Mengenal Pilates, Rahasia Body Goals Artis Korea
Pilates | Twitter

Tidak hanya cantik, artis Korea Selatan dikenal dengan tubuhnya yang ideal dan menjadi idaman banyak perempuan atau yang biasa disebut body goals. Namun, apakah Goodmates tahu bahwa membentuk tubuh seperti itu butuh perjuangan berat?

Sebelum menjadi artis, mereka yang disebut sebagai trainee harus melakukan diet untuk menjaga berat badan tubuhnya agar tetap ideal. Bahkan banyak idol Korea yang mengatakan bahwa agensi tempat meeka bernaung, akan terus memantau berat badan setiap minggu dan juga mengawasi makanan mereka.

Eits, walaupun status sebagai trainee telah usai, perjuangan menjaga berat badan tidak berakhir sampai sana. Diet masih harus berjalan demi menjaga citra di hadapan penggemar. Tetapi diet bukanlah satu-satunya cara agar tubuh tetap indah.

Ada rahasia yang sampai saat ini digunakan bahkan digandrungi oleh para artis Korea. Mari kita berkenalan dengan olahraga pilates, rahasia sekaligus 'senjata' terbentuknya body goals para artis Korea.

Berkenalan dengan pilates

Mengenal Pilates | Kpopping
Mengenal Pilates | Kpopping

Goodmates yang senang mengikuti artis Korea, baik itu idol atau aktris mungkin pernah melihat foto atau video mereka tengah berolahraga dengan bantuan tiang besi seperti di atas? Ya, kamu baru saja mengenal sedikit soal pilates.

Lebih tepatnya dikutip dari Self, pilates merupakan olahraga yang memfokuskan tidak hanya satu bagian saja tetapi semua bagian atau yang biasa disebut full body workout. Tujuannya untuk menguatkan otot, membentuk tubuh, dan juga melatih fleksibelitas tubuh.

Biasanya pilates dilakukan dengan bantuan alat, salah satunya seperti Pilates Reformer dan Cadillac Pilates yang mungkin Goodmates sudah lihat bentuknya di media sosial para artis yang biasa melakukan pilates. Namun, ada juga pilates yang hanya mengandalkan kekuatan fisik tanpa adanya bantuan alat.

Sekilas mungkin Goodmates akan melihat bahwa pilates mirip dengan olahraga yoga, ternyata kedua olahraga itu memiliki perbedaan yang cukup banyak, lho! Yoga lebih berfokus pada teknik pernafasan dan pikiran yang mengarah pada 'dimensi lain', pilates mengarah pada memperbaiki postur dan melatih otot.

Efektivitas dalam penurunan berat badan

Pilates untuk turunkan berat badan | Unsplash - I Yunmai
Pilates untuk turunkan berat badan | Unsplash - I Yunmai

Seperti yang disebutkan bahwa fokus pilates adalah membentuk otot dan memperbaiki postur tubuh. Namun, apakah pilates memiliki efektivitas yang sama dengan olahraga lain dalam menurunkan berat badan?

Dikutip dari Klik Dokter, pilates memang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Tetapi tidak sehebat cardio yang memang memiliki tujuan untuk membakar lemak. Salah satu contoh olahraga cardio adalah lari dan lompat tali.

Sementara untuk pilates, dia akan membentuk massa otot, memperbaiki metabolisme, dan dapat membantu rehabilitasi cedera yang membuat otot sulit digerakan. Maka dari itu, jika kamu ingin melakukan pilates, kamu juga harus menjaga makan agar otot yang terbentuk tidak tertimbun oleh lemak.

Namun Goodmates tidak perlu khawatir! Pilates juga dapat membakar kalori cukup banyak, kok. Dilansir dari Hello Sehat, kalori yang terbakar akan bergantung pada jenis pilates dan juga berat badan seseorang. Contohnya jika kamu memiliki berat badan 68 kg dan mengikuti kelas pilates pemula selama 50 menit, akan membakar sekitar 175 kkal atau kalori.

Hasilnya kelak akan berbeda jika kamu menggunakan bantuan alat seperti pilates reformer dan cadillac pilates. Mengkombinasikan olahraga pilates dengan olahraga lain seperti yoga, angkat beban, cardio, dan lainnya.

Lakukan olahraga pilates jika...

Siapa yang bisa melakukan olahraga pilates? | Koreanboo
Siapa yang bisa melakukan olahraga pilates? | Koreanboo

Jika kamu ingin otot tubuh terlebih lagi otot perut terbentuk secara sempurna. Kebanyakan olahraga pilates menggunakan core atau otot perut dalam pengerjaannya, makanya kamu tidak perlu heran jika banyak artis Korea yang memiliki perut rata dan berotot.

Selain itu jika kamu memiliki masalah nyeri pada punggung atau ingin memperbaiki postur menjadi lebih tegap, pilates bisa menjadi olahraga yang cocok. Sebab, fokus pilates yang mengarah pada segala bagian otot dan salah satunya adalah otot punggung, seperti halnya peregangan, ototmu akan kembali ke sedia kala.

Bagaimana Goodmates, tertarik untuk mengikuti pilates dan bertransformasi menjadi seperti artis Korea?

Referensi: Self | Klik Dokter | Hello Sehat