Mengunjungi Istana dari Es di Festival Es dan Salju Harbin
Harbin International Ice & Snow Festival | Sumber: Easy Tour China

Masih ingat dengan istana es milik Elsa dari film Frozen yang sangat ikonik? Istana yang berdiri menjulang tinggi terbuat dari es yang berkilau seperti kristal, tangga yang juga terbuat dari pahatan es, dan nuansa istananya yang terasa dingin sekali. Bagaimana jadinya kalau kita dapat mendatangi istana es mirip milik Elsa di dunia nyata?

Terdapat sebuah festival es terbesar di dunia yang digelar di negeri tirai bambu, julukan bagi negara Cina. Harbin International Ice and Snow Festival merupakan salah satu dari empat festival es dan salju terbesar di dunia, bersama dengan Festival Salju Sapporo Jepang, Karnaval Musim Dingin Kota Quebec Kanada, dan Festival Ski Norwegia.

Melansir dari Easy Tour China, Festival Es dan Salju Harbin pertama kali digelar pada 5 Januari tahun 1985. Kali pertama diadakan berdasarkan Pesta Taman Lentera Es tradisional di Tiongkok Utara. Hingga kini, festival ini rutin diadakan setiap tahunnya.

Bagi Goodmates yang berencana pergi berlibur akhir tahun dan ingin merasakan pengalaman bermain di festival es dan salju terbesar di dunia, festival satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu hadiri.

Dibuka pada 5 Januari

Keindahan es dan salju harbin | Foto: Kompas

Pasalnya, Festival Es dan Salju Harbin yang ke-38 akan digelar sebentar lagi, yaitu tepatnya pada 5 Januari 2022. Tidak hanya dapat menikmati pemandangan es dan salju yang cantik dan megah, tapi terdapat banyak aktivitas lainnya yang dapat kamu coba.

Dilansir dari China Discovery, festival ke-38 ini telah diadakan sejak 25 Desember 2021 hingga akhir Februari 2022. Berdasarkan penjelasan oleh Easy Tour China, selama festival berlangsung, warga setempat merayakannya bersamaan dengan empat festival musim dingin tradisional Tiongkok yang penting di antaranya hari tahun baru, festival musim semi (tahun baru cina), festival lentera dan festival ski.

Berdasarkan penjelasan oleh China Highlights, terdapat tiga venue utama dengan pameran berbeda di Festival Es dan Salju Harbin. Pertama adalah Harbin Ice and Snow World yang menyuguhkan pahatan besar es, istana, monumen hingga replikasi arsitektur dan patung mistik yang diterangi oleh lampu LED dan dikendalikan dengan komputer untuk mengubah warnanya.

Selain itu, terdapat seluncuran es besar, panjat tebing es, hingga labirin dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi venue ini. Malam hari pada Harbin datang cukup awal, yaitu pada sekitar pukul 4 sore waktu setempat.

Maka, ini menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Harbin Ice and Snow World karena pada waktu itu, lampu-lampu di jalan juga mulai dinyalakan sehingga dapat memberikan pengalaman maksimal.

Kedua, Sun Island. Apabila Harbin Ice and Snow World lebih baik dikunjungi pada waktu menuju malam hari, kebalikannya Sun Island lebih direkomendasikan dikunjungi saat hari masih terang.

Sun Island akan menyuguhkan berbagai macam arsitektur eksotis yang mengagumkan. Terdapat banyak pahatan berukuran besar yang indah. Selain dapat menikmati karya patung dari es atau salju, kamu juga dapat menikmati kegiatan olahraga musim dingin seperti skating dan lainnya.

Lampion es dan salju harbin

Foto: Kompas.com

Venue utama lainnya adalah Zhaolin Park. Venue satu ini terletak di pusat kota tepatnya pada taman Zhaolin yang telah dibangun sejak tahun 1906. Zhaolin Park menawarkan Ice Lantern Garden Party yang telah digelar sejak tahun 1963.

Ketika malam hari tiba, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lampion es berbagai macam bentuk yang warna warni. Pengunjung juga dapat membuat patung sendiri dengan balok-balok es yang tidak diukir dalam taman.

Pembukaan festival selalu diadakan pada 5 Januari setiap tahunnya. Meski begitu, untuk menghindari datang ketika sedang terlalu ramai pengunjung, terdapat beberapa rekomendasi kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Festival Es dan Salju Harbin.

Mengutip dari beberapa sumber, kamu dapat memilih waktu saat masa perayaan natal. Meski pada waktu ini pahatan es belum semuanya lengkap terbentuk tetapi kamu mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana es dibentuk.

Awal Januari atau tengah menuju akhir Januari juga direkomendasikan karena kamu tentunya tidak ingin melewati acara pembukaan resmi festival yang digelar setiap 5 Januari. Selain itu, fasilitas dan pahatan es sudah lengkap semua dan pengunjung lebih sedikit berkurang dibanding saat masa liburan.

Terakhir, terdapat rekomendasi mengunjungi festival ini pada pertengahan bulan Februari menuju akhir setelah perayaan Tahun Baru Cina untuk menghindari tingginya pengunjung di peak season. Meski tidak terdapat upacara penutupan untuk festival ini, es akan mulai meleleh pada akhir bulan Februari hingga awal bulan Maret.

Referensi: Easy Tour China | China Discovery | China Highlights