Mengenal Teknologi CGI, Realisasi Imajinasi Perfilman Masa Kini
Teknik CGI | InFocus Film School

PENULIS: Anisa Fitri Maulida



Menonton film merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Tidak hanya menyuguhkan jalan cerita yang menyenangkan, namun juga dapat memberikan representasi visual sehingga sebuah kisah terasa lebih nyata. 

Terlebih lagi saat ini ada begitu banyak film yang diadaptasi dari novel-novel terkenal. Dengan adanya film, apa yang ada di dalam novel dapat terealisasi dalam bentuk adegan-adegan nyata yang membawa penonton seakan masuk ke dalam kisah ceritanya.

Tapi pernah tidak, Kawan dibuat bingung oleh latar tempat, atau mungkin adegan yang dirasa kurang realistis saat menonton sebuah film? Tenang, Kawan tidak sendiri kok. Pasalnya ada begitu banyak film dengan berbagai tema menggunakan adegan yang mungkin tidak terlalu realistis jika dilakukan, 

Contohnya saja adegan seseorang mengendarai sapu terbang, atau adegan menaiki Burj Khalifa dengan tangan kosong. Atau jika Kawan pernah menonton film Avengers, Kawan dapat melihat ada beberapa super hero yang menggunakan kekuatan magis, dan bahkan ada adegan dimana mereka harus pergi ke luar angkasa.

Semua adegan tidak realistis, ataupun latar tempat, pun efek yang dilihat pada film kesayangan Kawan merupakan hasil dari teknologi masa kini, CGI.

 

Apa itu CGI?

Bila dijelaskan secara sederhana, CGI biasa disebut sebagai teknologi yang mengubah sebuah film menjadi lebih nyata dan realistis, merealisasikan imajinasi para pembuat film untuk dipertunjukan pada penonton.

Untuk film dengan tema fantasi, Sci-Fi, dan lainnya. CGI merupakan ‘senjata utama’ yang digunakan oleh para pembuat film untuk merealiasikan hal yang secara ilmiah tidak dapat dilakukan. Sama seperti adegan magis pada film Avenger.

Secara ilmiah, menurut Teknodaim Computer Generated Imagery atau yang biasa disebut CGI adalah teknologi untuk membentuk teknik pencitraan berbentuk 3D yang prosesnya dilakukan oleh komputer.

Awal Mula Berkembang CGI

Dilansir dari Glitz Media, awal berkembangnya CGI adalah pada film Westworld dan Futureworld. Westworld sendiri merupakan film yang tayang pada tahun 1973 dan sementara Futureworld merupakan film yang tayang pada tahun 1976.

Westworld sendiri menceritakan tentang keseruan taman hiburan yang menggunakan robot, namun sayangnya robot tersebut harus rusak dan berdampak pada pengunjung yang datang. Teknologi yang dihasilkan oleh film Westworld berupa wajah dan tangan palsu.

Sementara itu Futureworld merupakan film yang menceritakan tentang investigasi rahasia yang dilakukan oleh dua wartawan yang disewa untuk mengungkap kematian mantan karyawan taman hiburan Futureworld.

Sementara itu, ada juga Toy Story (1995) yang merupakan film animasi pertama yang menggunakan teknik CGI secara utuh. Tentu Kawan juga penasaran mengapa ada mainan yang bisa bergerak atau berbicara, bukan? Hal tersebut merupakan hasil dari teknologi CGI.

 

Teknik yang Bisa Digunakan oleh CGI

Ada begitu banyak teknik yang biasa digunakan oleh para pembuat film agar terlihat lebih sempurna. Hal tersebut dituliskan oleh Blog Unik mengenai teknik apa saja yang bisa digunakan oleh teknologi CGI sebagai berikut:

Digital Ressurection

Digital Ressurection | Kompasiana
Digital Ressurection | Kompasiana

Bagi Kawan yang pernah menonon series Fast and Furious. Mungkin tahu bahwasannya pemeran utama mereka yaitu Paul Walker meninggal sebelum pembuatan film Fast and Furious selesai. Namun ternyata mereka menggunakan CGI dengan teknik face scanning dan juga motion capture. 

Digital De-Aging

Digital De-Aging | Catchplay
Digital De-Aging | Catchplay

Bagaimana seorang aktor yang sudah tua bisa terlihat sangat muda dalam film. Bahkan aktor yang sama dapat memerankan dua peran berbeda dimana salah satu perannya adalah dia yang versi muda. Teknologi CGI ini dapat membantu mengubahnya.

Digital Nudity

Jika Kawan berpikir bahwasannya aktor adegan tanpa busana benar-benar dilakukan oleh aktor tersebut. Namun saat ini dengan CGI, aktor tidak harus melakukan hal tersebut. Namun mereka membutuhkan peran pengganti untuk menggantikan adegan tanpa busana tersebut, lalu wajahnya diganti oleh face scanning dan motion capture. 

Motion Capture

Motion Capture | KINECTIC
Motion Capture | KINECTIC

Yang paling terkenal dalam lingkup CGI adalah motion capture yang dimana merupakan teknologi yang menggunakan wajah aktor untuk membuat animasi. Salah satu contoh film yang dapat Kawan lihat adalah Avatar, atau Narnia.

Digital Location

Digital Location | Pinterest
Digital Location | Pinterest

Tidak kalah terkenal dalam lingkup CGI. Bagi Kawan yang pernah melihat adegan Avengers di luar angkasa, digital location ini lah yang membantu para pemain untuk mengubah latar tempat agar terlihat lebih realistis saat dipertunjukan.

Alat yang Harus dipersiapkan saat Menggunakan CGI

Dilansir dari Kelas Animasi, ada beberapa hal yang harus Kawan persiapkan jika akan menggunakan CGI. Alat tersebut adalah:

  • Software, semua dari teknologi CGI berasal dari software yang mendukung. Kawan bisa menggunakan software Blender, Adobe After Effect, dan lainnya.
  • Kamera, tentu saja menjadi hal yang paling dibutuhkan untuk mengambil sudut pandang video. Ada baiknya Kawan menggunakan kamera yang bagus untuk hasil yang maksimal.
  • Greenscreen, greenscreen ini biasa disebut sebagai tempat berlangsungnya realisasi imajinasi. Dengan menggunakan greenscreen, background dapat diganti sesuai dengan selera.
  • Lighting, untuk memaksimalkan cahaya pada greenscreen. 

 

Bagaimana Kawan, tertarik untuk mempelajari CGI? Kawan bisa mempelajari teknologi canggih tersebut dengan mencari tempat kursus animasi, dan lainnya. Selamat mencoba! 

Referensi: Teknodaim | Glitz Media | Blog Unik | Kelas Animasi