Mengenal Lebih Jauh Universitas Waseda, Kampus Jerome Polin
Universitas Waseda | Foto: Japan Bullet

Pada 11 Februari lalu, Jerome Polin Sijabat, seorang youtuber Indonesia baru saja menyelesaikan sidang skripsi dan dinyatakan lulus sarjana dari Universitas Waseda. Momen penting tersebut ia rayakan di Indonesia dan diabadikan dalam unggahan vlog yang sudah ditonton lebih dari 1 juta viewers.

Jerome merupakan salah satu awardee dari beasiswa Mitsui Bussan tahun 2016 yang membuatnya terbang ke Jepang untuk mempelajari ilmu matematika terapan di universitas bernama 早稲田大学 (Waseda Daigaku) atau Universitas Waseda. Penasaran apa saja fakta menarik dari universitas ini? Yuk, kita gali satu per satu!

Sejarah Universitas Waseda

Foto lawas Universitas Waseda | Foto: Waseda University

Hampir mencapai usia satu setengah abad, universitas ini berdiri pada 21 Oktober 1882. Pendirinya bernama Okuma Shigenobu, seorang negarawan yang juga merupakan perdana menteri Jepang (perdana menteri ke-5). Awalnya universitas ini bernama Universitas Tokyo dan baru berganti nama menjadi Waseda pada tahun 1902. 

Pada awal pendiriannya, Universitas Waseda menerima 80 mahasiswa yang tersebar di 4 departemen: sosial politik, hukum, bahasa Inggris, dan ilmu fisika. Penambahan departemen dan program studi yang ditawarkan terus bertambah seiring berjalannya waktu, seperti departemen literatur yang berdiri tahun 1890. 

Ketika Perang Dunia II berlangsung, banyak bagian dari bangunan kampus yang hancur karena serangan udara Amerika Serikat. Rekonstruksi dan segala bentuk perbaikan pun kemudian dilakukan pasca perang hingga akhirnya Universitas Waseda kembali buka pada tahun 1949. Kurikulum perkuliahan 4 tahun terbentuk di tahun yang sama.

Dilansir dari Hot Courses, saat ini lima jurusan yang dianggap populer di universitas ini adalah jurusan matematika, fisika, kimia, ilmu komputer, dan ilmu material.

Universitas Waseda, salah satu universitas terbaik di Jepang

Mahasiswa internasional | Foto: Waseda University/ICC

Pada infografis yang ditampilkan di laman resminya, Universitas Waseda menduduki peringkat ke-10 sebagai perguruan tinggi terbaik di Jepang, nomor 1 sebagai universitas tujuan bagi mahasiswa internasional, dan peringkat ke-77 di tingkat regional Asia.

Dalam dokumen yang terakhir diperbarui tahun 2021, universitas ini juga telah mengantarkan banyak alumninya menuju kesuksesan dengan adanya 8 alumni yang pernah menjabat sebagai perdana menteri. 

Universitas Waseda juga menduduki peringkat 48 dalam Fortune Global 500 CEO Alumni, menandakan bahwa banyak alumni dari almamater ini yang berhasil menjadi CEO dari berbagai perusahaan.

Tak hanya menghasilkan alumni yang berkarier di dunia pemerintahan dan bisnis, salah satu alumninya juga ada yang berkarier sebagai seorang penulis, yaitu Haruki Murakami. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa. Goodmates tentu pernah mendengar atau bahkan familiar dengan nama tersebut, bukan?

Universitas Waseda terletak di lokasi strategis

Shinjuku | Foto: Vitalina/Pexels

Universitas Waseda terdiri dari beberapa kampus yang menyebar di berbagai tempat, seperti kampus Honjō di Saitama dan kampus Kitakyūshū di Fukuoka. Kampus utamanya disebut Nishi-Waseda yang terletak di Shinjuku, Tokyo.

Shinjuku sendiri adalah daerah yang istimewa di Tokyo karena merupakan pusat komersial dan administrasi. Tak heran jika kawasan ini menjadi destinasi wisata populer bagi para wisatawan. Ini menunjukkan bahwa Universitas Waseda terletak di kawasan strategis yang dekat dengan berbagai fasilitas.

Koleksi buku di perpustakaan Universitas Waseda

Central Library | Foto: Waseda University

Sebagai universitas yang menawarkan banyak program studi di berbagai tingkat dan memiliki afiliasi dengan instansi pendidikan lain, Universitas Waseda memiliki 9 perpustakaan. Total koleksi buku dari perpustakaan-perpustakaan tersebut mencapai 5,9 juta, terdiri dari buku-buku Jepang serta buku-buku asing.

Itulah ulasan mengenai Universitas Waseda yang menjadi almamater bagi Jerome. Tak hanya sekedar lulus, ia juga diakui sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi dengan rilisnya sebuah artikel mengenai dirinya di web universitas dengan judul “Mimpinya Menjadi Menteri Pendidikan. Influencer yang Menyatukan Indonesia-Jepang". 

Referensi: Waseda University | Hot Courses | Kiddle | Fimela