Mengorek Sejarah Bandung Bersama Komunitas Aleut
Komunitas Aleut | Jurnalposmedia

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Siapa yang tidak kenal dengan Bandung? Kota Pasundan satu ini menjadi kota yang banyak dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan lokal namun mancanegara. Pesona kota yang indah serta wisata kuliner yang beragam tidak pernah meninggalkan kesan baik pada wisatawan.

Pidi Baiq pernah mengatakan bahwasannya Bandung tidak hanya berbicara soal geografis, namun juga pada perasaan. Kenangan yang diberikan Kota Bandung serta isinya membuat banyak orang tidak pernah tidak rindu dengan kehadirannya di Kota Bandung.

Namun apakah Kawan tahu, bahwasannya Kota Bandung terbentuk dari banyak perjuangan dari orang-orang terdahulu? Semua perjuangan yang dilakukan untuk mempertahankan Bandung ditulis sebagai sejarah yang begitu indah, ditinggalkan bukti akan perjuangan mereka pada beberapa tempat di sana.

Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana orang terdahulu membentuk Kota Bandung hingga sampai seperti ini. Namun Kawan tidak perlu bersedih! Sebab Komunitas Aleut datang untuk bercerita mengenai sejarah Bandung hingga seperti sekarang ini.

 

Berdiri Sejak 2006, Mengajak Untuk Melihat Sejarah 'Tak Terlihat' Kota Bandung

Sejak 2006 | Suara
Sejak 2006 | Detik

Dilansir dari media menulis Komunitas Aleut, komunitas ini berangkat dari namanya ‘Ngaleut’ yang artinya berjalan beriringan, sementara ‘Aleut’ dalam Bahasa Sunda artinya sekelompok orang yang berjalan berbanjar atau beriringan seperti petani yang tengah melintasi jalan setapak.

Bisa dikatakan Komunitas Aleut ini adalah komunitas yang mengajak para Kawan untuk berjalan-jalan sebari mengorek sejarah Bandung hingga menjadi saat ini, Kawan akan diajak untuk menemukan bukti sejarah yang masih tersisa disana.

Yang menjadi menarik dalam Komunitas Aleut ini adalah, mereka dapat membawa Kawan menjelajahi sejarah Kota Bandung dengan cerita sejarah yang tidak pernah dituliskan sebelumnya di buku sejarah yang pernah Kawan baca.

Mereka dapat memperoleh cerita tersebut dari warga lokal, sebagai contoh adalah kemunculan Kampung Affandi yang ada di Braga. Mungkin orang-orang hanya mengetahui Braga sebagai situs sejarah dengan gedung yang khas, namun ternyata sebenarnya Kampung Affandi termasuk di dalamnya.

Asal mula Kampung Affandi adalah keberadaan tanah luas di Braga yang dimiliki oleh seorang haji bernama Affandi, dan munculah nama Kampung Affandi. Tidak hanya itu, Kampung Aleut juga pernah mengajak anggotanya untuk menelurusi China Town, tentunya dengan cerita sejarah yang jarang diketahui.

Belajar Menulis dan Kegiatan Menarik Lainnya

Kelas Literasi | Komunitas Aleut
Kelas Literasi | Komunitas Aleut

Tidak hanya diajak berjalan-jalan melihat bagaimana Kota Bandung dari sisi lain, Kawan akan diajak untuk belajar menulis dan juga mengembangkan minat literasi. Masih dilansir dari media menulis Komunitas Aleut, anggota komunitas dapat menulis mengenai apa saja yang mereka temukan selama ngaleut. 

Tulisan tersebut berkembang menjadi tulisan yang berbobot dengan menggunakan literatur sesuai dengan kajian penulisan, dan Arya Vidya Utama sebagai koordinator Komunitas Aleut menyatakan bahwa tulisan yang dibuat oleh anggota komunitas berubah menjadi buku.

Dilansir dari CNN Indonesia, Komunitas Aleut juga memiliki agenda yang beragam sesuai dengan tema seperti seminar, momotoran, amazing race, dan juga historace. Semua kegiatan tersebut dilakukan tanpa menghilangkan tujuan sebenarnya dibentuk komunitas ini, yaitu untuk mengenalkan sejarah Bandung kepada anggotanya.

Kegiatan Komunitas Aleut sendiri dilakukan selama satu minggu sekali, namun tidak jarang juga komunitas yang satu ini mengadakan acara khusus untuk umum, dan bahkan pernah menjadi tour guide untuk wisatawan mancanegara lho!

Bagaimana Kawan? Apakah Kawan semakin tertarik untuk menjadi bagian dari Komunitas Aleut? Bila berminat, Kawan dapat menghubungi bagian dari Komunitas Aleut dengan mengunjungi Instagram mereka yaitu @komunitasaleut. Selamat mengenal Bandung lebih dekat, Kawan!

Referensi: Komunitas Aleut | CNN Indonesia