin menjadi seorang animator, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan animasi. Iya, ada sebuah jurusan yang secara khusus mempelajari tentang pembuatan animasi, lo!

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari di jurusan animasi. Mulai dari membuat animasi, hingga mempelajari bagaimana manajemen produksi sebuah serial kartun. Penasaran? Selengkapnya bisa kamu cek di bawah ini.

Mengenal program studi animasi

Seperti yang disinggung sebelumnya, pada program studi ini kamu akan belajar seputar pembuatan animasi. Lebih tepatnya, kamu akan belajar tentang bagaimana teknik membuat sebuah gambar bergerak yang dapat menjadi sebuah animasi.

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari seputar pembuatan animasi. Mulai dari membuat efek visual, menyusun cerita, hingga manajemen produksi. Selain itu, program studi animasi biasanya dibagi menjadi dua peminatan, yaitu animasi film dan animasi game.

Antara peminatan animasi film dan animasi game umumnya akan mempelajari hal yang berbeda. Di peminatan animasi film kamu akan belajar banyak tentang video animasi seperti halnya animasi Spongebob, sedangkan pada animasi game kamu akan belajar seputar mendesain tampilan game atau bahkan membuat game itu sendiri.

Prospek kerja jurusan animasi

Ilustrasi│Dex Ezekiel/Unsplash

Prospek kerja lulusan animasi tentu sangat terbuka lebar. Seorang lulusan jurusan animasi tentu memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi animator. Kamu bisa bekerja di rumah produksi animasi sebagai animator, atau bahkan mulai memproduksi film atau game sendiri secara mandiri.

Seorang animator erat kaitannya bekerja di bidang hiburan atau bidang kreatif. Kedua hal ini adalah hal yang akan selalu hidup, dan akan selalu dibutuhkan kapanpun. Maka dari itu, lulusan jurusan animasi tidak perlu takut tidak mendapatkan pekerjaan.

Mengingat dunia hiburan dan bidang kreatif tidak akan ada matinya, selain menjadi animator, lulusan jurusan animasi juga bisa menjadi storyboard artist, visual effects designer, dan tentunya segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis.

Kampus yang memiliki jurusan animasi

Tidak seperti jurusan seperti Ilmu Hukum atau Kedokteran, jurusan Animasi adalah jurusan yang tidak begitu banyak tersebar di kampus yang ada di Indonesia. Beberapa kampus di Indonesia yang memiliki jurusan animasi, yaitu:

  • Institut Kesenian Jakarta 
  • Universitas Negeri Malang 
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta 
  • STMM MMTC Yogyakarta
  • Binus University
  • Universitas Multimedia Nusantara 
  • Sekolah Tinggi Media Komunikasi, UNiversitas Trisakti
  • Universitas Dian Nuswantoro

Itu dia sekilas informasi mengenai jurusan animasi. Apakah kamu berminat masuk jurusan ini?

Referensi: RuangguruRencanamu.idAkupintar